komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Uniknya Perayaan Diwali di Berbagai Kota di India


Wisata tak melulu tentang berkunjung ke tempat dengan pemandangan yang indah. Berkunjung ke sebuah perayaan festival menjanjikan suasana yang tak kalah menariknya. Dan sebagai sebuah bangsa yang menyimpan banyak budaya, India pun menjadi tempat kunjungan wisata menarik. Dan salah satu festival yang ramai dikunjungi para traveler di India adalah Perayaan Diwali.


Lampu hias dalam perayaan Diwali di India (kredit: Naviwall)

Secara bahasa, Diwali mempunyai arti sebagai Festival Cahaya. Festival ini dikenal sebagai salah satu upacara perayaan yang penting bagi para pemeluk agama Hindu. Dan di negara India, perayaan Diwali merupakan salah satu hari libur resmi. Perayaan dilakukan sebagai bentuk kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan dan harapan atas keputus asaan.

Perayaan ini pun tak hanya dilakukan di negara India. Namun juga dirayakan oleh warga keturunan India yang bermukim di negara lain. Bahkan perayaan Diwali di beberapa negara lain juga termasuk hari libur, di antaranya di Malaysia, Pakistan, Myanmar, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Suriname dan lain-lain. Namun sepertinya, Diwali tidak dirayakan di Indonesia ya.

Diwali merupakan festival terbesar yang dirayakan oleh umat Hindu di India. Tak hanya itu, festival ini ternyata juga dirayakan oleh para pemeluk agama lain di India. Termasuk di antaranya adalah orang-orang beragama Sikh. Dan ada banyak mitos serta kisah yang berkaitan dengan perayaan Diwali ini.


Rumah yang penuh hiasan saat Diwali (kredit: Panoramio)

Bagi yang suka dengan film-film berbau India kemungkinan bakal paham dan mengerti betul kisah-kisah yang berkaitan dengan perayaan Diwali ini. Terlebih kisah-kisah tersebut memperlihatkan tentang keberadaan tokoh seperti Rama, Krishna ataupun Pandawa Lima yang keberadaannya cukup populer di Indonesia karena kerap muncul dalam film-film India.

Pertama adalah terkait dengan kisah Ramayana, di mana Rama berhasil mengalahkan Rahwana dan menyelamatkan Sita. Rakyat Ayodhya pun kemudian merayakan kemenangan tersebut dengan menyalakan lampu di kota Ayodhya.

Perayaan Diwali ini juga dipercaya merupakan momen perkimpoian antara Dewi Laksmi dengan Dewa Wisnu. Tak hanya itu, Diwali juga dikenal sebagai hari kelahiran dari Dewi Laksmi. Di hari yang sama, Krishna berhasil menyelamatkan 16 ribu wanita dari cengkraman Raja Setan Narakaasura.

Ada pula cerita terkait Mahabarata yang dipercaya terjadi pada hari perayaan Diwali. Selain itu, masyarakat Hindu di India juga mempercayai kalau pada perayaan Diwali, Dewa Ganesha yang dikenal sebagai dewa penuh kebijaksanaan turun ke bumi dan mendatangi ke rumah-rumah.

Perayaan Diwali di India berlangsung selama lima hari, biasanya terjadi pada bulan Oktober atau November. Dan pada perayaan lima hari tersebut, masyarakat India pun mempunyai kebiasaan tersendiri. Tidak heran kalau lima hari perayaan Diwali di India bakal terasa sangat meriah.

Hari pertama perayaan Diwali disebut dengan nama Dhanteras. Pada perayaan pertama ini, masyarakat India pun bakal melakukan renovasi sekaligus mempercantik rumahnya. Pintu rumah pun dihiasi dengan motif tradisional Rangoli yang bertujuan sebagai bentuk sambutan selamat datang untuk Dewi Laksmi.

Hari kedua disebut dengan nama Narak Chaturdasi yang merupakan peringatan kemenangan Dewa Krisna dalam pertempuran melawan Raja Setan Narakasura. Pada hari kedua ini, masyarakat India mempunyai kebiasaan untuk melumasi tubuhnya dengan minyak yang bertujuan untuk menghilangkan rasa letih dan capek.

Hari ketiga pada perayaan Diwali di India adalah prosesi Puja Lakshmi. Puja Lakshmi ini dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga dan didampingi oleh Pandit agar bisa memperoleh berkah dari Lakshmi yang merupakan Dewi Kemakmuran.

Hari berikutnya adalah Padwa dan Puja Govardhan. Gudi Padwa merupakan simbol dari rasa cinta dan kesetiaan. Dan pada hari ini, mereka yang merupakan pasangan suami istri yang baru menikah pun akan diundang makan-makan dan diberi hadiah.

Sementara itu Puja Govardhan merupakan acara yang dilangsungkan untuk memperingati kejadian diangkatnya Gunung Govardhan oleh Krishna. Kalo yang suka nonton film kartun Krishna, mungkin akan ingat dengan cerita yang satu ini. Di mana Krishna menyelamatkan penduduk Govardhan dari amukan Dewa Indra dengan cara mengangkat Gunung Govardhan.

Dan hari terakhir dalam sesi perayaan Diwali adalah Bhai Duj. Inti dari perayaan Bhai Duj ini adalah memperkuat hubungan persaudaraan antara kakak dengan adik. Mereka yang punya hubungan kakak adik dalam festival ini pun akan memberikan hadiah satu sama lain.

Nah di India, ada beberapa tempat yang bisa menjadi lokasi sangat menarik untuk bisa menyaksikan suasana yang sangat unik saat perayaan Diwali. Penasaran bukan?

Jaipur

Pink City of India ini menjadi lokasi yang menarik untuk bisa menyaksikan perayaan Diwali di India. Di sini, traveler bisa melihat kemegahan bangunan-bangunan istana yang dipercantik dengan lampu-lampu dekorasi. Dan secara khusus, seluruh area pasar di Jaipur didekorasi dengan lampu.


Diwali di kota Jaipur (sumber gambar: rajasthantourismbuzz)

Berkunjung ke lokasi pasar pun bakal menjadi tempat yang paling menarik saat perayaan Diwali di Jaipur. Terlebih di waktu yang bersamaan, traveler dapat menengok keberadaan lampu tanah liat yang mempunyai berbagai jenis bentuk. Tempat ini pun juga akan dipenuhi dengan keberadaan hasil kerajinan tangan serta pakaian tradisional India.

Suasana pasar yang ada di kota Jaipur saat perayaan Diwali pun bakal sangat jauh berbeda dengan hari-hari biasa. Nampak terlihat dengan jelas bagaimana sambutan kegembiraan yang diperlihatkan oleh masyarakat kota Jaipur saat menghadapi perayaan Diwali.

Varanasi

Memperoleh sebutan sebagai kota suci di India, Vanarasi atau Banaras jadi destinasi yang menarik untuk menyaksikan perayaan Diwali di India. Terlebih kota yang satu ini mempunyai banyak kuil, mencapai 23 ribu kuil. Dan tempat terbaik untuk bisa menyaksikan perayaan Diwali di Vanarasi tentu tak lain adalah di bantaran Sungai Gangga.


Diwali di Vanarasi (sumber gambar: paintedstork)

Dalam perayaan Diwali di Vanarasi ini, Ravidas ghat dan Rajghat menjadi lokasi yang paling ramai. Terlebih masyarakat India percaya kalau pada saat perayaan Diwali, para dewa-dewa turun secara khusus ke Bumi untuk mandi di Sungai Gangga. Tak heran kalau banyak masyarakat India yang terjun ke sungai saat perayaan ini.

Kolkata

Ada hal yang berbeda dengan perayaan Diwali di Kolkata jika dibandingkan dengan Diwali di wilayah lainnya. Hal ini karena selain mereka merayakan Diwali, masyarakat Kolkata juga melangsungkan festival lainnya, yakni Puja Kali.


Persiapan perayaan Kali Puja di Kolkata (sumber gambar: NDTV)

Perayaan Puja Kali ini ditujukan sebagai penghormatan kepada Dewi Kali. Dan seperti halnya perayaan Diwali lainnya, traveler pun bisa menyaksikan keramaian warga kota dengan kembang api ataupun dekorasi lampunya.

Namun ada hal yang berbeda dengan festival Diwali di Kolkata. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya persembahan yang dilakukan oleh warga Kolkata kepada Dewi Kali. Dan persembahan tersebut pun tak jarang berupa daging atau bahkan anak sapi.

Amritsar

Ada pepatah yang mengungkapkan, bahwa tak ada masakan rumahan dan perayaan Diwali seperti di kota Amritsar. Terlebih perayaan Diwali di Amritsar ini bertepatan dengan festival para pemeluk Sikh Bandi Chhor Divas. Dan tempat terbaik untuk bisa menyaksikan keramaiannya adalah di Golden Temple.


Diwali di Amritsar (sumber gambar: vedicodyssey)

Perayaan Diwali oleh orang-orang Sikh ini dilakukan terkait dengan insiden pemenjaraan Guru Hargobind Sahib pada tahun 1619. Guru Hargobind Sahib yang dikenal sebagai Guru keenam Sikh dianggap mengajarkan ajaran sesat. Dan peristiwa pembebasan Guru Hargobind Sahib inilah yang dikenal dengan nama festival Bandi Chhor Divas.

Goa

Ada hal yang menarik untuk disaksikan saat perayaan Diwali di kota Goa, India. Perayaan Diwali di Goa tak hanya dilakukan dengan hal yang meriah. Di sini juga dibarengi dengan acara pembakaran setan atau monster. Namun tentu saja monster atau setan yang dibakar bukanlah setan beneran.


Perayaan Diwali di Goa (kredit: nostalgichobo)

Masyarakat kota Goa di India pun akan membuat patung-patung monster berbahan kertas. Selanjutnya, monster-monster tersebut akan dibakar pada saat perhelatan festival Diwali. Hal ini dilakukan untuk memperingati apa yang lakukan oleh Krishna saat mengalahkan Narakasura.

Pembakaran monster tersebut pun dianggap sebagai salah satu bentuk rasa terima kasih masyarakat Hindu di kota Goa kepada Krishna. Dan hampir semua masyarakat kota Goa pun melakukan upacara pembakaran monster ini. Jadi bisa dibayangkan, seberapa banyak monster yang 'dibunuh' saat perayaan Diwali di Goa ini kan? emoticon-Big Grin

Kerala

Kerala merupakan salah satu tempat yang dikenal sebagai destinasi wisata paling populer di India. Tempat ini terkenal karena keindahan alamnya yang sangat menarik. Namun tempat ini juga bisa dijadikan sebagai opsi anti mainstream lho pada saat perhelatan perayaan Diwali di India.


Kerala (sumber gambar: putneytravel.)


Tak seperti di tempat lainnya di India, Kerala merupakan tempat dengan budaya perayaan Diwali yang sangat rendah. Jadi jangan harap akan ada keramaian lampu-lampu hias ataupun suara petasan di Kerala. Sebagai gantinya, traveler bisa memperoleh suasana yang tenang dan jauh dari riuh keramaian khas Diwali.

SUMBER
0
26.6K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan