bearbrickAvatar border
TS
bearbrick
Sejarah dan jenis celengan



Menabung adalah hal yang sangat menguntungkan, dengan menabung kita bisa belajar hemat dan belajar mengendalikan dirinya dalam hal keuangan. Karena menabung kita terjauhkan dari sifat boros dan juga dengan menabung kita jadi punya uang simpanan buat keadaan yang kita gak duga2, misal sakit atau ada keperluan sekolah, kuliah atau kebutuhan rumah yang mendesak, uang tabungan lah solusinya, bukan pinjam sana sini bikin utang.

Kebiasaan menabung ada baiknya ditanamkan sejak dini. Kayak ane, dulu waktu kecil dibiasain sama ibu ane untuk nabung di celengan. Dan kebiasaan itu kebawa sampe sekarang ane dewasa.

Ngomong2 celengan, kalian pasti pernah donk ngerasain yang namanya nabung di celengan? Walau kadang banyak yg gak bertahan lama tabungannya di celengan. Penuh dikit dijebol buat beli mainan atau beli jajan. emoticon-Ngakak (S)


°°°°


Sejarah





Kata Celengan sebenarnya berasal dari Nama binatang Celeng (b*bI), karena bentuk Celengan memang banyak yang berbentuk Celeng.

Pada sekitar abad ke-18, di inggris terjadi kesalahan penafsiran
untuk menyebut celengan. Ketika itu, celengan disebut dengan nama
“pygg” yang dalam bahasa inggris tua berarti benda yang terbuat dari
tanah liat. Namun, karena pelafalan “pygg” sama dengan “pig” maka
masyarakat inggris lebih suka menyebutnya “piggy bank” . Bentuknyapun
lalu dibuat mirip dengan babi.

Di Indonesia, celengan juga sudah dikenal sejak zaman kerajaan
Majapahit atau sekitar abad ke-15. Buktinya adalah penemuan celengan
berbentuk babi terbuat dari tanah liat di Trowulan, Jawa Timur yaitu
ditempat situs kerajaan Majapahit. Nama celengan itu sendiri diambil
dari kata “celeng” yang dalam bahasa jawa berarti “babi hutan”.


°°°°


Btw, ane pengen bahas dikit tentang macam2 celengan yang dulu sering ane liat, bahkan ane pake. Diantaranya adalah :


1. Celengan Ayam





Namanya juga celengan ayam, ya udah pasti bentuknya ayam. emoticon-Ngakak (S)Celengan ini lumayan banyak yang pake nih. Selain harganya yang cukup murah, bentuknya juga cukup lucu menyerupai ayam aslinya.

2. Celengan B4b!





Yang ini udah gak asing buat kita, karena celengan itu sesuai dengan sejarahnya memang identik dengan binatang ini.



3. Celengan tanah liat





Ini celengan favorit ane gan, karena dia terbuat dari tanah liat dan sulit buat dijebol, bisa sih dijebol tapi harus diancurin dulu celengan nya, kan sayang hehehe.

4. Celengan Rumah





Celengan ini udah termasuk modern. Bentuknya mirip rumah. Ini biasanya anak perempuan yg suka banyak pake. emoticon-Embarrassment

5. Celengan tabung





Ini juga termasuk modern nih. Bentuknya sederhana banget, tabung thok. Tapi dikasih motif sedemikian rupa buat menarik minat orang2.

6. Celengan ATM





Sama kayak dua celengan diatas. Ini celengan udah cukup modern. Bentuknya persis mesin ATM, tapi mini ha-ha-ha. Ini bisa jadi daya tarik buat anak2 supaya mau nabung lewat celengan.


°°°°




Ane sangat ngerasa terbantu banget dengan kebiasaan ane menabung ini. Yang tadinya cuma nabung di celengan pake recehan, makin dewasa dan ngerti uang, ane mulai bikin rekening tabungan. Sampe sekarang ane masih tetep nabung dan akan terus nabung. Apalagi tabungan ane ini adalah tabungan asuransi, di bank C*MB Niaga. Dimana kalo ane nabung di sana, ane juga dapat asuransi 1juta perhari buat rawat inap. Ya itung2 buat jaga2 aja sih, kan kita gak tau kapan penyakit bisa nyerang tubuh kita. Dengan nabung disini, ane gak perlu bingung lagi buat misah2in uang tabungan pribadi sama uang buat perlindungan asuransi. Semua ada di tabungan ane. Ane nabung, ane dapat asuransi juga. Kalo butuh uang tunainya pun ane tetep bisa ambil kapanpun di manapun diberbagai jaringan ATM. Nice. emoticon-thumbsup


°°°°


Begitulah kurang lebih yang pengen ane sampein gan. Sekalian share pengalaman pribadi juga hehehe. Kalo ada yg mau share pengalamannya tentang celengan dimasa kecil silakan loh gan. Atau ada yg mau nambahin tentang sejarah celengan nya? Silakan banget. Soalnya pengetahuan ane tentang sejarah celengan ini juga cukup terbatas. emoticon-Big Grin

Akhir kata ane ucapkan terima kasih buat Agan dan sista yg udah mampir, komen ataupun sekedar SR. Thanks a lot. emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh bearbrick 29-07-2016 07:06
0
24.9K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan