Tanggungjawab adalah skill, dia tidak datang ketika Anda lahir, tidak bisa didapatkan di sekolah maupun lembaga formal. Dengan tanggungjawab Anda belajar berkomitmen terhadap sesuatu hal. Ini adalah perpaduan perkataan, sikap dan perbuatan. Anda membentuk tanggungjawab Anda sendiri. Sebagai contoh, Anda bisa memilih bangun lebih awal atau bangun kesiangan, Anda berhak memilih menabung atau membelanjakan uang Anda.
Lalu bagaimana menjadikan diri Anda sebagai orang yang bertanggungjawab, dikutip dari lifehack.org yuk simak tips berikut...
1. Berhenti memberikan alasan untuk diri Anda sendiri
Spoiler for cek:
Jika Anda melakukan kesalahan, akui saja, jangan malah menyalahkan orang lain. Menyalahkan orang lain untuk kesalahan Anda membuktikan bahwa Anda memang gagal untuk melakukan suatu hal/pekerjaan. Dengan alasan Anda memberikan kesempatan pada diri Anda untuk menjadi orang yang tidak bertanggungjawab. Dibutuhkan pikiran yang jernih untuk memilah mana yang harus Anda lakukan atau tidak.
2. Berhenti mengeluh
Spoiler for cek:
Orang yang suka mengeluh merupakan cerminan orang yang banyak bicara tanpa ada tindakan nyata. Sebagai gantinya, cobalah untuk berhenti mengeluh dan mulai bertanggungjawab terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda cobalah untuk tidak mengeluh, coba cari solusi, misalnya diskusi atau sharing dengan rekan kerja yang lebih mengetahui mengenai pekerjaan tersebut.
3. Belajar kelola keuangan
Spoiler for cek:
Biasanya orang menghabiskan penghasilannya sebelum akhir bulan. Bahkan terkadang mereka sengaja mengabaikan tagihan yang datang kepada mereka. Ini adalah contoh tindakan yang tidak bertanggungjawab. Jika Anda ingin lebih serius dan hidup seperti orang normal pada umumnya, mulailah kelola keuangan Anda dengan bijak. Prioritaskan tagihan/cicilan lebih dahulu ketimbang kepentingan yang lain pada saat Anda gajian. Rencanakan pengeluaran Anda dengan seksama dan jangan lupa sisihkan uang Anda untuk menabung atau berinvestasi. Ini lebih baik dibandingkan dengan membelanjakan penghasilan Anda untuk barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan hanya untuk memuaskan keinginan saja.
4. Hindari kebiasaan menunda
Spoiler for cek:
Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan dalam beberapa hari. Tetapi apa yang Anda lakukan? Bersantai, browsing, update sosial media atau kongkow bersama sahabat. Ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Ketika datang tugas kepada Anda, maka selesaikanlah pekerjaan sesuai waktunya! Anda harus fokus terhadap pekerjaan Anda. Sesekali refreshing membaca buku atau berolahraga bisa dilakukan agar tidak bosan dan Anda tetap bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
5. Konsisten dan patuhi jadwal Anda
Spoiler for cek:
Memiliki kebiasaan itu bagus. Rutinitas artinya kewajiban yang harus Anda lakukan setiap harinya dan ini menandakan Anda sudah berada di jalur yang tepat. Jika Anda bekerja, usahakan bangun lebih awal di jam yang sama, bahkan ketika akhir pekan. Ini yang namanya konsistensi. Anda harus memiliki jadwal mana yang menjadi waktu bagi pekerjaan dan peran sebagai suami/ayah bagi keluarga di rumah.
Menjadi seseorang yang bertanggungjawab artinya Anda bisa mengatur semua kegiatan yang Anda lakukan. Tidak menyalahkan kesalahan kepada orang lain dan juga hindari rasa malas pada saat bekerja. Selesaikanlah apa yang menjadi tugas dan fungsi Anda sebagai manusia di dunia.