Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adamezAvatar border
TS
adamez
DAUN YAKON - Obat Diabetes dan Cara Mengolahnya
Kepopuleran tanaman Yakon atau dikenal juga sebagai daun insulin atau daun diabetes untuk mengobati penyakit diabetes sedang marak. Tanaman yang aslinya berasal dari pegunungan Andes, Peru Amerika Selatan ini bernama latin Smallanthus sonchifolia.

Tanaman yakon daun insulin
DAUN YAKON - Obat Diabetes dan Cara Mengolahnya

Tanaman Yakon masih tetap keluarga dengan bunga matahari, karenanya pada akhir saat tanam bunganya akan berwarna kuning serupa dengan bunga matahari. Ciri tanaman Yakon serupa daun seledri. Tanaman Yakon dapat tumbuh sampai tiga mtr.. Tanaman Yakon dimaksud sebagai daun insulin karena tanaman ini kaya dengan insulin yang diperlukan untuk pasien diabetes.

Kandungan fruktosa yakon terdiri atas 35 % fruktosa bebas serta 25 % fruktosa terikat. Kandungan fruktosa itu yang menghindar pasien diabetes dari hiperglikemia atau kandungan gula darah tinggi.

Umbinya memiliki kandungan fructooligosaccharide, satu polisakarida diolah terbagi dalam fruktosa. Kandungan ini mempunyai rasa manis serta mempunyai dampak prebiotik. Ciri umbi yakon berwarna cokelat berupa mirip singkong. Daging umbi putih kekuningan serta manis.

Manfaat Yakon untuk pasien diabetes telah diuji melalui riset. Satu diantara riset yang pernah dikerjakan yaitu riset yang dikerjakan oleh Manuel J. Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina yang mempelajari Efek hipoglikemik-penurun gula darah-yakon.

Manfaat daun Yakon sesungguhnya tidak hanya untuk menyembuhkan diabetes namun juga masih tetap mempunyai manfaat yang lain seperti penguat hati serta obat masalah hati, antimikrobial untuk ginjal serta infeksi kandung kemih dan mempunyai manfaat antioksidan (terlebih pada hati).

Cara Mengolah Daun Yakon Untuk Mengobati Diabetes.

Daun Yakon dapat diolah dengan berbagai macam cara. Mulai dari aneka makanan dan minuman seperti teh, sirup, jus, puding, dan selai.

Selain itu daun yakon dapat dikonsumsi seperti meminum jamu dengan cara dikeringkan dahulu atau daun segar direbus kemudian airnya diminum 2 sampai 3 kali sehari satu cangkir.

Cara lainnya yaitu mengolah seperti yang dilakukan dalam penelitian yang disebutkan diatas yaitu sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring. Lima daun arboloco–sebutan yakon di Kolombia–dijemur terbalik. Setelah kering, digerus hingga menghasilkan 15 gram. Serbuk daun tanaman itu dilarutkan dalam 600 ml air mendidih. Air berwarna hijau pekat itu diminum 3 kali sehari: pagi, siang, dan malam.

Selain daunnya, kita juga bisa memanfaatkan umbinya, baik dengan cara dimasak atau dimakan langsung. Umbi Yakon juga bisa dibuat jus dengan cara mencampurnya dengan beberapa buah jeruk nipis atau jeruk lemon. Umbi Yakon selanjutnya diblender hingga halus dan ditambahkan jeruk nipis atau lemon yang sudah disiapkan ke dalam larutan halus umbi. Biarkan umbi dan lemon tercampur dengan merata hingga menjadi jus. Jus umbi yakon ini selanjutnya diminum 2 kali sehari.

Sumurnye gan emoticon-Toast
Diubah oleh adamez 27-07-2016 04:30
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
7.7K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan