bhekaAvatar border
TS
MOD
bheka
Menikmati Senja di Pelabuhan Victoria, Australia.


Pelabuhan Victoria di Melbourne Australia merupakan salah satu pelabuhan terunik di dunia. Seperti halnya Negara- Negara maju lainnya, Negara bagian Victoria juga memiliki asset yang luar biasa dalam hal alat transportasi dan pariwisata. Salah satu yang ramai diperbincangkan akhir- akhir ini oleh masyarakat Indonesia adalah Pelabuhan Esplanade. Yakni, merupakan sebuah pelabuhan tepi pantai dengan pemandangan tatanan kota yang menakjubkan. Jika pada umumnya, sebuah pelabuhan hanya dikelilingi oleh lautan lepas sejauh mata memandang, namun tidak untuk Pelabuhan Esplanade di Melbourne Australia. Berikut ini 5 fakta mencengangkan seputar Pelabuhan Esplanade di Melbourne Australia.


Pelabuhan yang terletak di pusat kota Docklands ini menyimpan sejuta keindahan yang tidak diketahui banyak orang. Jika Anda pergi kota Melbourne, sempatkanlah untuk menyambangi pelabuhan di kota Docklands ini. Sejauh mata memandang, yang akan Anda lihat bukanlah lautan, namun justru kesibukan kota ditandai dengan adanya gedung- gedung pencakar langit di tepi- tepi pelabuhan serta air lautan yang senantiasa selalu tenang.


Tak heran jika pelabuhan bertaraf internasional ini memiliki akses terdekat dengan pusat kota, bahkan acap kali para wisatawan menghabiskan momen- momen liburan mereka dengan menginap di hotel dekat pelabuhan hanya untuk menyaksikan keindahan gemerlap lampu kota di siang hari dipadu-padankan dengan keindahan lautan dan kapal- kapal besar yang datang pergi silih berganti.
Keindahannya Ternyata Masih Terus Dikembangkan.

Jika melihat dari statusnya, pelabuhan Esplanade Melbourne Australia itu ternyata masih dalam tahap pengembangan. Masyarakat dan para petinggi Negara memprakarasai berdirinya pelabuhan lepas pantai tersebut pada awal 2011 yang telah masuk dalam anggaran perencanaan hingga selama 10 tahun mendatang. Izin telah dikantongi sejak 2 Juni 2015 dari lembaga perizinan terkait. Tahap- tahapan paling awal yakni memulai renovasi atau pembangunan dermaga di kedua sisi Pier Tengah dan pengembangan ruang terbuka hijau antar rel trem dan dermaga. Rencananya, selama 10 tahun ke depan, pembangunan Pelabuhan Esplanade tersebut akan masih terus berlangsung sesuai dengan izin perencanaan lebih lanjut dan dana kota yang ada, sehingga bisa dipastikan jika keindahan yang kita nikmati sekarang ini masih terus dikembangkan untuk bisa lebih memukau lagi.


Bagi Anda yang hendak ke pelabuhan Esplanade Melbourne, Anda juga akan menjumpai area hijau yang ditujukan khusus pejalan kaki. Proyek pedestrian ini telah selesai pada akhir tahun 2011 lalu yang juga diikuti dengan pembangunan Tram Track. Bagi Anda yang gemar cycling atau bersepeda sambil menikmati keindahan laut dan pelabuhan Esplanade, kawasan pelabuhan ini juga telah menyediakan area hijau yang dikhususkan bagi mereka para biker. Sepanjang jalan Anda akan melihat pohon- pohon pinus yang didesain untuk keindahan kawasan sekitar pelabuhan.

Kontruksi Fit-Out juga menjadi hal menarik yang layak untuk diperbincangkan. Setelah merubuhkan 4 dermaga lama yang usianya telah mencapai 100 tahunan, kini Pelabuhan Esplane mulai menggantinya dengan bangunan- bangunan baru yang lebih modern dan canggih, dilengkapi dengan kontruksi fit out yang notabene lebih canggih dan memiliki kontruksi bangunaan lebih kuat dan lama. Glasshouse atau rumah kaca juga menjadi salah satu fitur menarik dari pelabuhan Esplanade, Melbourne ini. Dikelilingi tanaman dan pohon- pohon rindang, café, restaurant serta wahana outdoor yang menjadikan tempat ini tak hanya sekedar pelabuhan biasa.


Hal terakhir yang tak luput dari Pelabuhan Esplanade adalah Zona Ekslusif. Zone tersebut terdiri dari 5 kategori utama yakni Zona Urban Plaza, Zona Transportasi Air, Zona Rekreasi, Herritage Vessel Zone dan juga Zona khusus Pejalan Kaki dan Biker. Kelima Zona tersebut diharapkan dapat difungsikan sebagaimana mestinya sehingga Harbour Esplanade benar- benar tak hanya menjadi pelabuhan Internasional namun juga sebagai kawasan hijau, sarana rekreasi, edukasi dan juga transportasi modern.



Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com(Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
tata604
tata604 memberi reputasi
1
20.5K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan