zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Ini Tempat yang Cocok untuk Agan Berlibur Berdasarkan Kepribadian
“Don't let your luggage define your travels, each life unravels differently.” ― Shane Koyczan

Jangan biarkan teman-temanmu mendefinisikan arti kepuasan berwisata untukmu. Kenali dirimu dan seperti apa ciri-cirimu sebagai traveler.

Buatmu yang pekerja kantoran, liburan itu artinya santai, bermalas-malasan, dan menghindari aktivitas berat. Sebaliknya, sebagian temanmu mengasosiasikan liburan dengan petualangan, mengeksplorasi tempat dan kegiatan baru, hingga kelelahan saat pulang. Perbedaan seperti ini membuatmu sulit mencari partner liburan yang bisa saling memahami. Jika demikian ceritanya, kamu harus mengetahui seperti apa dirimu saat traveling dan juga ciri-cirinya.


Yang Penting Santai


Photo Credit: Your Singapore

Kamu tidak bermasalah dengan mengeluarkan anggaran berlebih hanya untuk ‘pindah tidur’. Yang kamu cari saat berlibur adalah penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Bahkan, jika memungkinkan, kamu lebih senang makan di hotel daripada harus berjalan-jalan untuk berwisata kuliner. Kamu pun merasa harus pergi dengan pesawat atau kereta kelas premium yang membuatmu nyaman saat di jalan. Meskipun bukan prioritas, biasanya hobimu adalah shopping dan kamu bahagia jika bisa melakukannya saat berlibur. Oleh-oleh yang kamu cari adalah barang-barang lucu dari pusat perbelanjaan di dekat penginapan.

Tempat yang cocok untukmu: Singapura; Ho Chi Minh, Vietnam; Paris, Perancis


Yang Penting Pengalaman Kebudayaan


Photo Credit: Adventure Travel News

Motivasi utama untukmu pergi berlibur adalah budaya atau tradisi yang unik. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain yang menurutmu seru. Kamu tertarik untuk mempelajari hal-hal baru dan kamu tidak takut untuk berinteraksi dengan orang lokal. Jika memungkinkan, kamu ingin tinggal dalam waktu yang cukup lama agar kamu bisa membawa pulang cerita yang tidak pernah didengar orang sebelumnya. Meski demikian, kamu berusaha untuk packing seefisien mungkin agar tidak terlihat rempong.

Jika kamu menyenangi liburan yang seperti ini, kamu bisa menyesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Masih ada peluang bahwa kamu tidak akan menghabiskan banyak uang karena kamu bisa menginap di pemukiman penduduk. Makanan pun bisa mencicipi masakan kha, dan kamu pun bisa meminta penduduk setempat untuk menjadi tour guidemu. Namun, semakin eksotis suku yang ingin kamu kenal, tentu saja kamu membutuhkan usaha lebih untuk mencapai perkampungan mereka. Ingat juga untuk menyisihkan uang jika kamu berencana membeli cinderamata buatan tangan yang mereka hasilkan.

Tempat yang cocok untukmu: Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur; Baduy, Banten; Nepal


Yang Penting Pengetahuan Kebudayaan


Photo Credit: Kompasiana

Sedikit berbeda dengan tipe sebelumnya, kamu belum kuat mental untuk tinggal dan mengalami langsung situasi kebudayaan yang unik. Namun, kamu tetap ingin belajar dan menambah wawasan tentang ragam kebudayaan. Festival merupakan jawaban untukmu. Beragam festival seni dan budaya di Indonesia ataupun di luar negeri bisa kamu manfaatkan untuk memperbanyak ilmu. Tak harus menjadi mahasiswa sastra atau seniman untuk dapat menikmati festival ini. Kamu hanya perlu memilih sesi yang paling kamu minati. Manfaat lainnya, kamu menjadi lebih bangga akan identitasmu sebagai orang Indonesia. Untuk menghadiri festival seperti ini, sudah banyak agen tour dan perjalanan yang menyediakan paket mulai dari yang ekonomis hingga kelas satu.

Festival yang cocok untukmu: Ubud Writers and Readers Festival, Bali; Dieng Culture Festival, Jawa Tengah; Jember Fashion Carnaval, Jawa Timur; Sikka Art Fair, Dubai


Yang Penting Memacu Adrenalin



Liburan akan berkesan untukmu jika kamu bisa membawa pulang lecet atau memar di badan. Walaupun sebenarnya hal ini bisa dihindari, tetapi kamu kurang tertarik dengan tempat wisata yang biasa saja. Kamu menyenangi aktivitas ekstrem seperti rafting, mendaki gunung, bersepeda lintas alam, bungee jumping, dan sebagainya. Untuk dapat melakukan kegiatan tersebut dalam kondisi prima, kamu pun rela berlatih fisik sebelumnya. Kriteria memuaskan untukmu adalah ketika kamu bisa menaklukkan tantangan dan menghabiskan uang sesedikit mungkin. Namun begitu, kamu tetap harus menabung untuk menyewa atau membeli perlengkapan liburan. Misalnya, tentu kamu membutuhkan kamera yang tahan banting seperti GoPro. Dengan demikian, sebaiknya pertimbangkan anggaranmu dengan seksama jika kamu hanya melakukan liburan jenis ini sesekali saja.

Tempat yang cocok untukmu: Queenstown, Selandia Baru; Ranu Kumbolo, Jawa Timur; Green Canyon, Jawa Barat


Yang Penting Makanannya


Photo Credit: Vietnamdhtravel

Sebagai seseorang yang senang blogging atau post di Instagram tentang makanan, kamu jelas mencari kuliner khas di sebuah tempat. Aktivitas favoritmu adalah makan, ngopi, ikut kelas memasak, atau bersepeda di pematang sawah sehingga kamu bisa berbincang dengan para petani. Ketika kamu membuat itinerary, yang menjadi fokusmu adalah tempat makan atau tempat nongkrong yang banyak direkomendasikan orang. Kamu juga senang blusukan untuk mencari jajanan yang masih jarang dikenal orang. Untuk penginapan, kamu tidak begitu mempermasalahkannya selama berada dekat pusat kuliner. Jika kamu tipe satu ini, mempersiapkan obat-obatan tidak ada salahnya, apalagi jika kamu cukup sensitif terhadap bumbu atau bahan masakan tertentu. Imbangi kegiatan liburan dengan berolahraga atau banyak berjalan kaki agar perutmu tidak begah.

Tempat yang cocok untukmu: Ubud Food Festival, Bali; Bangkok, Thailand; Italia


Secara umum, kamu pastilah salah satu di antara kelima tipe traveler di atas. Akan tetapi, bisa jadi kamu adalah gabungan dari semuanya atau menyesuaikan dengan mood liburan. Kalau kamu mengalami kesulitan dalam mencari partner liburan, cobalah melakukan solo traveling. Dengan melakukan solo traveling kamu bisa merancang sendiri perjalananmu dan kamu pun akan puas dengan hasilnya. Selamat berlibur!

Sumber Thread :
Berikut Tempat yang Cocok untukmu Berlibur Berdasarkan Kepribadianmu

Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Tips Aman Bermain Pokemon GO yang Harus Agan Tahu

5 Kenangan pada Hari Pertama Sekolah. Apakah Agan juga Mengalaminya?


Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi
[/CENTER]
0
35.3K
240
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan