elvinetinekeAvatar border
TS
elvinetineke
Apakah Kamu Salah Satu dari 5 Tipe Kolektor Ini?
emoticon-WowHot Tread Gan!! emoticon-Wow
Spoiler for Hot Threat:



Sadar atau tidak sadar, kamu pasti banyak menemukan orang-orang yang mempunyai hobi mengoleksi sesuatu, baik itu action figure, buku komik, mata uang asing, sepatu limited edition, hingga tutup botol minuman. Hobi mengoleksi ini berbeda-beda bagi setiap orang. Selain berbeda dalam hal jenis barang yang dikoleksi, alasan mengoleksi pun juga berbeda-beda. Ada yang suka memajangnya di atas lemari, ada juga yang suka memperjualbelikannya sebagai bentuk investasi. Berikut adalah 5 tipe kolektor yang bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari.


1. Tipe Investor

Image by: janeb13


Jika kamu tipe Investor, maka kurang lebih tujuan kamu mengoleksi hanya satu, yaitu uang. Kamu memiliki sedikit hingga tidak ada rasa keterikatan dengan barang koleksimu karena semuanya ditujukan untuk bisnis. Barang-barang ini dijadikan bibit investasi dimana ketika ada momen yang tepat, kamu tidak sungkan-sungkan untuk membeli, menjual, atau menukarkannya. Kamu rela menunggu agar nilai jual barang naik, yang penting adalah seberapa banyak keuntungan yang bisa kamu raup.


2. Tipe Obsesif

Image by: Steven Depolo


Sesuai dengan namanya, kamu tidak akan berhenti jika belum mendapatkan setiap edisi atau keluaran dari barang koleksimu. Kamu juga mungkin memiliki sebuah daftar yang berisikan nama-nama edisi yang sudah dan belum kamu miliki. Barang-barang ini juga terawat dengan sangat baik. Akan membutuhkan hal-hal istimewa untuk bisa memisahkan kamu dengan barang koleksi kesayanganmu itu.


3. Tipe Seller

Image by: 401(K) 2012


Kamu sebenarnya lebih cocok disebut pedagang dibanding kolektor. Dengan uang sebagai motivasi satu-satunya, Seller akan mencari barang-barang yang sedang jadi tren, membeli sebanyak-banyaknya, dan segera dijual ke para peminatnya dengan harga yang lebih tinggi. Barang incarannya juga selalu bervariasi dan berubah-ubah, sesuai dengan apa yang sedang hot saat itu.


4. Tipe Displayer

Image by: Michael D Beckwith


Layaknya museum mini, kamu menilai koleksimu sebagai barang-barang antik dan premium. Selain usaha merawatnya yang besar, kamu juga menyediakan tempat-tempat khusus untuk memajang koleksi berhargamu. Kamu senang menunjukkannya ke orang lain, tetapi karena saking berharganya, mereka hanya boleh melihat dan dilarang keras untuk menyentuh koleksimu.


5. Tipe Moody

Image by: Pexels


Ini adalah tipe yang paling sering ditemukan, dimana semangat koleksinya angin-anginan, selalu berubah-ubah. Kalau lagi mood, kamu akan jor-joran mencari dan merawat barang koleksimu, namun jika sudah hilang mood-nya, barang koleksimu bisa ditinggal begitu saja, atau langsung disimpan. Suatu saat kamu akan lupa dan baru sadar lagi ketika menemukannya saat sedang bersih-bersih gudang.


Quote:



--------------------------

This article was first published on Apakah Kamu Salah Satu dari 5 Tipe Kolektor Ini?, Colony Blog

--------------------------

Diubah oleh Kaskus Support 03 26-08-2016 21:38
0
32.7K
250
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan