cacingtaneuhAvatar border
TS
cacingtaneuh
Selain Di TURKI, inilah KUDETA 4 Negara GAGAL
Makasih Buat Momod, ini Thread HT pertama nih....
Spoiler for HT:





Lagi Hot nya berita tentang KUDETA nih

Kudeta militer adalah salah satu manuver politik ekstrem yang bisa dialami negara manapun. Elit tentara, entah didukung rakyat atau tidak, mengambil alih pemerintahan karena perbedaan visi. Tentara memaksimalkan keuntungan sebagai pemegang senjata resmi, untuk mempengaruhi atau malah merebut kekuasaan.
Indonesia pernah mengalami kudeta militer pada 30 September 1965. Demikian juga negara-negara lain, mulai dari Filipina, Kenya, Mesir, hingga Turki yang baru saja selamat dari percobaan perebutan kekuasaan oleh tentara.

Namun, tidak semua upaya kudeta berhasil. Seringkali tentara gagal merebut simpati rakyat saat merebut pemerintahan. Hasilnya tak cuma gagal total, tentara yang terlibat pun rentan dijatuhi hukuman mati atau penjara seumur hidup karena berkhianat.

Banyak faktor yang bisa menjelaskan tingkat keberhasilan kudeta militer. Namun setidaknya dukungan rakyat akan sangat menentukan.

Contohnya Mesir dan Thailand, sosok pemimpin pemerintahan tak punya massa yang cukup kuat pada saat genting, sehingga akhirnya terguling. Sedangkan di Turki atau Venezuela, rakyat bersatu padu bersama sang pemimpin menggagalkan upaya perebutan kekuasaan. Namun, dalam daftar ini, terlihat juga ada pemimpin yang selamat dari kudeta berkat nasib baik belaka.

Di mana saja kudeta militer gagal secara dramatis karena sang pemimpin tetap didukung rakyat atau kebetulan sedang sangat mujur?


Spoiler for 1. Kudeta Filipina 1989:


Spoiler for 2. Kudeta Kenya 1982:


Spoiler for 3. Kudeta Soviet 1991:


Spoiler for 4. Kudeta Venezuela 2002:


Spoiler for 5. Kudeta Turki 2016:



Selanjutnya Bagaimana dengan INDONESIA, Mudah mudahan Tidak ada Kudeta ya..
aman tentram sampai Next Pemilu, walaupun DPR dan DPRD nya rusuh trus,......

JAYALAH INDONESIA JAYALAH INDONESIA JAYALAH INDONESIA


Diubah oleh cacingtaneuh 18-05-2022 02:20
0
67.2K
314
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan