mydelvinAvatar border
TS
mydelvin
Jakarta Macet dan Banjir Nyalahin Jokowi? Gak Salah Lu?
Halo gan, ane biasanya silent reader, tapi di forum BP ada trit konyol yang mengkait-kaitkan banjir di Jakarta Barat dengan Jokowi. Jadi ane ngerasa perlu juga untuk mengungkapkan pendapat ane.

Jadi begini. Masalah Jakarta kan yang paling parah emang cuma dua. Kalo gak macet ya banjir. Dan kalo ada orang Jakarta yang kejebak macet atau rumahnya kebanjiran, pasti pikiran pertamanya adalah nyalahin Jokowi dan Ahok. Seolah2 dua orang ini kerjanya gak becus dalam mengatasi dua masalah itu.

Padahal yang menyebabkan macet dan banjir itu sebenarnya warga Jakarta sendiri.

Untuk masalah macet misalnya, ane bisa lihat sendiri. Di kawasan2 protokol seperti Bundaran HI, mobil-mobil dan motor pada parkir seenaknya di pinggir jalan. Padahal di dalam tempat parkir mall dan kantor masih kosong melompong. Para pemilik kendaraan lebih suka parkir di tempat parkir liar di pinggir jalan, ketimbang parkir didalam gedung. Alasannya adalah karena tentu saja lebih murah. Parkir mobil paling cuma Rp5,000 seharian, sementara kalo didalam gedung, Rp4,000 sejam.

Tapi akibatnya, jalanan jadi macet dimana-mana. Jokowi sudah menyediakan banyak sekali armada Busway, Kopaja AC, bis APTB, tapi tetep aja orang2 maunya pake mobil pribadi. Jokowi sudah menginstruksikan untuk cabut pentil ban buat mobil/motor yang parkir sembarangan, tapi tetap aja para pemilik kendaraan tidak tahu diri, malah marah-marah padahal dia yang salah.

Menurut ane, tindakan memarkir mobil di pinggir jalan karena gak mau bayar parkir mahal, adalah tindakan yang paling egois yang pernah ada. Si pemilik kendaraan ini selalu protes kalau jakarta macet, termasuk nyalahin Jokowi, padahal sebenarnya yang bikin jalanan jadi macet justru dia sendiri.

Begitu juga dengan masalah banjir. Jokowi kurang kerja apa lagi coba. Waduk-waduk dikembalikan ke fungsi normalnya, sungai-sungai dikeruk, pompa-pompa disiapkan di lokasi2 rawan banjir. Tapi tetep aja, penduduk Jakarta yg tinggal di tanah waduk gak mau digusur, padahal itu bukan tanah mereka. Penduduk Jakarta buang sampah ke kali, dan seterusnya.

Dan sekarang, ketika Jakarta masih banjir, elu semua malah nyalahin Jokowi???

Ane udah lama tinggal di Jakarta gan. Waktu jaman Foke dulu, gubernur yang satu ini emang keliatan banget gak ngapa2in, alhasil Jakarta tambah semrawut. Sekarang di jamannya Jokowi, banyak banget perubahannya. Transportasi massal mulai dibangun, sungai-sungai kini lebih bersih, termasuk MRT yang gak pernah jalan di masa Foke, sekarang mulai serius digarap.

Tapi apapun yg dilakukan Jokowi percuma saja kalau perilaku warga Jakartanya malah terus menyebabkan macet dan banjir itu sendiri. Ane kadang kasian sama Jokowi, karena dia (dan Ahok, dan para pegawai di pemprov DKI) seperti sendirian dalam mengurus Jakarta. Sementara para warganya justru susah sekali diatur. Belum lagi Pemerintah Pusat yang malah tambah menyusahkan dengan meloloskan mobil murah, yang dijamin akan bikin Jakarta tambah macet.

Satu lagi poin yg bikin ane salut sama Jokowi. Beliau gak pernah ngeluh sama pekerjaannya, atau mencari kambing hitam atas berbagai masalah yang masih terjadi di Jakarta. Beliau gak pernah ngomong ke media, 'Kita sudah bekerja keras untuk mengatasi macet, tapi emang warga Jakartanya aja yang susah diatur', meski kenyataannya memang demikian. Beliau bahkan gak pernah menyalahkan Foke atas 'warisan' masalah yg ia terima. Orang kaya gini, jujur aja, di Indonesia jarang banget ada gan.

Ane bukan tipe orang yang suka mengkritik politisi atau pejabat, termasuk yg korupsi sekalipun. Disisi lain ane juga gak pernah memuji pejabat manapun. Tapi untuk Jokowi dan Ahok, dua orang ini memang luar biasa gan. Sebagai warga Jakarta, ane sangat bisa merasakan banyak sekali perubahan setelah Jakarta dipimpin Jokowi, dan ane juga turut bergabung dalam perubahan tersebut. Dulu ane paling males kalo naik busway, tp sekarang ane hampir tiap hari pake itu, sementara mobil diparkir aja dirumah. Ane sarankan ke kaskuser lainnya yg warga Jakarta, untuk juga melakukan hal yang sama.

Oke, segitu aja dulu. Btw kalo agan2 ada pengalaman serupa, tulis aja, ntar ane pajang di page one. Thanks kaskus.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan