- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
6 Karakteristik yang Harus Dimiliki Entrepreneur Muda di Era Digital


TS
RhezaKings
6 Karakteristik yang Harus Dimiliki Entrepreneur Muda di Era Digital
Wahai Kaskuspreneur, salam sukses!!
Ketemu lagi di thread sederhana gua yang gak bosen - bosen memberikan pencerahan tentang Entrepreneur dan Digital Marketing



Quote:

Quote:
Mulai Era Digital, Jangan Ngaku Entrepreneur Muda Kalau Belum Punya 6 Karakteristik Ini!
1. GROWTH MINDSET
Quote:
Quote:

Pertama, mulai dengan menanamkan ‘growth mindset’ ala Carol Dweckdalam diri lu.
Di era digital ini hanya membutuhkan orang – orang yang punya:
# Keyakinan bahwa segala sesuatu itu bisa dirubah kalau ada usahanya.
# Keinginan terus untuk belajar, eksplorasi serta terus melakukan pembelajaran. Khususnya terhadap teknologi dan informasi.
Kalau boleh gua bilang, growth mindset ini lebih seperti karakteristik yang optimis terhadap suatu pembelajaran.
Orang – orang yang punya growth mindset ini gak keterbatasan dalam mencari peluang. Mereka mampu membuat peluang mereka sendiri untuk terus belajar dan berkembang.
Gak cuma itu, mereka memandang suatu kegagalan itu sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik, bukan sebagai suatu kekalahan.
BONUS TIPS:
Ini adalah pondasi lu untuk menanamkan karakteristik lainnya yang akan dibutuhkan dalam era digital.
Yakinilah bahwa diri lu ada untuk terus berkembang. Semua kemampuan yang belum lu kuasai sekarang itu sebenarnya dapat lu kuasai jika lu berusaha.
Termasuk dengan karakteristik baru yang akan lu pelajari di artikel ini, agar mampu untuk menjadi unggul dalam persaingan bisnis di era digital.
2. KARAKTERISTIK ‘BERANI BEDA’
Quote:
Quote:

Gua sharing cerita sedikit ya.
Jadi waktu itu gua mau cobain makanan khas blok M, apalagi kalau bukan gultik. Gua gak punya gambaran sama sekali gultik itu tempat yang kaya gimana, yang gua tau waktu itu gua mau cobain gultik karena temen – temen gua merekomendasikan, selesai.
Sesampainya gua disana, gua langsung berhadapan dengan kebingungan.
Yap kebingungan karena ternyata di daerah tersebut banyak banget yang jualan gulai. Dan yang paling parah adalah semuanya serupa bro, mulai dari gerobak sampai muka abangnya semua hampir sama

Disini gua gak tau apa yang membedakan mereka dalam berjualan gulai. Akhirnya gua pilih sesuai arah mata angin.
Apa penyebab dibalik kebingungan gua tersebut sebagai konsumen?
Jelas karena mereka gak melakukan diferensiasi.
Kalau misalnya malam itu gua liat ada 1 tukang gulai yang menawarkan dagangannya dengan kostum Batman, pasti gua pilih itu, harga mati.
Tapi masalahnya dari mereka semua gak ada yang melakukan diferensiasi.
Begitu juga dengan karakter lu sebagai pengusaha muda.
Menjadi baik aja gak cukup, lu harus mampu mempunyai karakter yang siap untuk menonjolkan diri sendiri.
Tujuan utama dari karakteristik ini adalah agar lu mampu berpikir berbeda dari kebanyakan orang. Melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.
Nantinya dengan karakter ini juga, bisnis lu mampu menarik perhatian audience dengan mudah, gak mahal, gak buang waktu dan tenaga.
3. KARAKTERISTIK SUPER-MOTIVASI
Quote:
Quote:

Sebenarnya maksud dari poin ini adalah lu harus memiliki tingkat motivasi yang tinggi, sama seperti karakteristik dasar yang harus dimiliki Entrepreneur.
Tapi di era digital yang semakin ketat dengan persaingan, lu tetap membutuhkan karakteristik ini bahkan harus semakin memperkuatnya lagi.

Karakteristik ini penting untuk membentuk diri lu sebagai Entrepreneur, agar mampu menikmati proses dalam mencapai tujuan bisnis.
Karena dalam mencapai tujuan yang terpenting adalah prosesnya, bukan hasil akhirnya.
BONUS TIPS:
Salah satu faktor mendapatkan karakteristik ini adalah dengan mengerjakan sesuatu yang benar – benar sesuai dengan passion lu.
Gua sendiri pun sedang berusaha untuk memiliki karakteristik ini. Khususnya berguna disaat bisnis gua sedang mengalami penurunan.
4. LEBIH DARI KOLABORATIF
Quote:
Quote:

Saat ini kita tinggal dimana persaingan dalam berbisnis itu bukan cuma semakin banyak, tapi juga semakin sulit.
Di era digital ini, semakin banyak inovasi luar biasa kreatif yang lahir untuk memecahkan masalah kehidupan sehari – hari.
Solusinya?
Salah satu solusinya adalah dengan memiliki karakteristik yang mampu untuk melakukan kerjasama dengan siapapun, alias kolaboratif.
Untuk memiliki karakteristik ini, setidaknya lu harus memiliki jaringan yang kuat. Artinya lu menjalin hubungan dengan siapapun secara positif.
Khususnya buat lu yang akan bekerja sama dengan bawahan dalam bisnis lu sendiri. Kekuatan dalam era digital itu terletak pada hubungan yang kuat antara pemimpin dengan bawahan.
5. MERANGKUL PERBEDAAN
Quote:
Quote:

Memiliki karakteristik kolaboratif aja gak akan cukup kalau lu masih belum bisa menerima, bahkan merangkul perbedaan dan keragaman.
Untuk mewujudkan kinerja bisnis yang luar biasa kreatif, khususnya di era digital, maka dibutuhkan banyak peran dari orang – orang dengan ide dan cara pandang yang berbeda.
Itu artinya tugas kita sebagai Entrepreneur muda adalah membuat perbedaan tersebut menjadi ‘senjata ampuh’ untuk mencapai tujuan bisnis.
Sesuai dengan semboyan negara Indonesia.
Gak cuma demi tujuan bisnis, tapi juga sesuai dengan semboyan negara kita tercinta, Bhinneka Tunggal Ika.
Merangkul perbedaan dan keberagaman itu lebih dari sekedar toleransi terhadap perbedaan. Tapi membuat lingkungan dimana setiap orang merasa dihargai, dihormati dan diberikan kesempatan secara adil.
Ini gua nulis lama – lama udah kaya guru PPKN

6. INISIATIF DAN MENJADI PENYALUR BERKAT
Quote:
Quote:

Menurut gua karakteristik ini sifatnya sangat penting, masyarakat jauh lebih suka dengan perusahaan yang lebih terlihat ‘manusiawi’.
Caranya gimana bro?
Mulailah tanamkan keyakin bahwa lu ‘mampu’ karena keberadaan orang – orang di sekitar lu.
Setelah itu pertanggung jawabkan atas apa yang lu terima, dengan cara memiliki karakteristik yang inisiatif untuk menjadi penyalur berkat bagi orang lain.
Entrepreneur yang inisiatif itu bukan cuma mengerjakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, tapi bertanggung jawab pada segala hal yang perlu diselesaikan.
Quote:
Salah satu tujuan besar dari 6 karakteristik tersebut adalah agar sosok Entrepreneur ke depannya bukan cuma punya tujuan untuk memperkaya diri, tapi juga mampu untuk membawa orang lain untuk menjadi kaya.
Quote:
"Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses." - William Tanuwijaya, Tokopedia
Gimana bro udah mantap pencerahannya?
Kalo masih belum mantap, gua masih ada tambahan 4 poin lagi, jadi sebenernya semua ada 10 karakteristik

Cari di sumber mata air ya

Sumber mata air: Digitalinbro.com
Diubah oleh RhezaKings 31-12-2016 04:20
0
3.2K
Kutip
39
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan