CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
HOFOS [Honda Freed Owner Indonesia] - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54856621a3cb17e56b8b456f/hofos-honda-freed-owner-indonesia---part-2

HOFOS [Honda Freed Owner Indonesia]

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 424 dari 505
Quote:

di lap aja.. yang agak sensitif area deket intake dan aki.


Diubah oleh g1ng2
Quote:

susah jg nyari yg ck. ga semua penjual tau jg. kayaknya bohlam biasa aja lagi deh. klo bohlam biasa t20 nya sama aja kan ya semua? tq gan jawaban nya
[QUOTE=jp3355;57817b279a0951ed548b4567]Halo..
Ijin bertanya ya..

Sekiranya ada yang tahu untuk ganti suspensi freed agar lebih empuk pakai apa ya?? (terutama suspensi belakang, keras banget emoticon-Frown )

Terima kasih[/QUOTE


Ikut mantau juga ya Gan.
rencana mau ganti juga? sekalian klo ada tempat rekomendasi gantinya.

terima kasih
Quote:


Misi gan,, freed ane tipe E th 2011, kmaren dibawa mudik, minum pertalite, AVG ny dalkot 7,2 km/lt (ga macet2 amat dijambi), luar kota 10,5 km/lt (jalan lumayan mulus n lurus + lancar), pedal gas ga digeber2 juga,,,

apakah ada yang bs distel/setting di beres spy konsumsi bbm bs smpe 1:8 - 1:20...? trims gan..
Quote:


tergantung sikon om.. kl mobil tdk habis dijemur seh aman aja om.. tp kl mobil misalkan hbs parkir dibawah matahari, pas dipakai yg 3rd row nya akan lambat banget adem nya.. tp tergantung personil nya jg.. ane kebetulan anak yg gede agak rewel jd suka komplen kl pas naik mobil dg kondisi hbs dijemur.. kl kondisi parkir gedung aman2 aja.. IMHO

Quote:


cakep konsep merahnya.. eike demen.. emoticon-Wowcantik

Quote:


hajar dah velgnya om.. kapan lagi.. sekalian refreshing.. toh R15 ini.. kecuali naik rim baru mikir.. soalnya baru ganti ban.. emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


idem ama om gaban.. apa ga kekerasan tu R15 dikasi 35..
Quote:


emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik

Quote:


nah omongan ini yg bahaya.. kmrn bini seminggu pake innopah ngomong : pi.. innopah enak ya adem AC nya.. uda gt gede dan luas..
gw : zzinnggggg....... #diamseribubahasa

Quote:


mgk bs cari info dan dipertimbangkan dulu jika bener, N0 D0UBT nge-bypass immo bawaan freed.. secara teori ini akan jauh lbh berbahaya.. kl kaca dibobol (amit2) yg ilang hanya benda dlm kendaraan.. tp kl immo uda dibypass, yg ilang freed nya (otomatis tmsk benda berharga didlmnya)..
#amit2sambilgedorjendelajandasebelahrumah


Quote:


Quote:


logo D nya nyala ga.. kl logo D nyala kedip2 maka ada kemgkan ada kabel yg digigit mikimos.. itu info yg nubie dpt dr tmn2 yg pernah ngalamin.. dan emg ada bunyi keras dari P ke D jika bener kasusnya karena itu..

Quote:


kl ga salah no 1 itu tmsk HU.. CMIIW

Quote:


jawaban nya ada dibawah om... emoticon-Request

Quote:


Halo..
Ijin bertanya ya..

Sekiranya ada yang tahu untuk ganti suspensi freed agar lebih empuk pakai apa ya?? (terutama suspensi belakang, keras banget emoticon-Frown )

Terima kasih[/QUOTE]

coba pake hotbits.. tmn2 yg pake hotbits so far puas.. om uda ganti per blm atau msh STD..

nubie lagi mau coba kayaba excel dalam waktu dekat.. ntar di posting kl uda berhasil..

Quote:


td nya mau nebak immo, tp koq ijo ya warna nya.. kl immo bknnya logo kunci lampu koneng ya.. apa salah ingat ya..??

Quote:


Quote:


Quote:


jgn bandingin ama ippah om.. jauh bingits.. beda kelas lagian om..

soal shock ini, inilah yg asik dihembuskan oleh bini nubie dlm liburan seminggu kmrn krn pas dibawa ippah adem banget empernya.. bantingannya dapat.. malah terlalu empuk menurut hematnya nubie.. ga tau kl sivina krn ga pernah booking si-vina.. ehh mksdnya ga pernah pakai mobil livina.. _____emoticon-Ngacir

boleh consider pake hotbits, atau ganti coilover sekalian..
_____emoticon-Ngacir

Quote:


coba ganti ke pertamax gan.. freed itu kompresi nya setau nubie diatas 10.. sehingga di indonesia yg ideal utk freed adalah pertamax gan.. pertalite sdh OK tapi akan lbh OK lagi pake pertamax.. IMHO ya gan..

selain itu, karater freed itu lbh berat di bawah gan.. ini bs jd salah satu faktor yg bikin boros yakni ketika mau jalan dari kondisi stop (parkir atau lampu merah), utk mendapatkan kecepatan yg diinginkan kdg kita bejek dikit.. nah ini bikin boros gan.. bkn hanya geber2 di mid or top speed aja yg bikin boros.. IMHO ya gan..

emoticon-Shakehand2






btw :

Quote:
Sikat ude, siapin aja duit 400 jetian hehehe, lgs bungkus bawa plg, duit segitu dpt juga pajero sebelum ganti all new pajero lagi cuci gudang. Hayoo pilih mana? Nanjak gunung tokcer atau interior cakeb.
Quote:


Quote:


Iya sama sama silahkan om emoticon-Smilie
btw share dikit neh pengalaman selama libur lebaran dg emprit nubie yg jelek...

1. jangan pernah menggunakan product aftermarket yg blm teruji

nubie ganti tutup radiator yg ada indikator temperatur dg tekanan 1.1 yg notabene sama persis tekanannya dg tutup radiator original.. tujuannya, biar pas jalan jauh pas berenti bs kontrol temperatur radiator jgn sampe overheat krn standar bawaan freed itu di dasboardnya ga ada diindikator suhu radiator normal atau tdk.. tau2 ntar uda overheat baru ada indikator overheat..
contoh barang (ambil dr google) :
Quote:


setelah pake 3 hari tiba2 engine check nyala.. logo D kedip2.. AC ga dingin.. selidik punya selidih ternyata air radiator yg di reservoir (cadangan) habis total.. prediksinya bs jadi air radiator nguap krn tutup radiator tekannya kurang kencang shg ada celah buat nguap.. tunggu mesin dingin, cabut kabel negatif aki, isi pake air radiator yg ada (nubie pake merk PRESTONE krn kebetulan nyetok) dan diisi sampe batas max & ganti pake tutup radiator asli bawaan freed, kemudian pasang kembali aki dan starter.. AMAN.. pake sehari turun sekitar 1 ruas jari.. isi lagi ampe max dan lebihin 1 ruas.. sampe sekarang ga turun kondisi air radiator.. jd kesimpulan sementara bs jd kemgkan besar krn pake tutup radiator tsb menyebabkan air radiator nguap ketika dipakai..


2. jgn pake software OBD yg krack atau palsu

ketika kejadian no 1 diatas, nubie mau connect software OBD nubie (kerakan) buat detect masalahnya apa tapi ga pernah berhasil.. bahkan ga kedetect.. nubie awalnya nebak mgk krn lg error ga bisa.. pdhal hrsnya justru pas error butuh aplikasi OBD tsb..

stlh kejadian no 1 solved alias ga pernah berkurang lagi air radiatornya, nubie ngakalin kontrol temperatur radiator by software OBD.. habis dipake bbrp jam tuh emprit akhirnya nubie parkir & matiin spt biasa terus ditinggal 1 jam buat ngurusin something.. pas nyalain mobil lagi check engine nyala, logo D kedip, AC ga dingin, tapi air radiator ga berkurang.. mau dicek lagi pake OBD & sekali lagi sama kayak kejadian 1 diatas yakni ga bisa konak (eh connect) ke OBD.. bingung.. emoticon-Bingung

matiin mesin, cabut alat OBD, cabut negatif aki, biarkan 20 menit, pasang lagi, andddddd... tada......
mobil kembali normal.. malamnya stlh istirahat bbrp jam coba lagi nyalain mobil nyala lagi dan normal kembali.. AC dingin lagi..

kesimpulan sementara, software OBD berbayar (paid version) bisa mendetect check engine while hasil kerak telor ga bisa.. bahkan yg kerakan bisa menyebabkan error (engine check nyala) pd kondisi kendaraan normal.. apa penyebabnya bs demikian nubie kurang jelas...


semoga teman2 di thread ini jgn sampai mengalamin hal yang sama dengan nubie..


Quote:


Dari awal belom pernah ganti per/suspensi om, masih STD.. Heuheu KM juga masih 40000 selama 4tahun ini emoticon-Smilie

Oke, makasih mohon di share ya kalo udah pake kayaba excel gimana rasanya... emoticon-Big Grin

Tapi kira-kira mau diganti hotbits atau kayaba excel apa memang masih lebih empuk innova ga ya? Heuheu...
(soalnya kerasa banget kalo lewat jalan rusak bunyinya jedak jedak khawatir baut pada lepas hehe.. Padahal jalan udah pelan2 banget.. Apalagi kalo ada polisi tidur kecil di tengah tol yang putih-putih itu, haduhhhh bunyinya dak dak dak dak... emoticon-Frown

Makasih makasih
Diubah oleh jp3355
Quote:


ga pernah naik gunung kokoh.. nubie dg angka segt koq prefer ke mas-eda mbik-ante ya.. atau nisan serenda.. kayak ga worthed aja keluarin duid segt hny dapat kayak gt.. menang di nama aja kan dan used price nya.. sisanya blm tentu lbh baik dibanding 2 merk kompetitor..

atau kokoh ada pendapat lain..??

kl pak-jero mah nubie lewat dulu dah.. sempit om.. 11-12 kerasanya ama emprit krn om nya bini pake pajero dan ketika compare ke ippah jauh bingit om.. atau hanya perasaan nubie aja ya..

Quote:


kalo hotbits bs jd mgk mendekati om.. tp ga tau jg ya.. tmn2 hofoser rata2 yg ganti hotbits (yg nubie kenal) uda pada naik rims ke R17-R19.. ketika naik rims, otomatis ban lbh tipis, maka ketika dicompare ke ippah tetap akan ga senyaman ippah krn ippah dg kondisi STD bannya lbh tebal shg ketika kena poldur kejut di pintu tol pasti adem ayem pake ippah..

ketika bunyi kena poldur lbh keras di freed bnyk faktor om mnrt nubie :
# daya kedap kabin di freed jelek om shg akan kedgran lbh keras ketika kena poldur kejut
# ban terlalu keras shg ketika menghantam poldur kejut akan keras bunyinya
# jika sdh ganti rims yg lbh besar (R17 keatas), ban akan semakin tipis biar ga mentok shg compare ke R15 standar akan lbh jedak bunyinya
# kaki2 uda kena..???
# per uda keras..??

pengalaman nbie pake velg R15, ban naik 1 profil dari 185/65 (kl ga salah bawaan STD segini) menjadi 195/65, ketika kena poldur kejut adem om.. ga berisik.. cuma ya itu, dikabin nya krn daya kedapnya jauh compare ke ippah ya tetap kerasa dibanding ippah.. cuma kesannya ga separah deskripsi si om ampe dak dak dak dak.. atau hny nubie aja yg membayangkannya lbh parah dibanding cerita si om.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Mungkin feel aja yah, soalnya ane ada beberapa waktu pasti keluar kota n diesel jero sangat membantu sekali, apalagi kmrn naik keunggaran yg kemiringannya sampai 45 derajat beberapa rombongan agak ngos2an dan ane tgl ganti ke triptonik mode anteng aje hehehehe, dr pengalaman pernah pake ipeh dan jero ane merasa lebi luas jero secara uk jelas uda beda, tapi kalau mau luas lagi fortuner, apalagi kakak ane baru nyampe fortune baru nya maknyos legah bgt. Liat kondisi jalan rumah x yah kalau mau pilih mbl, sekitar sini sangat jarang mpv mayoritas suv karena rawan banjir dan jalan kurang apik.

Quote:


Quote:


nah fortuner baru maknyos.. naksir gw kl fortuner.. emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol

eh ini thread emprit yah.. kabor ah sblm ditimpuk admin.. _____emoticon-Ngacir
hi agan agan,

mohon maaf lahir batin dulu ahh.
mau share liburan mudik sama temen kantor ke Sawarna banten. Pas di meeting point ane diledekin sekantor dibilang mprid ane tar gak kuat nanjak pas pulang dari sawarna gara2 matic FWD. Kebetulan temen2 kantor bawa apanjah/ceuniah n inopah.

rute yang diambil lewat serang, malimping, bayah
asik banget jalan halusss & berliku gak rame juga. baru kali ini ngerasain mprid performanya buat luar kota, ternyata asikk banget buat manuver berliku di kecepatan 60km - 80km.

nah ternyata masuk kawasan sawarna nerobos hutan perhutani, jalan sempit n naik turun. tiba di turunan terakhir itu curam banget 45/50 derajat mungkin, ini yg diledekin temen2 ane nanti pas sebelum berangkat takut gak kuat nanjak pulang. sempet jiper juga sih tapi alhamdullilah emang tergantung yg bawa mau rwd juga ada temen ane rwd malah bersusah2 payah nanjak. hehehehe asik emang freed buat jalan jauh walau km udah 80rb an tapi jauh lebih enak dari apanjah/ceuniah
Diubah oleh f4n3d
Quote:


Kmrn di gunung unggaran aja yg notabene nya tanjakan horor mprit nanjak om hehehehe
Malem om2 ...
Mau tny tntng perpindahan persneling dr P - N - D - 2 - 1 saya ko agak berat yah dibanding punya sdr saya yg keluaran baru dan apa benar kalo dari N ke D atau sebaliknya tombol jangan di tekan karena nanti gearboxnya kena ?
Mohon pencerahanya ....
Terima kasih
Quote:


Makasih gan penjelasannya,, ni lagi nunggu ampe tinggal 1/4 bbm ditangki coba minum pertamax,, emoticon-Angkat Beer
Quote:


Tombol apa yah om kalau boleh tau? Mgkn perasaan saja x antara berat lama dan baru.
Quote:


Quote:


awal2 pake emprit, tmn ada yg blg freed di cipularang yg tanjakan panjang itu bs engap.. nah prnh sekali bawa emprit ke bdg dan ada papanjah senia dan innopah dekat tanjakan.. kondisi ama2 dikecepatan 100 lbh kurang.. pas tanjakan panjang tsb emprit nubie sdh mulai menyalip papanjah dan senia while innopah uda sejajar.. nubie geber dikit (knocking) lgsg lewat innopah sambil senyum sndr..

betul kata om f4n3d, tergantung yg bawa mobil mah.. bkn FWD dan RWD nya yg ngaruh.. emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


tombol silver gede yg ditekan pas dr N ke R dan P kokoh... emoticon-Embarrassment

nubie pernah baca dimana (cuma lupa linknya) bahwa dari P-R, R-N, dan sebaliknya, perlu tekan om.. tapi dari N-D dan sebaliknya ga perlu.. kurang tau kalo D-2-1.. nubie ga pernah pake itu soalnya..

tp coba aja om rasakan sesekali, dari N-D dan sebaliknya enteng banget tanpa tekan tombol itu.. while kl N-R dan sebaliknya agak berat dan kl dipaksa agak keras bunyinya..

dan seingat nubie lagi, sbnrnya kl pun ditekan ketika dari D-N dan sebaliknya, tidak akan merusak gearbox, cuma dikhawatirkan takutnya kebablasan.. misalkan mau kondisi dari D-N tapi karena ditekan kan enteng tu jadi kebablasan ke R.. kl ga sadar bs tekan gas lgsg nubruk yg blkg.. IMHO & CMIIW

Quote:


info ya om kl ada perubahan.. soal komsumsi bbm dan pilihan bbm ini beragam om.. beda org, beda drive style, beda rute, bisa berbeda hasil dan pilihannya.. emoticon-Peace
Halaman 424 dari 505
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di