februarian34Avatar border
TS
februarian34
[ASK] Ane mencoba untuk bunuh diri, ini penyebabnya..
Bermula ketika ane kalah telak dari suatu kejuaraan olahraga beberapa bulan lalu, ane ngerasa hidup ane gak berguna sama sekali. Ane selalu dibanding2in sama kakak ane yg selalu jadi juara, ane mencoba sekeras mungkin buat jadi juara tapi cuma kalah yang ane dapet. Terhitung udah 3 thn ane menekuni olahraga ini, tapi 1 medali pun gak pernah ane dapet.

Sekilas tentang kakak ane ini, dia udah lulus kuliah dan udah kerja, beberapa medalinya dipajang di ruang tengah rumah ane, bisa banggain orang tua, yaa udah berguna lah buat ortu. Ane sendiri anak terakhir dari 2 bersaudara, gak pernah bisa buat ortu bangga, setidaknya itu yg ane pikir. Walo kita saudara, kita kurang akrab, bahkan jarang buat saling lempar guyonan.

Ane masih kuliah, baru semester 2. Ane ngerasa dari lahir sampe sekarang belum bisa berguna apa2, buat ortu juga buat lingkungan sosial sekitar ane. Ane orangnya introvert, gak suka keluar rumah kalo gak penting2 banget, kebalikan dengan sifat kakak ane yg selalu disukai sama org2 sekitarnya. Ane juga orang yg cuek, gak terlalu mentingin penampilan dan perkataan orang lain.
Balik ke tragedi ane kalah di kejuaraan olahraga itu. Setelah kekalahan itu ane ngerasa bener2 gak berguna, depresi berat. Bahkan sempet 2 hari full ane puasa ngomong ke orang2, bahkan temen sekontrakan ane sendiri. Dalam 2 hari itu ane mikirin banyak hal yg nyangkut masa lalu gak berguna ane. Dapet ranking bawah di kelas tiap semester waktu sekolah dulu, selalu nyusahin orangtua, gak pernah mandiri, dan hal2 lain yang membuat ane berpikir diri ane ini rendah.

Parahnya pas bulan puasa kemaren (alhamdulillah ane muslim), ane sulit ngatur emosi pas kuliah. Emosi ane ini gak pernah ane keluarin secara terang2an di dalem kelas karena dasarnya ane introvert, jadi pas ane marah yaa cuma diem gak ngomong apapun. Pernah satu ketika mood ane berubah drastis, pas masuk kuliah ane masih bisa ngobrol2 sama temen tapi tau2 ane keinget sama kekalahan ane di kejuaraan olahraga itu di tengah2 kuliah, terus mood ane berubah drastis, langsung marah tapi ane pendem dalem hati (diem, kayak terasingkan).
Beberapa hari setelah peristiwa perubahan mood yg drastis dalam hitungan jam itu, ane merasa normal lagi. Tapi itu gak bertahan lama, ane mulai membanding2kan diri ane sama temen2 kuliah ane. Temen2 ane ini memang lebih berprestasi daripada ane, di bidang akademik maupun non-akademik. Bodohnya, ane tiba2 membenci mereka karena rasa iri ane terhadap prestasi mereka, layaknya kakak ane. Kejadian ini berulang terus, ane selalu mencari kekurangan di diri ane dan membandingkannya dgn temen2 sekitar ane. Akhirnya ane merasa gak berguna di keluarga ane, juga di lingkungan sosial sekitar ane. Dalam kurun waktu ini, ane pernah 2-3 kali berpikiran buat bunuh diri, tapi ane masih punya iman dan logika buat gak ngelakuin itu. Ane merasa depresi, tertekan utk menjadi yg terbaik, juga memiliki amarah yg meluap2 yg gk bisa ane kendaliin & tunjukin. Mulai dari sini juga kebiasaan buruk yg udah lama ane tinggalin mulai kembali, ane mulai ketagihan nge-game lagi. Kadang begadang gak jelas (pernah sampe gak tidur semaleman). Mulai ngerokok dan … (u know lah pasangannya rokok apaan). Ane juga sering (maaf) onani, kayak gairah seks ane meningkat, bahkan ane sempet kepikiran buat cari psk online.

Semakin ane membandingkan diri ane dgn orang lain, semakin ane merasa hampa, kayak kosong, tujuan Tuhan ciptain ane yaa cuma biar ane jadi seorang yg selalu kalah.

Beberapa hari/minggu yg lalu ane juga punya masalah sama seseorang yg ane suka. Ini kayak memperburuk keadaan ane. emoticon-Frown
Ohya, pas ane depresi ane lebih sering nulis note (kayak diary gitulah), isinya masalah ane sehari2. Walopun gak bisa mengatasi masalah amarah ane secara keseluruhan, tapi lumayan bisa meredam sedikit.

Yang mau ane tanyain adalah
1. Apakah ane cuma depresi biasa? Dan marah yg meluap2 itu cuma karena ane masih remaja/belum sepenuhnya dewasa?
2. Ane pernah baca tentang bipolar disorder dan beberapa ciri nya ada di diri ane, apakah ada kemungkinan ini gejala awal bipolar? Kalopun saya tidak terkena bipolar, apakah ini juga suatu macam kelainan kejiwaan?
3. Apakah ane harus konsultasi ke psikiater/psikolog? Karena selain mencoba buat bunuh diri, ane juga pernah (sering) mukul2 tembok pake tangan kosong cuma buat ngeluapin emosi ane.
4. Bedanya psikiater dan psikolog? Juga apakah agan2 punya saran psikiater/psikolog daerah jogja/solo/JakSel/TangSel?
5. Ada recommend web online yg bisa test kejiwaan?

Perlu diketahui, ane menulis ini dalam keadaan normal dan setidaknya 90% udah bisa berpikir pake logika. Ane cuma takut suatu saat kejadian yang lebih buruk menimpa ane dan ane bener2 bunuh diri

Maaf kalo cerita ane kepanjangan dan sekilas tampak seperti seorang remaja yg labil.
0
3.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan