- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
5 Tips Menghemat Waktu Kerja.... (Bye Lembur!!!)


TS
dknina
5 Tips Menghemat Waktu Kerja.... (Bye Lembur!!!)
Quote:
Quote:
Hi agan-agan sekalian. Ini thread pertama newbie, semoga bisa dinikmati ya
Tulisan ini hasil riset saya di internet, untuk menjawab permasalahan dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Beban pekerjaan yang besar bikin ane sering lembur...
Nah hal-hal ini terlihat sepele tapi efektif. Semoga membantu agan-agan. Jangan lupa rate dan share-nya kalau agan suka
...

Nah hal-hal ini terlihat sepele tapi efektif. Semoga membantu agan-agan. Jangan lupa rate dan share-nya kalau agan suka

Quote:
Kaum pegawai zaman sekarang banyak yang diberi tuntutan kerja berat. Alhasil, badan capek karena kerja lembur terus. Waktu juga gak tersisa lagi untuk nge-date bareng pacar dan nongkrong sama teman-teman. Kondisi kendaraan makin tak karuan gara-gara jarang servis. Tumpukan DVD yang sudah dibeli juga nganggur aja sampai berdebu gara-gara gak pernah ditonton (yang ini anee banget dulu).
Terus apa kita harus pasrah aja terima nasib? Ya enggak dong! Kerja keras memang penting biar karir dan keuangan lancar. Tapi kondisi pribadi dan hubungan dengan orang-orang terdekat juga gak kalah penting.
Manusia memang dikasih waktu cuma 24 jam dalam sehari. Gak bisa ditawar-tawar lagi, sama kayak barang dagangan yang dikasih label “harga pas”. Tapi, seperti pepatah bilang, banyak jalan menuju Roma!
Meski waktu ga bisa ditambah, bukan berarti waktu yang ada ga bisa diirit. Kalau gak percaya, coba aja 5 cara ampuh ini. Kita bisa hemat hingga 8 jam sehari!
Terus apa kita harus pasrah aja terima nasib? Ya enggak dong! Kerja keras memang penting biar karir dan keuangan lancar. Tapi kondisi pribadi dan hubungan dengan orang-orang terdekat juga gak kalah penting.
Manusia memang dikasih waktu cuma 24 jam dalam sehari. Gak bisa ditawar-tawar lagi, sama kayak barang dagangan yang dikasih label “harga pas”. Tapi, seperti pepatah bilang, banyak jalan menuju Roma!
Meski waktu ga bisa ditambah, bukan berarti waktu yang ada ga bisa diirit. Kalau gak percaya, coba aja 5 cara ampuh ini. Kita bisa hemat hingga 8 jam sehari!

Kalau kerja keras ga dibarengi dengan produktivitas yang oke, sama aja bohong. Jadinya malah galau begini.
Tips #1: Eliminasi gangguan (hemat 2 jam sehari)
Quote:
Gangguan bisa datang dari diri sendiri yang tidak ingat dengan kerjaan penting, dan malah sibuk cari smartphone murah di Kaskus atau komen-in foto pacar di Facebook. Datangnya juga bisa dari orang lain, seperti ketika teman kerja ngajak curhat soal anaknya yang lagi sakit, tetangganya yang meninggal, anjingnya yang kena rabies, blablabla… Kalau diterusin dia bisa bercerita soal riwayat kakek, nenek, serta orang-orang sekampungnya.
Hal-hal macam ini lah yang kudu, wajib dan mesti disingkirkan ketika kita lagi punya tugas penting.
Kalau diajak ngobrol teman sekantor, beri aja jawaban sopan dan lanjut kerja. Masih ada waktu lain kok untuk mendengarkan curhatan dia. Ada temen yang posting meme lucu di Facebook…ketawanya mending disimpan aja buat break kerja!
Baiknya pasang saja earphone dengan musik yang bisa meredam suara ribut sekitar. Bisa juga taruh tanda “Jangan Ganggu”… atau bahkan izin ngungsi dulu ke kafe terdekat supaya kerja lebih fokus dan tenggat waktu terpenuhi. Pokoknya, apa saja deh yang bisa mengeliminasi gangguan!
Menurut riset waktu yang terbuang sehari gara-gara beragam "gangguan" bisa sampai 2 jam. Jadi coba tanya ke diri sendiri, apa sih hal yang paling mengganggu fokus kita saat sedang mengerjakan tugas penting?
Coba aja pikir. Ketimbang dipakai kerja lembur gara-gara target gak terkejar, lebih baik waktu 2 jam yang tersimpan dipakai nonton di bioskop bareng pacar.
Hal-hal macam ini lah yang kudu, wajib dan mesti disingkirkan ketika kita lagi punya tugas penting.
Kalau diajak ngobrol teman sekantor, beri aja jawaban sopan dan lanjut kerja. Masih ada waktu lain kok untuk mendengarkan curhatan dia. Ada temen yang posting meme lucu di Facebook…ketawanya mending disimpan aja buat break kerja!
Baiknya pasang saja earphone dengan musik yang bisa meredam suara ribut sekitar. Bisa juga taruh tanda “Jangan Ganggu”… atau bahkan izin ngungsi dulu ke kafe terdekat supaya kerja lebih fokus dan tenggat waktu terpenuhi. Pokoknya, apa saja deh yang bisa mengeliminasi gangguan!
Menurut riset waktu yang terbuang sehari gara-gara beragam "gangguan" bisa sampai 2 jam. Jadi coba tanya ke diri sendiri, apa sih hal yang paling mengganggu fokus kita saat sedang mengerjakan tugas penting?
Coba aja pikir. Ketimbang dipakai kerja lembur gara-gara target gak terkejar, lebih baik waktu 2 jam yang tersimpan dipakai nonton di bioskop bareng pacar.
Tips #2: Belajar lebih rapi dong! (hemat 30 menit sehari)
Quote:
Kalau menurut riset sih, 60% kaum pekerja bisa membuang 30 menit waktu produktif dalam sehari cuma untuk mencari barang yang hilang atau ga tau ke mana. Ini ga hanya berlaku di kantor saja, tapi juga di kehidupan sehari-sehari.
Kok bisa gitu? Coba deh bayangin, dengan lemari yang berantakan, berapa waktu yang jadi kebuang untuk nyari baju kerja di pagi hari? Ga enak juga kan kalau pas mau berangkat kerja, harus cari dulu kunci motor atau charger handphone, yang ga tau deh semalam ditaruh di mana. Tanya sama emak di rumah...eh malah diomel-omelin karena ga rapih. Waktu kebuang lagi deh.
Waktu untuk berangkat ke kantor jadi makin mepet deh kalau lemari awur-awuran seperti ini.
Salah-salah baju yang kita ambil ternyata baju belum tercuci dari seminggu lalu. Hiiiiii.....
Terus apa dong solusinya? Coba sempatkan sedikit waktu setiap hari untuk merapikan apa yang masih kurang rapi. Tumpukan dokumen di meja kantor ditaruh kembali tempatnya. Gunting dan alat tulis punya teman kantor dikembalikan lagi. Pakaian kotor di rumah ya, dicuci! Jangan ditumpuk lagi di lemari atau asal lempar aja ke mana tahu!
Selanjutnya, biasakan diri lebih rapi dalam tiap hal. Kunci motor jangan ditaruh sembarang lagi. File komputer penting juga diberi nama yang betul dan ditaruh di folder yang sesuai, biar ga susah dicari.
30 menit yang dihemat bisa berharga banget untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari, atau bisa juga digunakan untuk olahraga singkat sepulang kerja. Badan makin fit, stamina makin terjaga, kerjaan juga pastinya makin oke dong!
Kok bisa gitu? Coba deh bayangin, dengan lemari yang berantakan, berapa waktu yang jadi kebuang untuk nyari baju kerja di pagi hari? Ga enak juga kan kalau pas mau berangkat kerja, harus cari dulu kunci motor atau charger handphone, yang ga tau deh semalam ditaruh di mana. Tanya sama emak di rumah...eh malah diomel-omelin karena ga rapih. Waktu kebuang lagi deh.
Waktu untuk berangkat ke kantor jadi makin mepet deh kalau lemari awur-awuran seperti ini.
Salah-salah baju yang kita ambil ternyata baju belum tercuci dari seminggu lalu. Hiiiiii.....
Terus apa dong solusinya? Coba sempatkan sedikit waktu setiap hari untuk merapikan apa yang masih kurang rapi. Tumpukan dokumen di meja kantor ditaruh kembali tempatnya. Gunting dan alat tulis punya teman kantor dikembalikan lagi. Pakaian kotor di rumah ya, dicuci! Jangan ditumpuk lagi di lemari atau asal lempar aja ke mana tahu!
Selanjutnya, biasakan diri lebih rapi dalam tiap hal. Kunci motor jangan ditaruh sembarang lagi. File komputer penting juga diberi nama yang betul dan ditaruh di folder yang sesuai, biar ga susah dicari.
30 menit yang dihemat bisa berharga banget untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari, atau bisa juga digunakan untuk olahraga singkat sepulang kerja. Badan makin fit, stamina makin terjaga, kerjaan juga pastinya makin oke dong!
Tips #3: Bikin rencana yang matang setiap pagi (hemat 2.5 jam)
Quote:
Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi ku...buru-buru ke kantor. Sampai kantor aku...ngapain hayo?
Langsung deh, bikin perencanaan untuk satu hari. Jangan bilang entar-entar! Siapin aja 15 menit setiap pagi, sebelum langsung membabat kerjaan.
Motivator asal Amerika, Brian Tracy mengatakan "Setiap menit yang kita habiskan untuk membuat rencana dapat menghemat 10 menit waktu seksekusi; ini memberi kita 1,000 persen energi lebih!" Hanya dengan mengambil 15 menit untuk perencanaan sehari ke depan, kita bisa menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas 2.5 jam lebih cepat.
Ga percaya? Coba saja dulu. Ga rugi kok, 15 menit saja! Catat apa saja yang harus kita lakukan. Jangan lupa tentutkan kapan tiap tugas mau dilakukan, dan bikin target juga kapan mau diselesaikan.
Hal ini berlaku ga hanya untuk di tempat kerja saja, tapi juga untuk di kehidupan sehari-hari. Kayak saat harus belanja makanan atau kebutuhan di rumah, ya bikin dulu daftar belanjaan. Jadi, kita ga akan muter-muter supermarket kelamaan karena bingung mau beli apa. Lebih parah lagi kalau harus balik, karena ada yang lupa dibeli. Buang-buang waktu banget tuh!
Langsung deh, bikin perencanaan untuk satu hari. Jangan bilang entar-entar! Siapin aja 15 menit setiap pagi, sebelum langsung membabat kerjaan.
Motivator asal Amerika, Brian Tracy mengatakan "Setiap menit yang kita habiskan untuk membuat rencana dapat menghemat 10 menit waktu seksekusi; ini memberi kita 1,000 persen energi lebih!" Hanya dengan mengambil 15 menit untuk perencanaan sehari ke depan, kita bisa menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas 2.5 jam lebih cepat.
Ga percaya? Coba saja dulu. Ga rugi kok, 15 menit saja! Catat apa saja yang harus kita lakukan. Jangan lupa tentutkan kapan tiap tugas mau dilakukan, dan bikin target juga kapan mau diselesaikan.
Hal ini berlaku ga hanya untuk di tempat kerja saja, tapi juga untuk di kehidupan sehari-hari. Kayak saat harus belanja makanan atau kebutuhan di rumah, ya bikin dulu daftar belanjaan. Jadi, kita ga akan muter-muter supermarket kelamaan karena bingung mau beli apa. Lebih parah lagi kalau harus balik, karena ada yang lupa dibeli. Buang-buang waktu banget tuh!
Tips #4: Matiin dulu internetnya! (hemat 1 Jam)
Quote:
Kabarnya, kebanyakan orang, tua muda, dari berbagai golongan bisa membuang paling nggak 10 jam seminggu untuk aktivitas internet dan media sosial kayak Facebook dan Twitter, dan teman-temannya. Ini berarti seenggaknya, ada 1 jam yang terbuang dalam sehari.
Terus apa kita mesti jadi anti sosial (ansos) dan gagap teknologi (gaptek) karena ga pakai internet?
Yah, gak gitu juga. Internet bagi banyak orang di zaman modern ini memang sudah seperti kebutuhan pokok untuk dalam pekerjaan. Jaga hubungan baik dengan teman-teman dan orang-orang lewat media sosial juga bukan hal yang salah.
Tapi coba deh tanya dulu ke diri sendiri: dengan internet yang menyala, kita lebih produktif atau malah jadi menunda kerjaan yang lebih penting?
Baiknya sih, waktu untuk aktivitas sosial media atau internet disiapkan khusus dan dibatasi. Apalagi kalau menyangkut urusan pribadi. Hal ini bisa jadi tantangan lebih bagi yang butuh internet untuk urusan kerja. Sebab kita harus bisa lebih mantap untuk ga mencampur urusan kerja dengan keinginan pribadi.
Jadi ketika pacar kirim pesan di Facebook, “Sayaaang...pulang nanti mau makan apaaa??? Udah makan nasi belum tadi pagi? Pake apa?” Ga usah langsung dijawab!
Masih ada jam istirahat, atau waktu yang lain bisa disiapkan khusus. Toh dengan begitu pacar gak rugi apa-apa. Kalau dia jadi galau, ya dijelaskan saja baik-baik. Kalau perlu diajari sekalian, biar dia ga beredar terus di Facebook dan bisa kerja lebih fokus.
Menghindari godaan internet memang gak mudah. Tapi ingat, 1 jam yang dihemat dalam sehari bisa dipakai santai-santai di kamar ditemani kasur nan empuk, atau mengerjakan hal yang kita ingin tapi ketunda terus gara-gara badan lelah atau kerjaan menumpuk.
Terus apa kita mesti jadi anti sosial (ansos) dan gagap teknologi (gaptek) karena ga pakai internet?
Yah, gak gitu juga. Internet bagi banyak orang di zaman modern ini memang sudah seperti kebutuhan pokok untuk dalam pekerjaan. Jaga hubungan baik dengan teman-teman dan orang-orang lewat media sosial juga bukan hal yang salah.
Tapi coba deh tanya dulu ke diri sendiri: dengan internet yang menyala, kita lebih produktif atau malah jadi menunda kerjaan yang lebih penting?
Baiknya sih, waktu untuk aktivitas sosial media atau internet disiapkan khusus dan dibatasi. Apalagi kalau menyangkut urusan pribadi. Hal ini bisa jadi tantangan lebih bagi yang butuh internet untuk urusan kerja. Sebab kita harus bisa lebih mantap untuk ga mencampur urusan kerja dengan keinginan pribadi.
Jadi ketika pacar kirim pesan di Facebook, “Sayaaang...pulang nanti mau makan apaaa??? Udah makan nasi belum tadi pagi? Pake apa?” Ga usah langsung dijawab!
Masih ada jam istirahat, atau waktu yang lain bisa disiapkan khusus. Toh dengan begitu pacar gak rugi apa-apa. Kalau dia jadi galau, ya dijelaskan saja baik-baik. Kalau perlu diajari sekalian, biar dia ga beredar terus di Facebook dan bisa kerja lebih fokus.
Menghindari godaan internet memang gak mudah. Tapi ingat, 1 jam yang dihemat dalam sehari bisa dipakai santai-santai di kamar ditemani kasur nan empuk, atau mengerjakan hal yang kita ingin tapi ketunda terus gara-gara badan lelah atau kerjaan menumpuk.
Tips #5: Kerjakan satu per satu (hemat 2 Jam)
Quote:
Multitasking alias mengerjakan beberapa hal sekaligus itu oke-oke saja kalau untuk hal-hal simpel. Misalnya makan malam sambil nonton TV, atau dengar musik saat lari pagi sih.
Tapi gimana dengan aktivitas yang butuh konsentrasi lebih, seperti mengemudi di tengah banyaknya kendaraan yang seliweran di jalanan Jakarta? Atau untuk kerjaan kantor yang menuntut kita lebih fokus dan teliti?
Baiknya, pastikan daftar hal yang akan kita kerjakan ga terlampau ramai. Misalkan di jam x sampai jam y ada pekerjaan A, ya udah, fokus di situ aja. Jangan sampai ditambah-tambah dengan kerjaan B dan C. Jangan juga disambi sambil nonton Youtube kalau hal itu bisa mengganggu konsentrasi.
Dengan menyambi atau selang-seling pekerjaan, otak bisa kelelahan karena kelebihan beban atau overload. Akibatnya fokus berkurang dan performa kerja juga jadi tidak maksimal. Maunya sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, tapi eh, kita malah buang waktu mengoreksi kekurangan di sana-sini.
Lebih lanjut lagi, riset menunjukkan kebiasaan menyambi bisa mengurangi kualitas kerja hingga 40%. Sementara, rata-rata orang kabarnya bisa nyambi macam-macam aktivitas hingga 3 jam sehari. Berarti ada 2 jam yang terbuang sia-sia, tuh!
Padahal 2 jam itu bisa dijadikan waktu kreatif pribadi. Siapa tahu kita jadi punya ide proyek sampingan seperti bisnis online kecil-kecilan, yang kini makin gampang diwujudkan dengan pesatnya perkembangan teknologi internet. Kalau kita tidak pintar-pintar mengatur waktu, gimana caranya kita bisa membuka peluang baru?
Tapi gimana dengan aktivitas yang butuh konsentrasi lebih, seperti mengemudi di tengah banyaknya kendaraan yang seliweran di jalanan Jakarta? Atau untuk kerjaan kantor yang menuntut kita lebih fokus dan teliti?
Baiknya, pastikan daftar hal yang akan kita kerjakan ga terlampau ramai. Misalkan di jam x sampai jam y ada pekerjaan A, ya udah, fokus di situ aja. Jangan sampai ditambah-tambah dengan kerjaan B dan C. Jangan juga disambi sambil nonton Youtube kalau hal itu bisa mengganggu konsentrasi.
Dengan menyambi atau selang-seling pekerjaan, otak bisa kelelahan karena kelebihan beban atau overload. Akibatnya fokus berkurang dan performa kerja juga jadi tidak maksimal. Maunya sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, tapi eh, kita malah buang waktu mengoreksi kekurangan di sana-sini.
Lebih lanjut lagi, riset menunjukkan kebiasaan menyambi bisa mengurangi kualitas kerja hingga 40%. Sementara, rata-rata orang kabarnya bisa nyambi macam-macam aktivitas hingga 3 jam sehari. Berarti ada 2 jam yang terbuang sia-sia, tuh!
Padahal 2 jam itu bisa dijadikan waktu kreatif pribadi. Siapa tahu kita jadi punya ide proyek sampingan seperti bisnis online kecil-kecilan, yang kini makin gampang diwujudkan dengan pesatnya perkembangan teknologi internet. Kalau kita tidak pintar-pintar mengatur waktu, gimana caranya kita bisa membuka peluang baru?
Buruan dicoba, jangan “entar-entar!”
Quote:
Simpel kan? Memang lima hal ini kelihatannya sepele. Tapi jangan salah, kalau kita mau disiplin, manfaatnya akan terasa banget! Apalagi waktu yang “dihemat” bisa sampai 8 jam sehari, alias setara satu hari kerja! Kita pun bisa terbebas, atau setidaknya mengurangi lembur.
Yahh...kalau sekali-kali lembur karena ada kerjaan yang mendesak sih masih wajar lah ya. Asal jangan terus-terusan.
Dengan mengurangi kerja lembur, tubuh dan pikiran juga lebih sehat karena ga terbebani pekerjaan yang berlebihan. Hasilnya? Performa kerja pun semakin meningkat, dan kita jadi punya waktu luang untuk pacar, keluarga, serta orang-orang terdekat lainnya.Selamat mencoba ya agan-agan
Kalo agan punya cara sendiri yang oke, jangan lupa di share 
Yahh...kalau sekali-kali lembur karena ada kerjaan yang mendesak sih masih wajar lah ya. Asal jangan terus-terusan.
Dengan mengurangi kerja lembur, tubuh dan pikiran juga lebih sehat karena ga terbebani pekerjaan yang berlebihan. Hasilnya? Performa kerja pun semakin meningkat, dan kita jadi punya waktu luang untuk pacar, keluarga, serta orang-orang terdekat lainnya.Selamat mencoba ya agan-agan


Diubah oleh dknina 06-06-2015 06:39
0
3.1K
Kutip
13
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan