codenamerbmAvatar border
TS
codenamerbm
Sedikit Cerita Mengenai Vaksin
Quote:


Intro
Belakangan lagi rame ni soal beredarnya vaksin palsu. Ane yg biasanya ga tertarik sama yg namanya VAKSIN jadi buka2 buku sama info2 tentang vaksin, siapa tw tar ditanya sama temen ato sodara (soalnya ane dulu sekolah di bidang obat2an kan malu kalo ga bisa jawab)emoticon-Hammer2
Setelah keliling kesana kemari ane nemu beberapa hal yang pengen ane share di sini. Ini informasi dasar sih soal Vaksin jadi mungkin udah banyak yang tau, dan mungkin juga sebagian dari kita masi awam soal beginian.

A. Apa Sih Sebenernya yang Disebut Vaksin itu ??
Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami.

Vaksin itu untuk tindakan preventif (pencegahan) penyakit, istilahnya sedia payung sebelum hujan gan.

Vaksinasi ini sangat membantu untuk mencegah penyakit-penyakit infeksi menular baik karena virus atau bakteri, misalnya polio, campak, difteri, pertussis (batuk rejan), rubella (campak Jerman), meningitis, tetanus, Haemophillus influenzae tipe B, dan hepatitis.

B. Bagaimana Sih Cara Kerjanya ??
Cara kerja vaksin adalah dengan memicu sistem imun tubuh untuk memproduksi “Antibodi”.
Apa itu "Antibodi"?? yaitu zat dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan "Antigen".
Apa itu "Antigen" ?? yaitu zat yang dapat merangsang respon imun / membentuk "Antibodi".

Nah tubuh kita itu punya kemampuan untuk membentuk suatu sistem pertahanan yg disebut "Antibodi". Jadi ketika ada zat asing (virus, bakteri) masuk ke tubuh maka tubuh akan membentuk "Antibodi" buat ngelawan zat asing tsb dan membentuk sistem kekebalan biar tar kalo zat asing itu dateng lagi kita ga akan terpengaruh.

Oleh karenanya, vaksin mengandung antigen, diambil bagiannya atau keseluruhan dalam keadaan sudah dibunuh atau sangat lemah. Saat vaksin masuk ke dalam tubuh, antigennya tidak cukup kuat untuk menyebabkan gejala penyakit, namun sangat cukup untuk menghasilkan antibodi terhadap antigen tersebut. Dengan demikian, vaksinasi akan mengembangkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.


C. Gimana Sih Cara Buat Vaksin ?? Siapa Sih yang Buat ??
Produksi vaksin rumit bgt gan, terlebih saat konversi produk dari skala lab menjadi skala produksi. Secara sederhana tahapan pembuatan vaksin adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan “benih” virus
Virus harus murni dari virus lain yang mirip atau tipe virus yang sama dengan virus penyebab penyakit. Benih ini harus dijaga pada kondisi yang ideal, biasanya dalam freezer, sehingga mencegah virus lebih kuat atau lebih lemah dari yang diinginkan.

2. Penumbuhan virus
Benih virus kemudian ditumbuhkan dalam media yang sesuai sehingga virus bisa memperbanyak diri. Setiap virus memiliki media tumbuh yang spesifik. Pada media tersebut, terkandung senyawa organik lain yang mendorong reproduksi sel virus. Banyak faktor yang harus dipantau pada proses ini agar virus dapat berkembang dengan baik. Selanjutnya, virus dipisahkan dari medianya dan ditempatkan dalam medium kedua untuk pertumbuhan tambahan.

3. Pemisahan dan pemilihan strain virus
Bila virus yang tumbuh sudah cukup banyak, dilakukan pemisahan virus dengan medianya. Virus yang diperoleh dapat dilemahkan atau dibunuh. Contohnya virus rabies, karena sifatnya yang virulen maka virusnya dibunuh untuk dibuat vaksin. Sedangkan untuk vaksin dari virus yang dilemahkan, strain virus dipilih secara hati-hati lalu ditumbuhkan berulang kali di berbagai media. Ada kriteria yang ditetapkan untuk memilih strain yang tepat untuk selanjutnya diproses menjadi vaksin, karena virus yang terlalu kuat atau lemah tidak dapat digunakan sebagai vaksin.

Produsen vaksin di Indonesia saat ini : Bio Farma, GlaxoSmithKline, Novartis, Sanofi.

Indonesia hanya memiliki satu BUMN yang memproduksi Vaksin dan Antisera, yaitu PT. Bio Farma. Selama 126 tahun pendiriannya, Bio Farma telah berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa, khususnya Indonesia. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Bio Farma untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam program Imunisasi Nasional.

D. Bagaimana proses distribusi Vaksin, khususnya di Indonesia?
Bio Farma memiliki prosedur baku yg menjamin kualitas dan keamanan vaksin dalam proses pendistribusiannya.

1. Untuk vaksin yang masuk dalam program pemerintah, distribusi dilakukan melalui jalur pemerintah. Barang dikirimkan langsung ke pemerintah Provinsi untuk disebarkan ke RSUD, Puskesmas, Posyandu, dan fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah lainnya.

2. Untuk Rumah Sakit swasta dan pihak swasta penyedia pelayanan vaksinasi, distribusi dilakukan melalui distributor resmi yg telah terkualifikasi, distributor resmi dengan mengimplementasikan cold chain yang konsisten dan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) sehingga terjaga kualitas, keamanan dan efektivitas.

"Selama pengguna (konsumen) mendapatkan vaksin Bio Farma dari kedua jalur resmi tersebut, maka keaslian, kualitas, keamanan dan keefektivitasan produk vaksin terjamin"


E. Penting gak sih Vaksinasi untuk anak??
Ibu menurunkan antibodi pada anak-anaknya. Namun, imunitas tersebut hanya berlangsung selama satu bulan sampai satu tahun. Setelah itu, anak harus berjuang sendiri melawan beberapa penyakit yang semestinya dapat dicegah dengan vaksin. Jika seorang anak tidak divaksinasi dan terkena kuman penyakit, daya tahan tubuh anak mungkin tidak cukup kuat untuk melawat penyakit tersebut.
Selain itu, vaksinasi dapat membantu individu lainnya untuk melindungi kesehatan masyarakat sekitar, terutama bagi orang-orang yang tidak/belum diimunisasi.
Vaksin yang direkomendasikan untuk anak dan masuk dalam Lima Imunisasi Lengkap yang merupakan program dari Pemerintah, terdiri dari vaksin BCG, Hepatitis B, DPT, Polio, dan Campak.

Sumber :
haloapoteker.id
id.wikipedia.org


Sekian Thread sederhana dan sedikit cerita tentang Vaksin dari ane.
Mohon kritik dan sarannya yak sodara2 Kaskuser yang budiman, karena saya blm berpengalaman bikin Thread

emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan
Kalau Sekiranya Thread Ini Bermanfaat Boleh Kiranya Mohon Bantuan Rate dari Agan-Agan Sekalian
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Quote:



SEDIKIT INFORMASI TENTANG VAKSINASI DAN IMUNISASI,.sekalian menjawab pertanyaan dari agan
Quote:


ane coba jelasin sebisa ane ya gan,.
Imunisasi itu proses dimana kita dibuat kebal terhadap penyakit tertentu gan.
Imunisasi sendiri dibagi jadi dua gan :
1. Imunisasi Aktif
2. Imunisasi Pasif

IMUNISASI AKTIF disebut juga VAKSINASI , jadi vaksin dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang tubuh membentuk "ANTIBODI".

kalo IMUNISASI PASIF itu yang dimasukkan ke dalam tubuh bukan VAKSIN gan, tapi langsung "ANTIBODI" / serum. "ANTIBODI" ini diambil dari donor bisa manusia atau hewan yg sudah kebal thdp penyakit tertentu. Karena yang dimasukkan ke tubuh sudah berupa "ANTIBODI" jadi tubuh ga perlu berproses membentuk "ANTIBODI" sendiri.
IMUNISASI PASIF ini biasanya dilakukan pada keadaan darurat gan yg diperkirakan tidak cukup waktu untuk tubuh membentuk Antibodi, misal abis di gigit anjing,kucing,monyet dikasi imunisasi Rabies.
Tubuh kita butuh waktu sekitar 2 minggu untuk membentuk antibodi untuk melawan penyakit, maka buat keadaan darurat kaya rabies td dikasi IMUNISASI PASIF gan.

Untuk autisme ga ada hubungannya sama vaksinasi gan.
Semoga bisa diterima. emoticon-Maaf Agan


Tambahan dari agan
Quote:
Diubah oleh codenamerbm 04-07-2016 00:27
0
33.3K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan