bacoksaiAvatar border
TS
bacoksai
PERKEMBANGAN HONDA CBR150R | CBR250R | CBR600RR
permisi om mimin, momod, agan/aganwati, om hansip & guest semuanya emoticon-Big Grin
disini ane mau sharing tentang Honda CBR150R; CBR250R; CBR600RR
nah yg mau ane bahas adalah tentang sejarah & perkembangan dari motor Honda CBR150R; CBR250R; CBR600RR dari masa ke masa
ok deh, langsung aja cekibrot gan emoticon-Big Grin

Generasi Ke-1 CBR150R
Honda CBR150R hadir 14 tahun silam sebagai generasi penerus NSR 150R. Motor ini diproduksi di Thailand gan. Produk berbobot 115 kg ini mengusung mesin baru 4 tak 150cc DOHC bersistem bahan bakar karburator dan sudah mengaplikasikan ban tubeless.
Produk ini tidak sempat menjadi line up Astra Honda Motor. Namun atas kecintaan konsumen di tanah air akan model ini, lalu Importir Umum pada saat itu menanggapinya deh gan. Beragam varian warna dihadirkan selama periode waktu tahun 2002 – 2011 antara lain Red/Grey, Blue/Grey, Black/Grey dan Repsol

Generasi Ke-2 CBR150R
Honda CBR150R generasi kedua memberikan sensasi yang luar biasa gan, dengan desain baru yang lebih sporty dan tampilan yang berbeda dengan generasi yang sebelumya, membuat model ini dengan cepat merebut perhatian para pecinta motor sport di Indonesia deh. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dengan motor ini. Inspirasi Honda CBR 150R terbaru ini memang di ambil dari Honda CBR 1000RR dan sebagian dari Honda VFR1200F

Generasi Ke-3 CBR150R
Motor ini diproduksi pertama kali oleh PT. Astra Honda Motor, ukuran fisik Honda CBR150R memiliki dimensi 1.995mm x 711mm x 1.117mm dan wheelbase 1.296mm, membuatnya tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya gan. Untuk urusan performa, walaupun sama-sama memiliki kapasitas mesin DOHC 150cc, 4 valve dan 6 tingkat percepatan, namun Honda CBR150R generasi ketiga ini diklaim memiliki tenaga 12,6 kilowatt (KW) pada putaran mesin 10.500 rotasi per menit (rpm) serta torsi 13,0 Newton meter pada putaran 7.500 rpm, mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi hingga 131 km/jam, atau 1km/jam lebih tinggi dibanding versi sebelumnya gan... keren kan emoticon-Big Grin

Desain fairing CBR150R ini terkesan lebih dinamis, agresif & sporty, dan cenderung terinspirasi dari varian tertinggi motor sport Honda, CBR1000RR gan. Selain itu CBR150R memiliki double headlamp (dual keen eyes) dengan kapasitas bohlam masing-masing berdaya 35watt. Muffler yang digunakan juga lebih ramping dan panjang serta terdapat O2 sensor pada leher knalpotnya. Perubahan mencolok lainnya terlihat pada tipe rangka yang digunakan, CBR150R yang baru mengadopsi rangka Trellis dengan konsep diamond truss dengan beberapa modifikasi pada bagian bracket dan sub-framenya. Untuk suspensi belakang juga sudah mengadopsi monoshock dengan fitur Pro-Link Suspension, yang diklaim mampu mendukung kinerja motor terutama pada saat terkena goncangan, sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara saat bermanuver.
Generasi Ke-4 CBR150R
Dalam mengembangkan All New CBR150R generasi ke 4 yang diproduksi tahun 2016 ini memegang tiga dasar pengembangan gan, yaitu chasis, power dan design. Untuk chasis, Honda melakukan weight reduction and mass centralization agar motor lebih stabil dan ringan, hal ini tercermin dengan penggunaan chasis terbaru yang lebih ringan dan bahkan mampu memangkas bobot motor hingga 5kg dibandingkan dengan versi sebelumnya. Asyikk...

All New CBR150R menggunaan mesin DOHC 6-speed yang menghasilkan torsi besar di tarikan awal sampai menengah. Selain itu, kontrol power di motor ini juga diklaim lebih baik dibanding versi sebelumnya lho gan. Perbandingan kompresinya adalah 11,3 berbanding 1. Daya maksimum 126kW (17,1 PS/9000 rpm). Sementara torsi maksimumnya 13,7Nm (1,40 kgf.m/7000 rpm). Penggunaan mesin ini jelas akan menghasilkan kecepatan yang lebih besar dibandingkan versi lamanya. All New CBR150R juga diklaim lebih irit bahan bakar, dengan pengujian Euro3, konsumsi bahan bakar mencapai 38,7kpl.

Desain All New CBR150R menjadi daya tarik utama dari versi terbaru ini gan. Tampilan fairing yang lebih tajam, lebih rendah dan ramping untuk memberikan rider pandangan yang lebih jelas dengan jalanan. Penggunaan sistem lampu LED dan speedometer digital membuat tampilan motor ini terkesan lebih futuristik. Head Lamp yang didesain lebih sipit menjadikan tampilan depan motor ini semakin agresif. Posisi tempat duduk belakang yang dibuat lebih tinggi, dengan seat pengendara dan penumpang yang terpisah serta dihilangkannya rear grip membuat tampilan keseluruhan motor ini semakin sporty dan memberikan kesan seperti motor-motor balap. Makin keren deh pokoknya...

Fitur Honda CBR 150R Terbaru
1. Menggunakan Mesin DOHC 150cc, 6-Kecepatan, 4-Katup, 4-Langkah, dan teknologi PGM-FI, mampu menghasilkan kecepatan tinggi yang responsif, sangat irit bensin, juga ramah lingkungan
2. Menggunakan Rangka POLYGON yang ringan dan sangat inovatif. Di desain secara khusus dan presisi untuk menunjang kinerja mesin yang optimal dan mampu memaksimalkan kinerja sistem suspensi, sehingga menjadi lebih stabil, lincah, aman dan nyaman dalam mengenadarai Honda CBR 150R yang legendaris ini.
3. Mengaplikasikan radiator yang sangat canggih dengan didukung kipas elektrik yang bekerja secara otomatis menjaga temperatur seluruh bagian mesin tetap konsisten,  mampu menambah tenaga dan membuat mesin tetap terjaga dan awet.
Sistem suspensi Pro-Link layaknya CBR 250R memungkinkan guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan.Sistem suspensi Pro-Link yang di pakai di Honda CBR 150R ini membuat guncangan yang dirasakan saat berkenbagai kondisi jalan.

Generasi Ke-1 CBR250R (CBU)
Mengawali tahun 2011, PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda CBR250R, sepeda motor sport premium yang akan menjadi flagship model di Indonesia gan. Model ini dipasarkan untuk menjawab permintaan konsumen terhadap produk sepeda motor sport premium yang memadukan kecanggihan teknologi dan gaya sporty mewah kelas dunia.
Honda CBR250R tampil dengan konsep desain generasi terbaru dari Honda untuk motor sport full fairing yang dirancang dari bentuk dinamis dan sporti berdasarkan “Mass Centralization Form” serta terinspirasi dari model Honda VFR1200F dan CBR1000RR. Konsep ini memungkinkan pencapaian aerodinamika yang jauh lebih efisien, kemudahan bermanuver, sekaligus tampilan yang sporti dan mewah juga gan..

Dari sisi dapur pacu, Honda CBR250R didukung dengan mesin baru 250cc, 6-kecepatan, DOHC, 4-valve, silinder tunggal, berpendingin cairan (liquid-cooled). Mesin ini menghasilkan performa dan respon tarikan yang optimal serta hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dan memenuhi standar emisi gas buang Euro 2 lho.
Dalam hal fitur, Honda CBR250R merupakan motor pertama di dunia di kelasnya yang menerapkan teknologi Combined-ABS gan, yaitu sistem pengereman yang memadukan antara Combi Brake System dengan Antilock Braking System. Sistem ini menghasilkan performa pengereman yang efektif pada saat pengereman mendadak maupun pada kondisi jalan yang licin sehingga meningkatkan stabilitas kontrol terhadap kendaraan.
Untuk melengkapi kenyamanan berkendara, Honda CBR250R dibekali sistem Pro-Link untuk suspensi belakang. Sistem ini akan membuat goncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja Pro-Link yang berkarakter progresif. Honda CBR250R kemudian mengalami penyegaran di tahun 2013 nih gan, dengan menghadirkan tampilan yang lebih berkelas dan macho yang dibalut dalam tampilan warna velg dan cover knalpot berwarna hitam.

Generasi Ke-2 CBR250R

Kompetisi yang kian ketat menjadikan momentum kelahiran Honda CBR205R CBR250R generasi terbaru di bulan Mei 2014.Honda CBR250R teranyar ini memiliki sejumlah penyegaran yang terinspirasi dari motor sport Honda CBR1000RR. Sejumlah fitur canggih-pun melekat di motor ini, termasuk desainnya yang terlihat semakin agresif dan mesin yang lebih bertenaga.

"Kami menghadirkan All New Honda CBR250R terbaru yang memadukan kecanggihan teknologi dan gaya sporty mewah kelas dunia. Sebagai motor sport premium, model ini kami yakini dapat semakin memberi kebanggaan dan kesenangan saat dikendarai," kata Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor saat peluncurannya di Jakarta lalu gan. Konsep motor ini mampu menghasilkan pencapaian aerodinamika yang jauh lebih efisien dalam meningkatkan performa.


Adapun perubahan yang terjadi pada All New Honda CBR250R di antaranya, lampu depan ganda (dual keen eyes headlight), cover bodi samping dan cover bodi belakang yang didesain lebih agresif dan sporty, serta knalpot baru dengan desain silinder sporty berlapiskan krom. All New Honda CBR250R dilengkapi sistem pengereman yang canggih, Anti-Lock Braking System (ABS). Selain itu, untuk memberikan kenyamanan berkendara, motor ini dibekali dengan sistem suspensi Pro-Link yang dapat disesuaikan tingkat kekerasannya sesuai kebutuhan pengendara.Untuk jantung pacu, All New Honda CBR250R tetap mengusung mesin 250cc didukung oleh mesin DOHC, 4-katup, 6-kecepatan, silinder tunggal, liquid-cooled. Kendati demikian, tenaga yang dihasilkan masih lebih besar 1 kW dari generasi sebelumnya yaitu mencapai 21 kW pada 9.000 rpm dengan torsi 23 Nm pada 7.500 rpm lho gan. Tambah keren deh pokoknya emoticon-Big Grin


“Honda CBR 600RR History”
Pada tahun 1987, Honda Hurricane 600 menyapu lanskap motor sport, meniup setiap mesin lain di kelas menengah. CBR600 pertama ini, memiliki mesin yang benar-benar revolusioner, mengangkat standar kelas mesin ke tahap ketinggian yang lainnya, membangun kepercayaan kinerja mesin yang sangat mengesankan dan tertanam kuat sebagai tolok ukur dasar di kelasnya.
Hebatnya lagi Ni gan,CBR600F memenangkan dan menyapu bersih ke semua sembilan balapan pada tahun 1987 kelas 600 SuperSport di trek seluruh Amerika. Seperempat abad berikutnya tetap terlihat inovasi teknis berkelanjutan sebagai CBR600 yang kian berkembang, dan setiap generasi selanjutnya selama berturut-turut terus mengumpulkan angka penjualan dan hasil balap yang mengesankan di seluruh dunia.

“2001 CBR600F4i”
Aplikasi PGM-FI ditekankan dengan huruf ‘i’ pada seri CBR ini.’ Model dengan berat sekitar 167 kg, merupakan yang paling ringan dan paling kuat pada kelas menengah yang pernah Honda ciptakan. MIGUEL DUHAMEL mencatatkan reputasinya sebagai pengendara motor SuperSport 600 paling sering menang dalam sejarah.

Keunggulan: starter digital baru, saluran udara dual-stage yang lebih besar dan redesign exhaust serta Kerangka Pro Frame alumunium yang lebih kokoh
“2003 CBR600RR”
Seri RR menggunakan teknologi terbaru MotoGP dan mengadopsi teknologi dari RC211V menjadikannya seri paling fokus dalam sejarah CBR.

Keunggulan:Mesin inline-4 yang compact menggunakan exhaust dan teknologi Dual Stage Fuel Injection (PGM-DSFI) RC211V,Kerangka dilengkapi garpu depan besar (45mm) dan suspensi belakang Unit Pro-Link
“2005 CBR600RR”
Pelajaran yang diambil pada arena balap menciptakan sebuah model yang lebih tajam, CBR600RR, pada tahun 2005. Model ini memiliki tampilan depan body yang baru dan lebih aerodinamis pada perubahan rangka, serta frame alumunium baru, lengan ayun serta peredam kejut belakang. Treatment permukaan piston baru untuk mengurangi gesekan. Meningkatkan aliran fuel injection untuk mencocokkan perubahan sistem intake dan exhaust.

Desain baru untuk performa yang lebih baik dan lebih ringan. Keunggulan: Kaliper rem depan yang terpasang secara radial. Upside Down sebesar 41mm. Port Intake baru. redesign saluran pembuangan,frame, sub-frame,triple-clamp serta Pemasangan swingarm, two-piece shock untuk berat yang lebih ringan

“2009 CBR600RR”
CBR600RR yang didesain khusus untuk motor supersport.2007 adalah tahun pertama bagi generasi CBR600RR ini dan menerima desain ulang secara menyeluruh dari generasi sebelumnya. Benar-benar baru dengan mesin yang lebih kuat dan lebih ringan.

Keunggulan: dilengkapi dengan Combines ABS (Anti-lock Braking System),Perbaikan mesin dan sistem pembuangan meningkatkan tenaga, kaliper depan four-piston monoblock yang terpasang radial meningkatkan tenaga untuk berhenti, dan body baru menambah tampilan balap

“2013 CBR600RR”
CBR600RR tahun 2013 terlihat lebih berbeda dan parameter performanya pun meningkat tajam. Ini juga tahun pertama Honda menawarkan Edisi Repsol untuk lineup CBR600RR.

Keunggulan: Tingkat efisiensi aerodinamisnya memberikan pengendalian yang lebih gesit dan peningkatkan pada defleksi angin untuk meningkatkan kenyamanan pengendara.
Menggunakan pengetahuan desain dari program balap MotoGP oleh Honda, CBR600RR tahun 2013 terlihat lebih berbeda dan parameter performanya pun meningkat tajam. Tingkat efisiensi aerodinamisnya memberikan pengendalian yang lebih gesit dan peningkatkan pada defleksi angin untuk meningkatkan kenyamanan pengendara. Ini juga tahun pertama Honda menawarkan Edisi Repsol untuk lineup CBR600RR.

http://www.welovehonda.com/CBR150R/
http://www.welovehonda.com/CBR250R/
http://welovehonda.com/cbrseries/cbr600rr
sekian dulu dari ane emoticon-Big Grin
budayakan komeng yg bermutu gan emoticon-Cool
kalo berkenan mohon di emoticon-Rate 5 Star
dan di guyur emoticon-Toast
tapi jgn dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)
SUMBER
www.welovehonda.com/cbrseries
0
71.5K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan