Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Lagu Lelaki Kerdus, dari kisah nyata hingga perlakuan salah

Tangkapan layar video musik Lelaki Kerdus.Catatan redaksi: artikel ini tidak memuat video Lelaki Kerdus, agar tidak ikut menyebarnya. Namun, pada pengujung tulisan, termuat lirik lagu Lelaki Kerdus, untuk melengkapi konteks cerita.
Beberapa hari terakhir, sebuah video musik berjudul Lelaki Kerdus bikin heboh jagat media sosial. Dalam video itu, tampil seorang anak perempuan membawakan lagu tentang kegagalan rumah tangga.

Lelaki Kerdus dimainkan dalam irama dangdut, dengan suara lirih sang penyanyi. Liriknya secara eksplisit menceritakan kisah perselingkuhan seorang ayah, dan derita ibu yang dimadu. Bukan cuman itu, sejumlah makian juga termuat dalam liriknya.

Di salah satu kanal YouTube, video musik itu sudah disimak lebih dari 60 ribu kali, Kamis (30/6/2016). Capaian itu didapat sehari sesudah video diunggah pada Rabu (29/6).

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPA Indonesia) --sebelumnya dikenal bernama Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA)-- turut mengecam video ini.

"Menampilkan anak-anak pada tayangan dan nyanyian bertema dewasa dapat disetarakan sebagai bentuk perlakuan salah terhadap anak," kata Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak LPA Indonesia, Reza Indragiri Amriel, dilansir CNN Indonesia.

Netizen juga terpantau membincangkan lagu Lelaki Kerdus dalam nada-nada negatif. Kebanyakan dari mereka sependapat bahwa lirik lagu itu tak patut dinyanyikan anak-anak.
Nih anak kenapa ga dikasih lagu yang sesuai usianya aja sih?! [URL="https://S E N S O RouooieuvjY"]https://S E N S O RouooieuvjY[/URL]
— Tukang Ponten™ (@umenumen) June 28, 2016Ini link video si anak kecil yg nyanyi ngawur itu. Kita report ke youtube yuk. klik kanan atas videonya dan report [URL="https://S E N S O RYLUkXvH769"]https://S E N S O RYLUkXvH769[/URL]
— Agnes Marlita (@AgnesMarlita) June 29, 2016Abis ntn video ini, kayanya banyak org hrs stop pny anak dulu sampe bener2 ngerti how to raise ur children right. [URL="https://S E N S O RGcqyHCoZ4K"]https://S E N S O RGcqyHCoZ4K[/URL]
— Valdya Baraputri (@valdyabara) June 29, 2016Have you watched this??! Dear people, please stop being a complete retard. [URL="https://S E N S O RGcqyHCoZ4K"]https://S E N S O RGcqyHCoZ4K[/URL]
— Valdya Baraputri (@valdyabara) June 29, 2016LAGU ANAK MACAM APA INI?Lelaki KERDUS - Nova Rizqi Romadhon [URL="https://S E N S O RwEoVnIg9Yn"]https://S E N S O RwEoVnIg9Yn[/URL] lewat @YouTube
— Anji MANJI - (@duniamanji) June 28, 2016[URL="https://S E N S O RxtuCLP7z1X"]https://S E N S O RxtuCLP7z1X[/URL]. Saya gak tahu harus ngadu ke siapa!ini lagu yg nyanyikan anak2 tapi isinya maki2 bapaknya,lagu ini hrsnya dilarang
— Ezki Suyanto (@ezkisuyanto) June 28, 2016
Terinspirasi kisah nyata

Adapun Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengaku telah berkomunikasi dengan pencipta lagu tersebut. Konon, Lelaki Kerdus terinspirasi kisah nyata kehidupan seorang anak dan ibu di Bangkalan, Madura. Sang pencipta lagu, sejak empat tahun lalu telah menikahi ibu tersebut, sekaligus mengurusi anaknya.

Ihwal lagu itu, KPAI menyebutnya tak bisa dibenarkan meski terinspirasi kisah nyata. "Walaupun kisah nyata, visualisasi dengan lirik tentang perceraian dan dengan bahasa yang kasar jelas melanggar etika dan moral perlindungan anak," kata Ketua KPAI, Asrorun Niam, dikutip detikcom.

Label "kisah nyata" juga dibenarkan Nurul, ibu dari anak perempuan yang menyanyikan Lelaki Kerdus. Menurut detikcom, Nurul berang saat lagu ini jadi sorotan publik. Menurutnya tak ada yang perlu ditakutkan dari lagu tersebut.

"Memangnya kenapa? Biar saja menyanyikan lagu. Ini terinspirasi kisah nyata," kata Nurul. Saat ini, anak perempuan yang menyanyikan Lelaki Kerdus sudah berusia sekitar 15 tahun. Adapun video musiknya dibuat sejak beberapa tahun silam.

Menurut Nurul, anaknya juga kerap manggung, menghibur orang dengan bernyanyi. "Sekarang lagi libur puasa, enggak manggung dulu. Biasanya manggungnya sampai ke Malang," kata warga Bangkalan itu. Ia juga berharap heboh Lelaki Kerdus tak sampai bikin anaknya berhenti bernyanyi.

Merujuk keterangan LPA Indonesia, video musik ini bisa dikategorikan "perlakuan salah" yang bisa bertentangan dengan Undang-Undang No.35/2014 tentang Perlindungan Anak.

"Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melibatkan, menyuruh melibatkan Anak dalam situasi perlakuan salah dan penelantaran," demikian larangan yang termuat dalam pasal 76B. Pelanggaran atasnya bisa diancam dengan pidana penjara, paling lama lima tahun, dan/atau denda paling banyak Rp100 juta.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi akan meminta Google menghapus video tersebut di YouTube. Sebelumnya, pencipta lagu ini sudah dihubungi dan langsung menurunkan video tersebut. Meski demikian, video itu telanjur tersebar melalui akun-akun lain.

"Karena sudah banyak yang mengopi maka lagu tersebut masih ada di YouTube. Karena itu Kominfo akan mengirim surat ke YouTube untuk menghapus videonya," kata Kepala Pusat Informasi dah Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu.
Lirik Lelaki Kerdus:Bappakku kimpoi lagi Aku ditinggalinAku sakit hatiIbuku diduainIbuku minta ceraiTapi dipukulinBapakku pengkhianatIbuku dibohonginLelaki kardusLelaki karpetLelaki k*ncr*tLelaki bangkrutLelaki m*ncr*tLelaki k*rb*tLelaki b***sat


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...erlakuan-salah

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan