“Ngapain sih kuliah komunikasi?”
“Komunikasi aja pake dipelajarin”
Kalau Agan mengartikan komunikasi itu hanya sebatas public speaking, Agan salah besar! Cakupan komunikasi lebih luas daripada itu dan lulusannya pun punya prospek karier yang oke, Gan.
Quote:
- Semasa kuliahnya, para penyandang gelar S.I.Kom (atau S.Sos) mempelajari ilmu komunikasi sesuai konsentrasi yang diambil. Umumnya konsentrasi ini terbagi menjadi Public Relations atau Hubungan Masyarakat, Marketing atau Pemasaran, Advertising atau Periklanan, Broadcasting dan Journalism, dan lain-lain.
Quote:
- Peluang kerja untuk lulusan komunikasi tersedia di berbagai sektor. Hampir semua industri nyari lulusan komunikasi deh, Gan. Bahkan gak cuma swasta dan BUMN, tapi juga lembaga pemerintahan, misalnya sebagai staff Humas.
Quote:
- Asyiknya kalau udah menekuni ilmu komunikasi itu, saat cari kerja Agan bisa masuk ke ranahnya konsentrasi lain. Karena Agan sama-sama punya basic komunikasi dan selama beberapa semester di perguruan tinggi Agan mempelajari semua konsentrasi yang ada.
Quote:
- Ilmu komunikasi gak akan pernah ketinggalan jaman, Gan. Misalnya, sekarang kan lagi eranya digital nih. Nah, perusahaan pun mencari lulusan-lulusan marketing untuk megang digital atau social media marketing, Gan. Bahkan sekalipun kita mengira dunia periklanan akan mati, para pekerja advertising cukup lari ke format iklan digital.
Quote:
- Banyak bidang komunikasi yang penghasilannya tinggi, Gan. Misalnya, jadi konsultan di advertising agency, atau marketing sales. Bahkan ane lihat
di sini, beberapa perusahaan bukan cuma ngasih gaji tinggi untuk karyawan sales, tapi juga bonus berlimpah, dan ada juga yang memberikan fasilitas kendaraan, Gan! Cek sendiri deh kalau gak percaya.
Jadi sudah terjawab kan, Gan?