Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EntrepreneureAvatar border
TS
Entrepreneure
(Renungan Mudik) Alasan Mengapa Kota Maju vs Daerah Tertinggal


Jelang lebaran seperti ini, kafilah manusia berbondong-bondong bergerak dari kota menuju ke kampung-kampung. Kota-kota yang jadi pusat kegiatan mencari nafkah, ditinggalkan sejenak. Desa dan kampung, dibanjiri warga yang lama merantau.

Pulang kampung alias mudik, budaya ini sudah mengakar urat dalam denyut sosial masyarakat Indonesia.

Di tengah prosesi mudik tersebut, ada banyak cerita. Salah satu hal yang kita saksikan adalah, wajah daerah atau desa yang begitu-begitu saja. Jauh misalnya dengan Kota Bandung atau Surabaya. Perbedaan kian terihat jomplang jika kita membandingkan daerah di Jawa dan Luar Jawa.

Pengalaman TS yang mudik ke daratan Sulawesi mislanya, harus melewati bandara-bandara yang kecil nan sepi. Jalanan pun bergelombang bak naik perahu di musim pancaroba. Kondisi seperti ini, banyak terjadi di daerah (terutama luar Jawa).

Ada banyak variabel yang menjadi akar masalah mengapa kota berkembang maju sementara daerah tetap tertinggal. Tapi ini bukan karena gelar “kota” atau “daerah”. Sebab faktanya, ada daerah di Sulawesi setingkat kabupaten seperti Bantaeng yang sukses ditata dan dibangun. Pun di Jawa Timur, ada Kabupaten Banyuwangi yang kepemimpinan bupatinya banyak diperbincangkan.

Menurut pemikiran TS, hal-hal berikut paling tidak memberi sumbangsih mengapa kota berkembang pesat sementara di saat yang sama, daerah jalan di tempat dan bahkan ada yang kian hancur.


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Demikian dulu sekilas refleksi dari TS, semoga bermanfaat. Selamat mudik dan membangun daerah. Ane tunggu emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari gan-sist sekalian emoticon-Toast
Diubah oleh Entrepreneure 29-06-2016 09:33
wisudajuni
wisudajuni memberi reputasi
1
3.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan