BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Fakta seputar mandi

Mandi adalah aktivitas menyegarkan. Bonusnya tubuh bersih dan harum.

Preferensi orang soal mandi bisa berbeda. Bisa saja mandi adalah prioritas di negara tropis seperti Indonesia. Namun tidak di Eropa yang sejuk.

Hal ini pernah dibuktikan Euromonitor lewat polling yang diikuti 6.000 konsumen dari seluruh dunia. Hasilnya, kebiasaan mandi berbeda-beda di banyak negara dan benua.

Ternyata, orang-orang di Indonesia, Jepang, dan India adalah yang paling rajin mandi. [URL="http://www.treehugger.com/organic-beauty/how-often-rest-world-showers.html "]Orang di Indonesia, khususnya[/URL], adalah yang paling banyak mandi menggunakan spons.

Dilihat dari aspek gender di beberapa negara, riset SCA membuktikan adanya perbedaan. Secara umum perempuan lebih sering mandi dari pria. Kecuali di Swedia, dimana pria cenderung lebih rajin mandi.

Apapun, intinya mandi diperlukan untuk menghilangkan bau, debu, dan sel kulit mati. Selain menjaga kesehatan, kebersihan dan kerapian penampilan juga jadi tujuan.

Nah, menurut para pakar, Anda bisa saja memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang mandi. Simak apa kata mereka agar mandi membawa manfaat baik dalam infografik.

Simak apa kata para pakar agar mandi bermanfaat baik.
Frekuensi

Menurut John Oxford, Profesor Virologi di Queen Mary's School of Medicine and Dentistry, Anda tidak disarankan terlalu sering mandi. Ini bisa menyebabkan minyak alami kulit yang membantu menjaga kelembapan dapat terkikis, kulitpun kering.

Durasi

Saran dari Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, mandi tidak lebih dari 20 menit. Setelah itu jaga kelembapan kulit, pakailah lotion setelah mandi, saat pori-pori terbuka.

Sabun

Dr Robyn Chutkan dari Digestive Center for Women, Maryland juga menyarankan Anda rajin mencuci tangan. Sebisa mungkin dengan air hangat, selama 20 detik. Ini akan mengusir virus dan bakteri. Anda tidak perlu memakai cairan pembersih tangan.

Sementara itu menurut Dr Mahto, kulit Anda menipis seiring usia. Jadi kurangi penggunaan sabun bertahap untuk menghindari kulit kering mengelupas.

Pancuran

Selain harus berhati-hati menggunakan pancuran, gunakanlah wastafel untuk membersihkan wajah. Pakar perawatan kulit Kaye Scott bilang cipratan air keran wastafel dapat membantu menutup pori-pori dan merangsang sirkulasi.

Penggosok tubuh

Kata dermatologis Sam Bunting sel kulit mati bisa menempel di loofah atau pouf. Bersihkan dengan cara basahi, masukkan ke microwave 30 sampai 60 detik. Atau cuci dengan mesin dan keringkan. Simpan di tempat terbuka.

Keramas

Panasnya air dan menggosok kulit kepala terlalu keras akan mengaktifkan kelenjar sebaceous. Menurut Andrew Barton, penata rambut di Urban Retreat, Harrods ini membuat rambut berminyak. Lebih baik Anda menggunakan air suam-suam.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...-seputar-mandi

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
60.2K
378
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan