kururu52Avatar border
TS
kururu52
Perang Aplikasi Mobile Messenger Di Indonesia
Introduce
Malam hari sehabis pulang dari kantor, tak sengaja salah satu kru KotakGame mencari siaran televisi yang bagus untuk disaksikan. Namun karena belum sempat menemukan, otomatis mengganti beberapa channel televisi dan menemukan beberapa iklan aplikasi messenger. Tiga nama tersebut adalah Line, Kakao Talk dan WeChat. Dari tiga nama aplikasi inilah tercetus ide bagaimana bila nama feature kali ini perang aplikasi mobile messenger di Indonesia.emoticon-Cek PM (S)emoticon-Cek PM (S)

Bagi yang lupa dengan penampakan iklan ataupun ingin melihat kembali, silahkan saja lihat ketiga iklan tersebut dibawah ini.\







Bagaimana sudah mengingat belum dengan ketiga aplikasi diatas. KotakGame yakin salah satu atau bahkan ketiga aplikasi tersebut sudah ter-install di smartphone kalian. Pada dasarnya ketiga aplikasi diatas memang mempunyai fungsi utama sebagai pengganti layanan SMS terasa sangat kuno dan monoton. Disamping itu juga aplikasi messenger seperti Line, Kakao Talk dan WeChat menawarkan user interface menarik, game sosial dan masih banyak lagi. Ingin tahu fitur andalan masing-masing aplikasi tersebut,

WeChatemoticon-Cek PM (S)

WeChat atau lebih dikenal Weixin di negara Cina, aplikasi messenger yang dirilis oleh Tencent Holdings pada bulan Januari 2011. Pada awalnya aplikasi hanya bisa digunakan di negara Cina, berhubung pihak pengembang ingin meluaskan wilayah operasinya. Maka di bulan Oktober 2011 dibuka berbagai bahasa tambahan seperti Inggris, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnamm dan Rusia. Dalam proses penambahan bahasa inilah Weixin kemudian berganti nama menjadi WeChat.

Keunikan aplikasi WeChat adalah bisa digunakan menggunakan Wi-Fi, 2G, 3G, dan 4G. Dengan kata lain aplikasi ini sangat universal, maka tak aneh bila Tencent merilisnya mulai dari Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone dan Symbian. Ok sekarang masuk ke fitur andalan dari aplikasi WeChat yuk!

Video Call
ntuk bisa menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dulu apakah aplikasi WeChat di smartphone kalian sudah ter-install minimal 4.2, begitu juga lawan bicara kita. Sedikit informasi, jika ingin menggunakan fitur Video Call dengan nyaman, pastikan sinyal jaringan kalian antara 14-21k/sec. Jika kurang dari angka itu, sudah dipastikan komunikasi tidak akan berjalan mulus atau patah-patah. Bila lebih amannya sih KotakGame sarankan menggunakan koneksi Wi-Fi saja di rumah, di pusat foot court dalam mall juga asik kok ^_^.



Shake
Mungkin untuk kalangan pengguna WeChat awal agak sedikit kurang mengerti fungsi fitur ini. Kegunaan fitur ini adalah menambahkan daftar teman kalian di dalam aplikasi WeChat dengan cara menggoyangkan smartphone. Fitur ini bisa digunakan jika ada orang lainnya sama-sama sudah ter-install WeChat. Jika merasa tak menemukan kecocokan, kalian bisa menggoyang dari ulang smartphone. Mudah kan?

Voice Messaging
Rasanya tak perlu dijelaskan kembali fitur ini sebab di iklan saja sudah ada kok. Bila bosan chatting dengan teman hanya menggunakan teks ataupun sebuah gambar. WeChat menawarkan fitur dimana kalian bisa saling berkomunikasi lewat suara yang dikirim. Ya bisa dikatakan fitur ini sebagai pengganti fungsi walkie talkie.


Look Around
Sedang tersesat dan bingung bertanya kepada siapa. Tenang WeChat memberikan sebuah kemudahan lewat fitur Look Around. Dengan menggunakan fitur ini kalian bisa mencari teman di sekitar kalian atau malah teman yang mungkin di kenal.
Drift Bottle[/B
Sering menonton film drama korea atau film barat lainnya yang sering menampilkan adegan membuang pesan botol ke lautan, yup terinspirasi dari inilah fitur ini tercipta. Cara kerjanya fitur ini adalah mengirimkan sebuah pesan suara di botol lalu menunggu orang lain mengambilnya atau malah menolaknya (sedih). Bagi yang sedang mencari pasangan atau malah teman lawan jenis, KotakGame rasa fitur ini menarik untuk dicoba, siapa tahu bisa dapat pacar hehehehe.


[B]Facebook Connect

Fitur standar yang selalu hadir di tiap aplikasi messenger yakni integrasi Facebook. Dengan kerjasama dengan layanan jejaring sosial, kalian bisa mengundang teman lainnya yang memiliki akun Facebook. Meskipun fitur ini sangatlah umum, namun cukup efektif bagi yang ingin mengundang teman secara cepat dan tanpa ribet.



Group Chat

Inilah fitur utama yang diincar oleh pengguna smartphone, Group Chat. Lewat fitur ini kalian bisa mengobrol dengan beberapa orang sekaligus di dalam grup, batas maksimal yang bisa ditampung oleh WeChat hanya mampu 40 nama.



Moments

Moments, fungsinya sih tak jauh beda dengan Instagram. Kalian mem-posting berbagai gambar ke teman-teman lainnya. Fitur ini memang sering digunakan para remaja ataupun orang dewasa untuk sekedar narsis. Bahkan teman lainnya bisa berinteraksi dengan memberikan tanda like ataupun komentar singkat


Emotions
Kustomisasi emotion merupakan salah satu fitur favorit setiap aplikasi messenger tak terkecuali WeChat. Ada puluhan pilihan emotion yang sudah disediakan WeChat, bahkan pengguna bisa menambahkan sendiri jika dirasa masih kurang denga menggunakan foto pribadi.

sisa nya di bawah ya emoticon-Kiss

credit by kotakgame.com
Diubah oleh kururu52 04-06-2013 08:16
0
4.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan