smileface09Avatar border
TS
smileface09
Rasanya Jadi Jurnalis CNN Indonesia.com (Part 1)
Permisi agan-agan dan para suhu,

Ane Newbie mau numpang ngepos thread ane yg pertama nih, semoga ada manfaatnya.

Rasanya Jadi Jurnalis CNN Indonesia.com (Part 1)

Okey gan, jadi ceritanya gini. Setelah ane lulus dari dunia kampus, terjunlah ane ke dunia kerja. Dengan hasrat menggebu-gebu buat dapetin penghasilan sendiri, ane yakin hampir semua mahasiswa yg baru lulus or fresh graduate pasti pernah ngerasain ituu.

Tapi ya kadang keinginan suka jauuuh dari kenyataan, ada yg nunggu sebulan, dua bulan, tiga bulan bahkan hingga satu tahun buat dapetin kerjaan. ane sendiri nunggu sampe sebulan buat diterima kerja setelah wisuda. Pas selesai wisuda itu ane diterima di Jawa Pos TV dan Republika. ane sempet galau karena harus milih salah satu dari media tersebut. Jawa Pos TV itu media baruuuuu banget dibentuk, yaaa walaupun koran Jawa Pos udah ada dari zaman Ken Arok, Patih Gadjah Mada gitu deh. Tapi emang buat TV nya pas ane lulus baru dibentuk. Studio belom ada, kru belom ada, peralatan belom ada. Sedangkan Republika, semua udah tersedia, udah punya nama, sistem udah ada, semuanyaaa udah terencanaa, Tapi pada akhirnya ane milih Jawa Pos TV karena berbagai pertimbangan, sayangnya ga lama setelah itu ane resign ke CNN Indonesia.com akibat suasana kantor Jawa Pos TV yg ga kondusif gan.

So, CNN Indonesia.com itu bukan tempat pertama ane kerja ya gan. CNN Indonesia.com itu ibarat orang ketiga bagi ane sama Jawa Pos TV, ketika ane lagi mesranya sama Jawa Pos TV, dia datang tanpa diundang, tsaaaaaaahhhh.

Tapi emang gitu gan, jadi awal ceritanya gini, Jawa Pos TV itu kan masih baru, jadi kerjaannya masih gabut, bahkan ke kantor pun ga ngapa-ngapain, serius deh cuma duduk-duduk ajah. Ane yang ada di posisi itu ngerasa ga nyaman karena hasrat ane untuk kerja jadi jurnalis kayak liputaan, wawancara, jalan-jalan (#eh), ga tersalurkan. Alhasil, ane coba apply ke CNN Indonesia dan dapet panggilan.

Ketika dapet panggilan itu, yaudah ane coba ajah ikut tess, waktu itu peserta yg ikut tes ada sekitar 20 orang. Seinget ane waktu itu ada 3 sesi psikotes deh buat masuk CNN, psikotesnyaa itu soal kepribadian, angka, sama gambar kalo ga salah. Selesai itu, ane sama peserta lainnya langsung interview sama HRD. Seperti biasa dipanggil satu-satu, pertanyaannya standarlah, sekitar motivasi dari jurnalis, personality, sama pengetahuan soal CNN. udah deh tuh abis itu pulang. Ane alesannya sih sakit ke Jawa Pos TV. hhehehehe

Seminggu kemudian, ane dipanggil lg sama CNN buat interview user. Yauddah ane sanggupin, ane dateng buat interview, dari sekitar 20 peserta yang diterima cuma dua orang, ane sama satu lagi temen ane, tp beberapa saat kemudian dateng lagi 2 orang, tp mereka ga psikotes bareng ane, mereka katanya tes di hari sebelumnya, jadi total 4 orang yang diterima entah dari total berapa peserta. dan semuanya cwo yg diterima.

Akhirnya,giliran ane lah yang dipanggil ke dalam ruangan. ane kaget ketemu bapak-bapak gondrong pake kacamata, kulit putih, agak sipit, yg awalnya ane kira itu siapa dan belakangan ane tau itu adalah pemred dari CNN Indonesia.com yaitu mas Yusuf Arifin alias mas Dalipin. Awalnya ane kira itu orang dari luar negeri dan ane kudu siap-siap ngomong bahasa inggris atau Mandarin. eh, ternyata mas Dalipin ini orang Jawa tulen, asal Jogja kalo ga salah. Logat Jawanya ajah masih berasa bgt. Jadinya pake Bahasa Indonesi plus Jawa deh.

Mulailah interview, sebenernya pertanyaanya mirip sama HRD, cuma ada beberapa pertanyaan kayak ngetes gitu, ane yg belom tau itu PEMRED ngerasa selow ajah ngehadepinnya, lgian waktu itu ane juga nothing to lose soalnya masih kerja di Jawa Pos TV. Mas Dalipin banyak nanya hal-hal pribadi sama pengetahuan jurnalisme. Sampai diujung interview, dia minta tulisan yang pernah ane buat. Untungnya, waktu itu ane sempet ngeprint tulisan ane pas magang waktu kuliah. Yaudah ane kasih ajah, dia sempet baca tulisan ane sambil ngangguk-ngangguk abis itu interview selesai.

Yaudah kehidupaan berjalan seperti biasa, ane tetep kerja di Jawa Pos TV yg mulai banyak intrik di dalemnya. Seminggu kemudian, HRD CNN nelpon ane, dia ngasih tau ane kalo ane diterima dan harus tanda tangan kontrak klo mau terima jadi reporter CNN. Saat denger kabar itu, ane seneng sekaligus galau. Akhirnya, ane minta HRD jelasin gimana gambaran kontrak kerjanya sama apa yang ane dapet dari CNN, setelah dijelasin ane minta waktu buat ngobrol sama orang tua.

Semenjak itu ane jadi Galau Maksimal, dulu ane harus milih antara Republika atau Jawa Pos TV, sekarang Jawa Pos TV atau CNN Indonesia. Setelah ngobrol sana sini, bermunajat, bertapa, akhirnya ane memutuskan untuk bergabung CNN. Ane pun resign dari Jawa Pos TV dan TTD Kontrak di CNN.

Tibalah hari pertama ane kerja di CNN sebagai News Developer itu istilah Reporter di CNN karena ane nantinya kerjanya ga cuma nulis, tapi harus foto dan bikin video makannya disebut News Developer (ND). Hari pertama, ane diajak HRD kenalan sama semua awak redaksi yang ada di CNN, hampir 50 kali ane ngejabat tangan karena emang dikenalin satu-satu. Oiya, dari 4 orang yg interview user akhirnya cuma 2 orang yg diterima.

Abis perkenalan, ane disuruh nunggu. Kira-kira hampir sejam ane nunggu, sampe akhirnya ada seorang mbak-mbak berambut pendek, tampilan tomboy yg nyamperin ane dan itu adalah Mbak Yoko (kayak pendekar gitu yak namanya) tapi emang itu nama aslinya nama panjangnya Yoko Sari, dia menjabat sebagai redaktur pelaksana untuk rubrik/kanal internasional dan olahraga, serta merangkap sebagai redaktur video.

Akhirnya, waktu itu ane ditempatin di desk Internasional, ane sempet kaget sih karena itu diluar perkiraan ane. Jadilah ane kenalan dengan awak redaksi Internasional, ane kira jumlah awaknya banyak secara kan CNN bawa nama media luar negeri yak. Eh, ternyata cuma ada 4 orang. ame kenalan sama Mbak Ike Agestu, dia itu redaktur kanal internasional, jadi semua issu internasional sama berita internasional yang mau ditulis harus lewat persetujuan dia. Yang ane tau dia sebelumnya pernah kerja sebagai reporter di TV One, yaa seperti yang banyak orang tau, reporter TV passti good looking lah, terus ane kenalan sama Amanda Puspita Sari alias Manda, dia itu bekerja sebagai writer, writer itu istilahnya orang yang memeriksa tulisan reporter, menulis ulang, sampai mengupload ke situs CNN, dia juga dulunya reporter, jadi writer itu seperti jenjang karir setelah reporter atau ND. Ketiga, ane kenalan sama Mas Denny Armandhanu, dia juga writer, sebelumnya kerja di Viva. Dan ternyata reporter/ND di kanal internasional itu cuma satu, yaitu ane doangggg. Ahasil, kanal internasional itu isinya cuma 4 orang.

Tapi ya maklum juga sih isinya cuma 4 orang, soalnya kerjanya kanal Internasional ini cuma translate/nyalin/nyadur berita dari situs luar negeri. Ane yang dijadiin reporter ajah ga pernah kemana-mana, cuma duduk di depan komputer selama 8-10 jam setiap hari buat kerjain berita translate dan itu diluar ekspektasi ane banget. Soalnya dipikiran ane yang namanya jurnalis itu cari berita ke luar, liputan, ketemu narasumber, ga cuma di kantor doang.

Ada sih waktunya reporter Internasional keluar kantor, itu juga seminggu sekali antara hari Kamis atau Jumat karena hari itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) ngadain konferensi pers buat follow up isu-isu internasional selama seminggu. Sisanya ya translate atau nelpon narasumber dari kantor. Sempet sih waktu itu ada kejadian pengungsi Rohingya asal Myanmar terdampar di Aceh, waktu itu ane berharap disuruh liputan ke sana. Tapi karena ane masih baru, akhirnya yg dipilih Mas Denny yaitu writer ane. Huhuhuhu

Di Internasional ini menurut ane ngebosenin kerjanya, ya menurut agan ajah ane lagi semangat-semangatnya buat liputan, buat mondar-mandir sana-sini, harus dikurung di dalam kantor. Istilahnya mubazir banget energi ane yang segitu besarnya ga dimanfaatin. ane sempet kecewa, kesel, ngedumel, dsb. Tapi ane mau gimana lagi, ane harus tetep jalanin karena kebutuhan kantor seperti itu. Tapi disisi lain, di Internasional ini ane belajar isu-isu yang lagi booming di dunia, macem politik luar negeri, musibah atau bencana, sama teroris macam ISIS.

Dari Kanal Internasional ini juga ane tau gimana redaksi CNN memainkan isu internasional buat pembacanya, kalau zaman ane kuliah itu disebutnya Agenda Setting. Sebagai bocoran, CNN itu ga suka sama yang namanya KOREA UTARA dan RUSIA, ya wajarlah soalnya kan itu musuh bebuyutannya Amerika. Pokoknya cepet bgt deh tuh dikabarin kalo ada berita-berita yang kurang sedap dari kedua negara itu. terus yg Kedua itu, CNN selalu tertarik sama perkembangan berita ISIS, entah karena kebutuhan pembaca atau emang ada propaganda di dalamnya.

Yaaa, begitulah dunia jurnalis yang ane temukan di kanal Internasional selama kurang lebih 3 bulan. Di tulisan berikutnya, ane bakal cerita di dunia jurnalis sesungguhnya yaitu di kanal NASIONAL. Sekian dulu yaaaaa, Makasihhhhhh.

Kalau ada yang mau ditanya, komen ajah ya. Cendolnya ya gaan.







Polling
0 suara
Ada yg mau jadi reporter online/CNN Indonesia ga?
0
4.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan