Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pixieboyAvatar border
TS
pixieboy
Galau Milih Jurusan? Cek Deh Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Ini!



Memang ada banyak pertimbangan yang perlu agan perhatikan saat memilih jurusan kuliah. Selain bidang tersebut memang menjadi favorit agan, pastikan juga prospeknya ke depan akan cerah atau tidak. Seperti yang dikutip dari Job-Like, berdasarkan data yang dirilis oleh National Association of Colleges and Employers (NACE), ditemukan bahwa perusahaan sangat memperhatikan jurusan pendidikan yang diambil oleh para pelamar kerjanya.

Organisasi yang melakukan riset di bidang jurusan kuliah pada akhir tahun 2015 itu telah melakukan survei selama kurang lebih dua bulan. Target surveinya juga merupakan perusahaan-perusahaan dengan nama besar seperti Chevron, Aetna, DuPont, Macy’s, serta Procter and Gamble. Seperti yang dikutip dari majalah Forbes, hasilnya ditemukan bahwa sejumlah jurusan tertentu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar tersebut, baik untuk tingkatan sarjana, master ataupun doctoral.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NACE, jurusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan besar untuk tingkatan S1 adalah yang berasal dari fakultas akuntansi dan jurusan ilmu komputer. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya berikut ini.

1. Lulusan S1 Ekonomi dan Marketing
NACE menyatakan sejumlah 64 perusahaan siap menerima karyawan baru yang berasal dari jurusan ekonomi dan marketing di tahun 2016 ini.

2. Lulusan S2 Ilmu Komputer, Teknik dan Informasi
Seiring dengan berkembangnya teknologi, kebutuhan akan profesional yang andal di bidang komputer pun terus bertambah. Pasalnya, berdasarkan data yang dihimpun oleh Nace, pada tahun 2016 ada 49 perusahaan yang tertarik dengan para lulusan S2 ilmu komputer. Lalu untuk teknik elektro tercatat ada sekitar 35 perusahaan. Untuk teknik mesin, sebanyak 34 perusahaan besar menyatakan membutuhkan lulusan tersebut. Kemudian untuk S2 Manajemen Sistem Informasi dibutuhkan oleh sekitar 24 perusahaan.

3. Lulusan S3 Ilmu Elektro dan Komputer
Berdasarkan riset NACE, untuk jurusan S3 Teknik Elektro, sebanyak 12 perusahaan menyatakan ketertarikannya. Di lain pihak, untuk jurusan ilmu komputer, sebanyak 9 perusahaan menyatakan membutuhkannya. Lalu, yang paling rendah peminatnya jatuh kepada jurusan fisika, di mana hanya terdapat 4 perusahaan saja yang mencari lulusan dari jurusan ini.

Itulah sejumlah jurusan yang banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar di tahun 2016 ini. Jika agan hendak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, pertimbangkanlah poin-poin di atas sebelum menetapkan pilihan agan.

emoticon-Toast


Referensi: http://job-like.com/magazine/jurusan...ar-tahun-2016/


emoticon-Toast
0
4.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan