Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qsdeveloptAvatar border
TS
qsdevelopt
[Sharing] Penggunaan software untuk menghitung volume BQ
Salam kenal agan-agan, saya mau coba sharing penggunaan software untuk menghitung Quantity dalam penyusunan BQ, Saya berharap bagi yang sudah berpengalaman menggunakan software dalam menghitung quantity BQ bisa saling berbagi di tread ini.

Beberapa software yang umum digunakan untuk membantu perhitungan quantity BQ adalah Excel dan Autocad (ACAD),

Ada beberapa cara dalam menghitung quantity:
1. Menggunakan digitizer dengan cara menyentuhkan digitizer tsb ke Hardcopy gambar sehingga keluar quantity, baru kemudian quantity tsb diinput ke Excel

2. Bisa juga gambar dalam bentuk sofcopy dihitung di Autocad dengan menggunakan menu inquiry, setelah dapat volumenya baru di copy paste ke excel.

Karena yang dihitung banyak, sehingga hitungan waktu beberapa menit pun akan diperhitungkan dalam pelaksanaannya, cara pertama akan lebih lama menghitungnya dibanding dengan cara yang ke-2, bayangkan agan akan memasukan angka secara manual ke excel satu persatu untuk cara yang pertama, sedangakan pada cara yang kedua hanya dengan copy paste beberapa angka sudah terinput ke excel.

Ada sebagian orang yang selalu berinovasi untuk mendongkrak agar kecepatan berhitung quantity lebih cepat lagi dari cara2 di atas, yaitu :

1. Penggunaan template pada excel, sebagai contoh template perhitungan besi pier head jembatan layang ketika dia input data2 dimensi dan diameter tulangan pier head, langsung keluar berat seluruh tulangan sebuah pier head yang dimaksud.

2. Penambahan Add on atau biasa disebut plugin pada Autocad, penggunaanya adalah sebagai berikut setelah meng klik area2 yang kita hitung, lalu quick select dan mengklik add on tsb, seluruh area tadi quantity luas dan kelilingnya secara otomatis muncul di excel.

3. Beberapa software yang terpisah dari Autocad dan Excel, tapi beberapa software tsb ada juga yang menyediakan fasilitas link secara update ke Excel contohnya Planswift.

Untuk sementara cukup dulu, nanti saya akan update lagi, buat agan2 yang mau berkontribusi untuk sharing dipersilahkan.
(20/2/2014, 23:35)
0
21.2K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan