Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imyustoreAvatar border
TS
imyustore
membuat media budidaya cacing lumbricus
1. siapkan bahan pembuatan media, bisa menggunakan sampah organik seperti grajen, sisa baglog pada jamur tiram, jerami padi, dan sampah organik lainnya.

2. kemudian busukkan media tersebut dengan bantuan bakteri dengan menggunakan tetes tebu atau bisa menggunakan prodak pengurai seperti Bio Fit dengan menyemprotkan ke media tersebut selanjutnya tutup atau di krakap dengan terpal agar mempercepat proses pembusukan / penguraian terhadap bakteri yang mengandung senyawa bagus untuk pertumbuhan cacing tanah yang akan kita budidayakan.

3. proses ini bisa memakan waktu 1-7 hari tergantung dari kwalitas dan media yang kita olah dengan proses fermentasi, biasanya untuk kotoran lembu atau sapi bisa memakan waktu 3-7 hari. Sedangkan untuk media grajen bisa memakan waktu 3 hari, Kalau ingin cepat ya gunakan limbah atau sisa baglog pada jamur tiram cukup kita diamkan dan kita tutup selama 1-2 hari, sebenarnya tidak melalui proses fermentasi ini sudah sangat bisa dan layak untuk hidup cacing tanah yang kita budidayakan nanti.

4. Pastikan media cacing tanah yang akan kita gunakan untuk budidaya cacing tanah tersebut ber PH sejuk, jika sudah terbiasa hanya dengan memegang media cacing tanah yang akan kita gunakan tersebut sudah tahu, tidak pelu menggunakan alat pengukur PH.

semoga bermanfaat gan kalo ada saran dan masukkan ayo di rembukan emoticon-Betty
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan