ari.boentalAvatar border
TS
ari.boental
5 Ikan Unik Dari Kegelapan Dasar Laut
Hari ini, 8 Juni, adalah Hari Laut Sedunia. Meski tiap tahun diperingati namun eksplorasi dasar lautan untuk keperluan ilmu pengetahuan masih belum banyak dilakukan. Diperkirakan bahwa sekitar 95 persen dari dasar lautan di Bumi masih belum terjamah oleh manusia. Meski demikian sudah jelas bahwa dasar laut planet ini penuh dengan kehidupan yang luar biasa. Salah satunya dengan berbagai jenis biota laut yang memiliki bentuk atau sifat yang aneh.

Berikut adalah beberapa jenis ikan yang hidup dalam kegelapan, jauh di bawah di lautan bumi. Dan harap dicatat, ini hanya sebagian kecil dari yang diperkirakan ada di dasar lautan.

Hiu Goblin

Jenis Hiu ini ditemukan di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik, juga pernah terlihat di Teluk Meksiko dan di sepanjang pantai Jepang. Bentuk hidung dan mulut yang menonjol mirip penggambaran sosok Goblin dalam dongeng. Hiu Goblin memilih untuk tinggal di dasar lautan, jauh dari sinar matahari, sehingga membuatnya disebut juga sebagai Hiu Vampir. Mereka memakan organisme yang hidup di dasar lautan, diantaranya adalah beberapa jenis kepiting dan moluska, meskipun sesekali mereka juga makan cumi-cumi ke permukaan laut. Cara Hiu ini memangsa cukup menarik, saat sudah dekat dengan mangsa rahang mereka meluas ke luar dan kemudian mengisap mangsa itu untuk dicabik dengan gigi kuat dan sangat tajam. Karena hiu ini sangat jarang terlihat, belum ada perkiraan jumlah populasinya di lautan.

Angler Fish (Ikan Pemancing)

Ada lebih dari 200 spesies Angler Fish yang sebagian besar tinggal jauh di dasar lautan Atlantik dan Antartika. Namun, ada juga beberapa spesies yang diketahui hidup di perairan tropis yang dangkal. Ikan abu-abu gelap dengan kepala besar, dan gigi yang menakutkan ini memiliki bandul di kepala yang membuat mereka terkenal. Saat memangsa, Ikan ini terlihat seperti memancing ikan mangsanya. Potongan tulang punggung yang menggantung di atas mulut mereka memiliki bagian ujung yang bercahaya. Ini yang membuat beberapa jenis ikan mangsanya tertarik untuk menangkapnya. Padahal itu adalah jebakan!, setelah dekat, Ikan pemancing ini akan segera melahap mangsa dengan mulut yang sangat besar. Dengan ukuran mulutnya, Angler Fish bisa menelan ikan yang besarnya sampai dua kali ukuran mereka. Beberapa spesies ikan pemancing ini bisa tumbuh hingga panjang satu meter.

Blob Sculpin

Ikan ini seolah memiliki wajah yang hampir seperti wajah manusia dengan mata bulat, hidung dan mulut besar. Ikan yang menyerupai gumpalan jelly ini bisa tumbuh hingga 60 cm. Dan seperti jenis ikan lain yang bentuknya aneh, ikan ini juga jenis ikan penyendiri. Ikan ini ditemukan jauh di dalam perairan Samudra Pasifik. Penelitian terhadap jenis ikan ini masih sangat sedikit sehingga tidak banyak yang diketahui tentang ikan ini. Namun, dalam film dokumenter National Geographic, ikan jantan terlihat berprilaku menjaga sarang dengan ratusan telur yang berwarna merah muda.

Stargazer Whitemargin

Ikan ini sangat sulit ditemukan, selain karena hidup di dasar luat dalam, ikan Stargazer Whitemargin ini juga jenis ikan yang suka bersembunyi. Ikan ini juga dikenal dengan nama lain seperti ikan pop-eye dan stargazer marmer. Nama stargazer muncul karena posisi mata yang seolah menatap langit memperhatikan bintang. Ikan pemburu ini memiliki gigi yang tajam yang juga berbisa. Tak hanya itu, Stargazer juga bisa menyengat dengan tulang bioelectric yang mampu memproduksi kejutan listrik setara 50 volt, atau tergantung pada suhu air.

Fangtooth (Ikan Gigi Taring)

Ikan ini bisa hidup pada kedalaman maksimal 5.000 meter, namun mereka biasanya hidup dan berkeliaran di luat dengan kedalaman 200 sampai 2.000 meter. Jenis ikan ini juga kerap berenang ke permukaan pada malam hari.

Warnanya coklat gelap atau hitam, dengan panjang sekitar 18 sentimeter. Fangtooth tak pernah terkendala dengan kegelapan, mereka memburu mangsa dan bergerak menggunakan indra penciuman di kedalaman laut yang hanya terpapar sedikit sinar matahari. Ikan ini ditemukan di perairan subtropis di seluruh dunia. Menariknya, kebiasaan makan mereka berbeda-beda tergantung pada usia: Ikan Fangtooth remaja lebih sering makan jenis krustasea, sementara Fangtooth dewasa lebih gemar memangsa jenis ikan.

sumber
emoticon-Toast
0
3.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan