Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dinsosjakartaAvatar border
TS
dinsosjakarta
Antisipasi Manusia Gerobak, Dinsos Ketatkan Pengawasan
Memasuki bulan suci Ramadhan hingga lebaran, di beberapa titik jalanan Ibukota Jakarta terdapat pemandangan manusia gerobak. Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta mengetatkan pengawasan.

Spoiler for Manusia Gerobak 1:


Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Chaidir mengatakan pada Rabu (8/6), manusia gerobak biasanya membawa serta anak dan istrinya di dalam gerobak. Mereka berhenti di pinggir jalan untuk mendapatkan pemberian orang lewat.

Spoiler for Manusia Gerobak 2:


"Sebenarnya masalah manusia gerobak masih rancu pengertiannya. Kalau dia mencari barang- barang bekas untuk dijual kembali, namanya pemulung. Bagi kami, mereka bukan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) bahkan membantu pemerintah dalam kebersihan dan itu sebuah profesi yang halal," jelas Chaidir.

Spoiler for Manusia Gerobak 3:


Lebih lanjut katanya, yang menjadi masalah adalah ketika manusia gerobak itu meminta-minta atau melakukan aktivitas mengemis di pinggir jalan dengan membawa keluarganya.

Spoiler for Manusia Gerobak 4:


"Dengan membawa keluarganya, ada yang sampai empat anaknya, bahkan ada bayi yang baru lahir. Mereka keliling dari satu ruas jalan ke jalan lainnya berhenti sambil menggelar kerdus untuk duduk sambil menunggu orang berbelas kasih" tutur Chaidir.

Spoiler for Manusia Gerobak 5:


Sebenarnya, katanya, untuk membedakan pemulung dangan manusia gerobak bisa dilihat dari isi gerobaknya. Kalau isi gerobaknya berupa barang-barang bekas mereka adalah pemulung. Kalau dalam gerobaknya adalah anak dan istrinya sambil mangkal di pinggir jalan dan meminta belas kasihan pengguna jalan, maka itu bisa dipastikan pengemis.

Spoiler for Manusia Gerobak 6:


"Mereka menggunakan modus manusia gerobak untuk mengemis. Maka dari itu, untuk mengantisipasi keberadaan manusia gerobak, Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) akan memberikan edukasi dan peringatan kepada mereka agar tidak berhenti dan mangkal di pinggir jalan. Setelah diberi peringatan beberapa kali kemudian masih tetap melakukan aktifitas maka P3S akan melakukan penjangkauan kepada mereka," pungkas Chaidir.

Spoiler for Manusia Gerobak 7:


Pihaknya juga telah memetakan keberadaan manusia gerobak. Kawasan yang menjadi rawan tempat mangkal manusia gerobak ada di Manggarai, Polim, Fatmawati, dan lainnya.

Spoiler for Manusia Gerobak 8:


Ia juga menghimbau kepada masyarakat, bulan Ramadhan memang ladang untuk amal. Namun, jika ingin memberi bantuan untuk beramal hendaknya di tempat yang sudah terpercaya. Karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan kepedulian masyarakat.

Spoiler for Manusia Gerobak 10:
Diubah oleh dinsosjakarta 08-06-2016 06:13
0
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan