CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Gangguan Jiwa yang Bisa Dialamin Perempuan Habis Melahirkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575910bf56e6af466b8b4569/ada-gangguan-jiwa-yang-bisa-dialamin-perempuan-habis-melahirkan

Ada Gangguan Jiwa yang Bisa Dialamin Perempuan Habis Melahirkan

Tadi pagi iseng2 buka Tribunnews eh nemu artikel beginian gan. Jadi ternyata, penting juga buat keluarga buat jadi motivator atau penenang sodara2 perempuannya yang habis melahirkan. Dan hal2 gini kayaknya ga bisa dianggap sepele deh..

Silahkan dibaca gan.. moga2 gak repost emoticon-Big Grin

Sumber http://www.tribunnews.com/lifestyle/...rus-diwaspadai


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gangguan kejiwaan ternyata berpotensi menyerang perempuan yang baru saja melahirkan. Bentuk gangguan ini bisa berupa sifat mudah marah ataupun mudah cemas.

Centre for Disease Control and Prevention dalam Pregnancy Risk Assesment Monitoring System tahun 2011, menyebutkan bahwa satu dari 10 perempuan mengalami gangguan post-partum depression.

Salah seorang tim dokter Konsula, dr Sri Habibah Sari Melati mengemukakan bahwa ada beberapa bagian dari gangguan kejiwaan pascapersalinan yaitu yang pertama adalah Sindrom Baby Blues, Post Partum Depression, dan Psikosis.
"Ada suatu teori mengenai timbulnya Post partum depression, yaitu teori yang menyebutkan bahwa Post Partum depression diduga disebabkan oleh penurunan hormon estrogen (estradiol) yang secara fisiologis memang menurun kadarnya pasca-persalinan," ujar dr. Sri Habibah.

"Sindrom Baby Blues muncul dalam dua minggu pertama, atau dalam lima hari pasca-persalinan. Perempuan yang terkena sindrom ini umumnya membuat dirinya tidak mau berinteraksi dengan bayinya karena cenderung menganggap bayi yang dilahirkannya adalah beban bagi dirinya," lanjutnya.

Rentang waktu terjadinya Sindrom ini lebih cepat, dan jika gejalanya menetap bisa berkembang menjadi post-partum depression yang mana si penderita mulai kehilangan minat dan gairah hidup. Tidak menutup kemungkinan muncul keinginan bunuh diri dari si penderita.

Jika gejala menetap lagi, penderita berpotensi menjadi gangguan kejiwaan yang lebih berat lagi yaitu psikosis. Pada Psikosis akan muncul gejala halusinasi, delusi dan gangguan realitas lainnya. Kemudian, bagaimana cara mengatasi gangguan kejiwaan ini?

Sebaiknya, ada kewaspadaan dari Suami dan keluarga lainnya untuk mendeteksi adanya gejala-gejala tersebut. Misalkan, ketika ada kejanggalan atau tingkah laku yang tidak biasa dari istri, maka suami diharapkan dapat segera tanggap untuk membantu dan mendukung istri dengan berkonsultasi ke Dokter.

Selanjutnya, suami atau keluarga harus memberikan support maksimal kepada penderita dengan menempatkan penderita di lingkungan yang nyaman dan membantu pekerjaan yang dirasakan beban oleh penderita dalam mengurus bayi dan rumah tangga.

Mengingat bahaya yang cukup serius dari gangguan kejiwaan tersebut dan pentingnya konsultasi ke dokter ahli, Konsula telah hadir sebagai platform penghubung masyarakat Indonesia dengan layanan kesehatan. Konsula menyediakan sejumlah layanan konsultasi dokter dengan cara yang mudah, beberapa di antaranya adalah chat dokter dan telepon dengan dokter.

Fitur-fitur ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk berkonsultasi kapan pun dan di mana pun mereka berada. Tak menutup kemungkinan bagi setiap user untuk berbincang dengan dokter via chat terutama saat mereka sibuk.

Tak hanya fitur konsultasi online, Konsula juga menyediakan fitur cari dokter, klinik, rumah sakit hingga puskesmas yang tersebar di wilayah Jakarta. Lewat fitur ini, pengguna aplikasi bisa mencari tahu dokter yang tepat untuk dikunjungi.

Setelah pengguna aplikasi menentukan dokter mana yang harus didatangi, maka ia bisa melakukan pembuatan janji secara online yang akan dibantu oleh tim customer care Konsula. Pembuatan janji dengan jadwal yang tertera di aplikasi.

profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
wah ru tau gw malah bray




Salman al-Farisi



baru tau ane emoticon-Embarrassment
berarti berat jg ya beban jd seorang ibu emoticon-Matabelo
salah satu kaskuser temen gw ada tuh yg dulu kena baby blues, :sedih
Bawah ane ni ga usah ngelahirin aja udah gangguan jiwa gan

.
ntapz gan infonya

barutau ane gan

emoticon-Big Grin


Ada Gangguan Jiwa yang Bisa Dialamin Perempuan Habis Melahirkan




maka nya jgn seneng pas enak nya aja ... emoticon-Ngakak
baru tau ane gan emoticon-Takut (S)
tambahin pic gan biar jadi makin kece tritnya emoticon-2 Jempol
Bukannya habis lahiran malah happyemoticon-Wakaka
Tiap bulan mah klu mudah marah n mudah cemas, itu aja dulu.... emoticon-Bingung

Iya nih khawatir juga kalau istri kena baby blues. Dulu yang ane tau itu artinya sang ibu takut kalau tidak bisa merawat anaknya dengan benar emoticon-Bingung



Semoga bini ane nanti gak gini gan emoticon-Smilie
Quote:


Iya gan bener banget.. ane pun sadar gimana akhirnya peranan suami yg bener ya. Intinya sih ketika kita liat tanda-tanda itu, kita harus langsung konsultasi ke dokter. Atau baiknya ya konsul dulu aja sebelom terjadi apa2.
belum tentu jg kek na emoticon-Big Grin
ati2 buat sistaemoticon-Takut (S)
Syeremmmm
Quote:


Wah kasian gan, itu sindrome harus ditanganin dari dua pihak. Medis pasti ada dan diri sendiri (self management). Banyak2in edukasi diri ttg medis jg gan kali2 bermanfaat
Bener nih gan.
Temen ane ada yg ngalamin Baby Blues, sampe hampir sebulan dia ga mau lihat/nyentuh anaknya. Sampe2 buat menyusui aja harus dipompa ASInya karena dia ga mau menyusui langsung. emoticon-Mewek

Kalo ane lihat sih kemungkinan penyebabnya karena dia disuruh sama mertua buru2 punya anak. Sementara suaminya masih belum begitu mau punya anak. Makanya pas temen ane hamil, suaminya ga begitu antusias, cek dokter aja sering sendiri lho. Pihak mertua juga bukannya nasehatin si suami biar ngrawat istri, malah nyuruh istrinya belajar mandiri, gimana ga stress? emoticon-Cape d... (S)

Memang sih pas anaknya lahir, suaminya berubah jadi seneng punya anak. Tapi paling ngga kan si suami mendampingi selama proses 9 bulannya, ga cuma seneng pas anaknya udah brojol doank. Ane paham kalo penyebab Baby Blues si istri karena dia dianggap kaya mesin pembuat anak, bukan diperlakukan layaknya istri yang memberikan keturunan untuk suami & keluarganya.

Moga2 ane ga gitu deh, udah jalan 6 bulan nih jagoan ane di perut. emoticon-Malu (S)

[/font] [/color][/CENTER] [/QUOTE]

Quote:


Iya gan amin

Quote:


wah lumayan parah ya berarti. Kalo dari cerita agan berarti bisa ditarik kesimpulan kalo apapun yang terburu2 itu gak baik termasuk masalah punya anak. Bener berarti memang bisa terjadi saat istri diperlakukan kayak "mesin." Edukasi pascamelahirkan itu juga kayaknya penting utk disebarin ke kalangan ibu.

Amin gan.. semoga jagoannya lahir sehat dan jadi anak yang berbakti kepada orangtua emoticon-Smilie
Quote:


alhamdullilah skrng dia udah normal kok, udah sayang ke anaknya. dulu karena kebanyakan main ke sf DP kali dia emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di