Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rugandriAvatar border
TS
rugandri
Akan Ada Jalur Khusus Bus di Jalan Tol
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengurangi kemacetan di Jakarta yang semakin parah, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana melakukan rekayasa lalu lintas dengan menciptakan high-occupancy vehicle (HOV) lane.



Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga menjelaskan, HOV lane itu nantinya akan digunakan oleh kendaraan yang berpenumpang banyak seperti bus sedang dan bus besar.

"Nanti kami akan gunakan satu lajur jalan tol yang contra flow. Misalnya Bogor ke Jakarta kan ramai kalau pagi, tapi sebaliknya dari Jakarta ke Bogor lengang. Ini akan kami ambil satu lajur untuk bus-bus," kata Elly di kantornya, Rabu (8/6/2016).

Elly mengaku sudah mendiskusikan hal itu dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). HOV lane sendiri diupayakan agar mampu menunjang perluasan tranportasi umum yang sedang dijalankan BPTJ.

BPTJ saat ini sedang menyiapkan transjabodetabek sebagai pengganti APTB, perluasan angkutan bandara, serta angkutan permukiman. Angkutan yang diharapkan akan menyerap banyak penumpang ini akan diupayakan untuk memiliki jalur khusus seperti busway melalui HOV.

Elly mencontohkan di Jalan Transyogi Cibubur yang sempit, setiap pagi mulai subuh, warga berbondong-bodong memasuki tol dan harus melewati macet parah di jalan itu.

"Kami siapkan angkutannya nanti dengan standar pelayanan yang premium jadi orang-orang kaya yang terbiasa naik mobil pribadi mau naik angkutan massal," kata Elly.

HOV lane sendiri saat ini telah diterapkan di negara-negara maju seperti di Amerika, Kanada, Australia, China, dan beberapa negara Eropa.

HOV lane sendiri sebenarnya mirip dengan three in one yang menciptakan jalur khusus bagi kendaraan berkapasitas banyak penumpang. Namun HOV lane yang dicanangkan kali ini akan berlaku di jalan tol dan khusus bus.

"Tentunya nanti akan kami jaga volumenya supaya kecepatan tetap oke, jangan sampai jalannya pelan juga, percuma nanti," kata Elly.

Beberapa perusahaan otobus (PO) yang telah mendengar rencana ini bahkan sudah siap mendaftar. Elly menargetkan usai Lebaran, konsep HOV lane beserta perluasan transportasi massalnya diharapkan sudah matang.

SUMBER
0
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan