budygloryAvatar border
TS
budyglory
Tradisi Muslim Papua, Sambut Ramadhan





BAKAR BATU

(Antara)-Sebagian di antara anda mungkin tahu dengan upacara bakar batu, yang merupakan tradisi masyarakat Pegunungan Tengah Papua. Namun, ada yang berbeda dari upacara memasak bersama, yang digelar di jayapura kali ini. Karena mengganti babi dengan ayam sebagai bahan dasarnya. Karena bakar batu kali ini, digelar komunitas muslim setempat, untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

Upacara Bakar Batu adalah tradisi masyarakat pegunungan tengah Papua. yang merupakan upacara memasak, dengan membakar ilalang di atas batu, yang diisi sayur-mayur dan umbi-umbian.



Namun, berbeda dengan bakar batu pada umumnya, upacara yang digelar di Kampung Mateo, Angkasa-Kota Jayapura ini, tidak menggunakan babi, tapi menggantinya dengan ayam.

Karena bakar batu ini digelar komunitas muslim Papua asal Wamena, untuk menyambut datangnya Ramadhan 1437 Hijiriyah. Mereka setiap tahunnya selalu menggelar tradisi ini, untuk bersilahturahim, sekaligus saling meminta maaf, sebelum melaksanakan ibadah puasa.

di Jayapura sendiri ada sekitar 650 warga muslim asal Wamena, yang berada di Papua sejak tahun 1981. Namun, belum dapat dipastikan, sejak kapan tradisi bakar batu dilakukan oleh mereka. yang tidak hanya dilakukan menyambut datangnya Bulan Ramadan. tapi juga saat Idul Fitri.

0
1.9K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan