CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575766e3c0d770f50c8b4567/kisah-dibalik-20-tahun-perjalanan-honda-cbr-series

Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series

Permisi om mimin, momod, agan/aganwati, om hansip & guest semuanya emoticon-Big Grin
disini ane mau sharing tentang kisah dibalik 20 tahun perjalanan HONDA CBR Series
nah yg mau ane bahas adalah tentang sejarahnya perjalanan & pencapaian HONDA selama lebih dari 20 tahun perkembangan CBR Series dari masa ke masa.
ok deh, langsung aja cekibrot gan emoticon-Big Grin
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
The Honda approach: The Joy Of Handling, Total Control

The joy of handling merupakan daya tarik tersendiri dari sebuah sepeda motor, dimana rider mempunyai kendali penuh saat berkendara di segala lintasan. Selama lebih dari 20 tahun Honda terus berevolusi untuk memberikan yang terbaik bagi para rider. Hebat ya gan..
Bagi para rider yang mendambakan hal yang serupa, Honda CBR RR merupakan pilihan yang tepat. Lucky for us, Tim pengembangan CBR RR bersama Mantan pembalap Honda Racing Corporation (HRC) works Hikaru Miyagi turut berbagi cerita dibalik perjalanan CBR RR
oke deh agan-agan semuanya, langsung aja ikuti perjalanan evolusi Honda CBR Series dari masa ke masa emoticon-Big Grin

Unwavering principles - continue evolution, “The Honda Approach”
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series

Challeging the supermacy of engine power
Tadao Baba
First-generation CBR900RR large Project Leader (LPL)

Spoiler for Tadao Baba:

Pada tahun 1990-an,Para produsen motor diperbolehkan untuk tetap bertahan pada tenaga mesin 750cc oleh peraturan balap saat itu ataupun mencoba mengalahkan rival dengan beberapa cc di atas tanpa memperhatikan batas aman. Tujuannya adalah mengeluarkan performa mesin sebaik mungkin seperti yang masih sekarang diharapkan oleh pasar motor balap saat ini.Kehausan akan memiliki sepeda motor andalan semakin tinggi. Demi memenuhi keinginan itu, Honda meluncurkan CBR900RR dengan mesin 4 silinder bertenaga 893cc memberikan hasil tenaga maksimum 125hp.
Walaupun melebihi batas peraturan balap sebesar 750cc, CBR 900RR berada lebih rendah dibandingkan saingannya yang biasa memiliki tenaga mesin sebesar 1,000cc. Peluncuran CBR900RR ini disambut baik dengan baik oleh para peminat di seluruh dunia karena desainnya yang kokoh dan ringan membantah pemikiran konvesional mengenai desain sepeda motor.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Titik Awal: Mengungguli RVF750
Bukannya mengikuti pemikiran konvesional dengan body motor balap sekelas 750cc atau motor sport touring 1,000cc, CBR900RR memiliki jarak roda sekelas motor 600cc. Dimana segalanya didesain sesederhana mungkin termasuk penutup mesin yang sangat tipis sehingga agan2 dapat melihat langsung ke dalam rangkanya. Penasaran kan gan...cekidot:
Tentu saja desain yang ringan dan sederhana merupakan titik keberangkatan dan alasan utama terlahirnya sepeda motor ini. LPL ( Large Project leader = Leader of model development) Tadao Baba mengatakan bahwa baik replika motor balap berkelas 750 cc dan 1,000cc kerap berevolusi setiap tahun menjadi motor yang lebih bertenaga, namun body mereka menjadi lebih berat juga. Para rider dapat kelelahan dan cukup sulit mengontrol motor tersebut.
Untuk itu HONDA bertujuan menciptakan sebuah motor yang paling ringan dan compact di kelasnya serta menawarkan setiap pengendaranya kontrol penuh (Total Control)
Pengembangan lanjutan pun dimulai dari sepeda motor ini hingga menjadi CBR900CR mengingat bahwa motor ini harus lebih baik dari saingan 750cc milik mereka dan menggunguli honda RVF750 HRC works racer pada ajang balap Suzuka 8 hours Endurance Road Race.. and the journey begin....
???How Do They Do it???
Pertama-tama target HONDA adalah autobahn di Jerman. Mereka meneliti tingkat kecepatan yang ingin dicapai oleh para pengendara motor unggulan disana. Orang-orang biasa berkendara 160km/jam seperti yang dilakukan oleh motor sekelas 1,000cc. karena itu, HONDA pun ingin mengembangkan sebuah sepeda motor yang dapat melaju dari kecepatan 0 sampai 160 km/jam. Pencapaian dalam tujuan ini bergantung pada perbandingan rasio tenaga-berat, sehingga mereka perlu untuk mencari tahu Horse power (HP) dan figur displacement yang tepat
Ketika HONDA mengundang para pengendara yang terkait dengan afiliasinya di Eropa untuk mencoba sepeda motor HONDA, mereka sangat menikmatinya gan sehingga HONDA mulai meluncurkan CBR900RR. Mereka tidak ingin mempromosikan angka "900" karena di Eropa sepeda motor 900cc selalu dihindari, jadi sepeda motor ini dijual dengan nama "FireBlade" ( Keren juga ya gan..hahaha emoticon-Big Grin)
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Namun perlu diketahui bahwa CBR900RR yang asli tidak diciptakan sebagai replika motor balap tetapi fakta bahwa para pengendara menggunakan motor “FireBlade” ini sebagai untuk balapan menciptakan kemenangan di berbagai belahan dunia. Hal tersebut berkat campur tangan para teknisi yang mengubahnya menjadi mesin balap. Baba sebagai tim pengembangan dapat memberikan mereka sebuah sepeda motor yang dapat mendorong kreativitas mereka.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Selain itu, Tujuan Honda dengan motor CBR900RR ini adalah mengajak orang-orang berkendara sehingga secara tubuh dan pikiran ikut merasakan "Pengalaman berkendara yang luar biasa" . Seorang pengendara yang pulang dari perjalanan panjang, melepaskan seluruh perlengkapan berkendara, berbenah dan berpikir, “Hari ini sungguh menyenangkan”. Hal ini merupakan visi yang mendasari konsep kontrol penuh (Total Control).
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series

EPISODE 1
lightweight design that transcends the spec sheet
Pada tahun 2000, generasi kelima dari CBR900RR (CBR929RR) semakin menyempurnakan visi model generasi pertama didukung oleh teknologi yang lebih baru dan maju tentunya, termasuk mesin dengan displacement yang lebih tinggi daripada seri pertama yang menggunakan fuel injection system .asyikk..
Spoiler for lightweight:

Generasi kelima CBR900RR (CBR929RR) tahun 2000 adalah model dengan perubahan penuh pretama dari seri CBR. Model ini disematkan dengan berbagai teknologi baru dan konsep desain yang kemudian dipakai di model tahun 2002, yang menawarkan peningkatan displacement menjadi 954cc. kedua model ini dianggap sangnat berpengaruh dalam 20 tahun sejarah seri CBR
Throw back sedikit ya agan-agan..
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Pada generasi pertama, Anggota tim desain body CBR900RR (CBR929RR) generasi kelima Toshihisa Nagashii menemukan bahwa ketika motor tengah dirakit beratnya akan berlebih 500g dibandingkan berat bagian-bagian individu motor tersebut. LPL Baba menegaskan bahwa perbedaan "bahwa 0,5kg itu sangat penting!" itulah betapa pentingnya berat dalam proyek ini. Bahkan skema warna Honda tricolor yang digunakan dibandingkan menggunakan skema warna two-tone yang berlapis dan stiker yang cukup banyak.
Tim pengembangan berhasil menciptakan generasi kelima CBR900RR (CBR929RR) dengan berat 15kg lebih ringan daripada generasi pertama. Model keluaran tahun 2002 berhasil lagi mengurangi berat sebesar 2kg. Namun, tim pengembangan belum puas dengan hal tersebut sampai terciptalah generasi keenam CBR900RR (CBR929RR) tahun 2002
Paling penting ni gan.. satu fitur utama dari model generasi kelima adalah frame pivotless, dimana bagian lengan ayun terpisah dari rangka utama sehingga Selain meningkatkan kestabilan tanpa terlalu mengokohkan rangka, motor juga semakin ringan. Pada generasi kelima sudah diciptakan strukur tersebut dan disempurnakan di generasi keenam dengan model tahun 2002. Selain mengadopsi inverted front fork dan kerangka pivotless, HONDA juga meningkatkan displacement dan memperbarui penampilannya
Dengan visi membuat motor yang teringan, HONDA juga tidak sembarang mengganti dan menghilangkan partikel kecil pada motor seperti engsel. Menurut LPL Tadao Baba, “ engsel hanya merupakan hal sepele, namun menunjukan sebuah fakta bahwa jalanan adalah rumah sejati bagi sepeda motor super sport. Engsel itu adalah bagian identitas kendaraan ini.."

EPISODE 2
RACING TECHNOLOGIES PROVE THEIR VALUE ON THE STREET
Tahun 2004 membawa perubahan besar ni gan pada seri CBR. Potensi motor super sport ini menarik perhatian para pembalap yang mulai mengendarainya di ajang balap.Pas banget Sewaktu itu, kejuaraan Dunia Superbike merubah aturannya untuk mengizinkan mesin 4-silinder dan 1,000cc displacement. Honda pun memutuskan untuk merubah dasar sepeda motornya untuk menjadi superbike dari VTR 1000 dengan mesin V2 ke dalam sepeda motor CBR dengan mesin 4 silinder. Generasi ketujuh ini menjadi yang pertama dalam seri CBR yang didesain unsur balap di dalamnya.
Disaat bersamaan, motor balap Honda 4 stroke 990cc, RC211V, telah menyapu bersih kejuaraan motor GP, kelas tertinggi pada ajang Road Racing World Championship Gran Prix, kompetisi utama balapan sepeda motor *standing applause* Tim pengembangan Honda pun mengaplikasikan teknologi maju mesin balap ini dalam pengembangan CBR1000RR. Ditambah dengan teknologi terdepan Honda dan sesuai dengan tradisi Honda dimana para pengendara dapat menikmati berkendara dengan tingkat kenikmatan dan kenyaman tertinggi.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
TEKNOLOGI BALAP TURUN KE JALAN
Peralihan dari masin 2 tak menjadi 4 tak pada motor GP berpengaruh pada karakteristik yang cukup berbeda dibandingkan yang lama, seperti berat kendaraan lebih tinggi dan pengereman mesin ditingkatkan sehingga para produsen harus memikirkan kembali desain mereka. Honda mengincar karateristik tertinggi, yang mungkin dikatakan sebagai esensi dari motor balap-masa yang terkonsentrasi- dan merancang body motor barunya untuk menetralkan slip ban motor belakang yang disebabkan oleh pengereman mesin yang kuat. Satu teknologi yang krusial dalam implementasi visi ini adalah suspensi belakang terbaru unik-Prolink. Walau unit pro-link meningkatkan berat swing arm dan bagian unsprug. Namun unit bantalan ini tidak perlu disanggah olah frame sehingga memungkinkan tim desain memprioritaskan kekakuan pada area pivot bagian frame.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Cross pipe bagian atas yang terpasang dengan sispensi digantikan dengan tangki bensin menghasilkan konsentri masa yang lebih baik dan lebih optimal.
Mereka dapat merealisasikan tingkat performa yang lebih tinggi dan stabilitas keseluruhan lebih baik dari sebelumnya walaupun CBR1000CR lebih berat daripada pendahulunya namun mereka sangat bangga memperkenalkan CBR1000RR sebagai motor super sport yang paling stabil di dunia dalam kecepatan tinggi dan bahkan dalam hujan sekalipun, dan pengguna dapat mengendarainya dengan tenang.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
"Ini Sangat KEREN"
Terinspirasi oleh RC211V, CBR1000RR memperkenalkan para pengendara kepada sebuah "gaya" baru..Penasaran kan guys... emoticon-Big Grin
yaitu perubahan posisi knalpot dibawah tail cowl. CBR1000RR generasi kesembilan Toshiaki Kishi merasa sudah waktunya untuk melakukan sesuatu terhadap knalpot yang menonjol keluar dari motor super sport yang paling keren abad ini dengan memindahkannya ke dalam bagian motor. Perubahaan ini diterima dengan sangat baik dalam dunia balap elit. Walaupun begitu masih ada kendalanya, pipa tersebut masih butuh penahan panas di sekitarnya, bukan begitu gan?? Tapi tenang saja, tim Honda juga sudah memikirkan hal ini emoticon-Big Grin
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Mereka memasukkan fitur penyimpanan kecil meskipun buntut cowl begitu tipis.Knalpot dengan pipa yang lebih panjang di posisi atas juga berguna sebagai pusat keseimbangan gravitasi dengan pipa kanan-kirinya, yang juga berpengaruh pada sifat aerodinamis motor.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Seperti yang kita ketahui, dari mesin 1 silinder ke 6 silinder horizontal, Honda membuat mesin V2, V4 dan V5 dan berbagai bentuk mesin lain yang sangat mengagumkan di sirkuit. Namun mereka memilih mesin 4 silinder sejajar dengan mempertimbangkan layout motor. hal ini berpengaruh pada kenyamanan pengendara. Tidak masalah jika kita berkendara pelan,agak kencang maupun sangat kencang, mesin 4 silinder sejajar merespon berbagai kemungkinan ini dengan karakter yang berbeda. kebalikan dengan mesin V4 yang mungkin terasa sangat bertenaga, tapi tidak terdapat sensasi perubahan kecepatan.

EPISODE 3
STILL SHINING BRIGHT - THE ORIGIN OF THE CBR SERIES
Masih inget kan gan, Honda ingin menciptakan sebuah motor yang paling ringan dan compact di kelasnya. Sampai sekarang nih Honda tetap konsisten dengan tujuannya dan menjadikannya dasar evolusi CBR sampai hari ini walaupun metode yang dipakai berbeda-beda. Contohnya Generasi kesembilan CBR1000RR mengambil inspirasi dari bentuk terkonsetrasi CBR900RR dan menggunakan metode yang sama dengan model gerasi pertama, generasi ke sembilan CBR1000RR mengusung teknologi terbaru dengan tetap menghormati asal usul dari seri CBR.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Berat kosong CBR1000RR tahun 2004 adalah 208kg, sedangkan model tahun 2008 adalah 199kg. terbukti Honda tetap ingin menciptakan motor yang paling ringan dengan menggunakan teknologi yang terbaru.
Pure Expression of Lightweight, compact design with concentrated Mass
Bagian mekanis sepeda motor berpengaruh pada ekstesior, kinerja dan desain adalah elemen yang tidak dapat dipisahkan. Pada hal ini, Honda memutuskan thinking out the box dimana pada saat itu produsen-produsen lain membuat motor yang kaku,tajam dan semengancam mungkin dalam penampilan. Honda memutuskan untuk menekankan esensi dari CBR, yang mengarah pada fungsi dasar dan ringan sehingga mereka membuat desain yang lebih hangat, lebih mudah dijangkau dan lebih emosional.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Mereka mengadaptasi gaya dari HONDA CB92 yang diberi julukan "Shrine and temple" , Honda memilih paduan tradisional hitam dan merah terang yang digunakan pada banyak kuil shinto dan budha di Jepang.
Selain itu, mereka juga merancang cowl,yang telah menjadi ciri khas dari gaya sepeda motor ini, sehingga kerangkanya sangat cocok dengan garis radiator, meningkatkan efisiensi ventilasi dan membuat cowl lebih compact pada saat yang sama.
Keamanan tetap menjadi yang utama bagi Honda, karena itu Honda pada tahun 2009 menawarkan Electronically Controlled Combined ABS. Sistem ini membuat sewaktu mengerem sekeras mungkin tanpa membuat roda terkunci, jadi pengendara biasa tidak akan merasa panik saat bertemu tingkungan. Selain itu sistem ini masih mendukung distribusi tenaga rem roda depan tanpa mengganggu seorang pembalap motor GP. keberhasilan sistem ini terlihat dalam kemenangan di posisi pertama pada Endurance FIM World Championship..Wow..how cool is that emoticon-Big Grin Jadi aga-agan tidak perlu khawatir lagi soal keamanan motor Honda ini..

EPISODE 4
BEYOND EASE OF HANDLING LIES THE JOY OF CONTROL
Kita Throwback sedikit yuk gan..
CBR900RR generasi pertama --> Mengubah definisi "super sport bike" dari sekedar tenaga mesin yang besar dan bertenaga menjadi sesuatu yang baru
CBR900RR tahun 2000 --> Menyajikan pengalaman berkendara yang nyaman di jalan
CBR1000RR tahun 2004 --> memperkenalkan sistem unit pro-link dan teknologi balap terdepan lainnya
CBR1000RR tahun 2008 --> motor paling ringan dan kekar di kelasnya.
Setelah itu akhirnya tahun 2012, Honda memperkenalkan CBR1000RR. motor ini memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan untuk kita ni gan daripada produsen sepeda motor lainnya.
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Mantan pembalap Honda Racing Corporation (HRC) works Hikaru Miyagi ini tertarik akan perpektif agan-agan sekalian akan apa yang bisa seri CBR berikan dan sepeda motor lainnya tidak? Singkat, kemudahan dalam aspek pengendalianlah yang terus mereka kembangkan gan dalam 20 tahun ini semenjak CBR900RR awal pertama kali luncurkan. teknologi boleh berkembang, tapi bagian pengendalian ini gan yang paling susah. Gak nikmat kan gan klo kita ga bisa ngendaliin motor yang kita pakai?
Honda selalu menyempurnakan mesin,rangka suspensi, keaerodinamisan dan hal struktural lainnya dalam membentuk sebuah motor sehingga Honda dapat memberikan kita kenyamanan yang tidak bisa diberikan oleh model-model lain. Mereka fokus dalam membuat berkendara terasa seringan mungkin dan faktor yang paling penting adalah roda. Honda telah melakukan banyak uji coba dengan medesain 5,7,dan 9 jari-jari namun desain dengan 12 jari-jari merupakan desain yang terkesan ringan saat uji coba.
Pada saat ini, teknologi Honda yang ada secara luas di sepeda motor yang diproduksi secara komersial pertama kali dikembangkan dalam kebutuhan balap. Untuk motor GP, HONDA mengembangkan sistem kontrol penjajakan ban dan menyisipkan elemen teknologi baik yang juga dikembangkan dalam robot ASIMO (Advance Step In Innovative Mobility, sebuah robot yang bentuk tubuhnya menyerupai bentuk manusia) dengan tujuan mengurangi beban kesulitan pembalap).
"Bagaimana seharusnya kami mendefinisikan 'sport riding' tapi juga memberikan konsumen sebuah kepuasan mutlak?" tutur yoshii. Penggunaan ABS (Anti Lock Braking System) adalah salah satu jawabannya. ABS begitu memudahkan pengendara motor untuk mengendalikan CBR1000RR baik untuk pemula ataupun pro- sesuatu yang setiap pengendara bisa nikmatin. Namun Honda juga menyadari bahwa tidak bisa ada yang mengalahkan perasaan kepuasan mengendarai motor tanpa embel-embel apappun di dalamnya dan CBR1000RR model tahun 2012 adalah perwujudan dari hal itu.
Menciptakan Hubungan yang Menyenangkan antara super sport bike dan pengendara
Seri CBR Honda sangat cocok untuk segala jenis pengendara dan memberikan mereka kesempatan untuk merasakan pengalaman menyenangkan mengendarai motor sport.
"Banyak motor diluar sana menawarkan kontrol yang memudahkan. tapi jika sebuah sepeda motor tidak memperhatikan aspek pengendalian yang memudahkan pula, maka pengendara tidak akan dapat mengontrolnya secara luwes dan akan membuat mereka lelah sehabis perjalanan jauh."
menurut pimpinan tim pemasangan akhir Kyoichi Yoshii "pengendalian" yang dimaksud disini mengacu pada kepada seberapa ringan motor itu, seberapa mudah kaki pengendara menyentuh tanah dan seberapa halus jalannya termasuk saat menikung dan berhenti. Di lain pihak "kontrol" mengacu pada sesuatu yang lebih di balik semua itu. Kemudahan pengendalian lah yang membuatnya lebih menikmati mengontrol motornya dan CBR1000RR sudah mencakup semua hal tersebut. CBR1000RR ini merupakan karya termutakhir Honda dalam waktu 20 tahun ini dan merupakan pilihan terbaik.
Nah sekarang agan-agan sudah tahu bagaimana ketelitian dan usaha yang luar biasa dari para desainer tim honda sehingga hanya dalam waktu 20 tahun saja dalam mencapai hasil yang signifikan. Learning by doing dan usaha yang terus menerus ni dari para desainer sehingga kita bisa menikmati rasa ringannya dan pengendalian penuh atas motor seri CBR emoticon-Big Grin Ingin Mencobanya gan???

Info lebih lengkapnya ada DISINI

sekian dulu dari ane emoticon-Big Grin
budayakan komeng yg bermutu gan emoticon-Cool
kalo berkenan mohon di emoticon-Rate 5 Star
dan di guyur emoticon-Toast
tapi jgn dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)
SUMBER
Diubah oleh bacoksai
Halaman 1 dari 10
RESERVED emoticon-Blue Guy Peace
wah dia lebih tua daripada ane
Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series
Belum punya ce be er ane emoticon-Hammer (S)
Quote:


Semoga kebeli gan CBR nya emoticon-Cendol (S)
Motor Honda plg keren sejagad nih emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh bacoksai
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
ane pake yamaho ganemoticon-Malu (S):



Kisah Dibalik 20 Tahun Perjalanan Honda CBR Series

Udah 20 taun di cuma jadi mak comblang... Dia sendiri kagak ada pacar
emoticon-Frown#mirisemoticon-Frown
Salam NAMUT
(NAga iMUT)


Quote:

Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
mending naek awan kinton gan emoticon-Big Grin
udah kayak shitnetron aja ada kisahnya emoticon-Wkwkwk
ane paling seneng naek becak daripada CBRemoticon-Sorry
Harganya kek nya mahal brey,😕
Minta 1 dong gan
Gak penting bwt ane gan sejarahnya
Quote:


kenapa kagak penting sejarahnya?
bayangin aja kalo ente menciptakan sesuatu, apa gak kepengen sejarahnya dijadikan sebuah tulisan?
wah kek gitu yah.
mantab mah klo honda. emoticon-Big Grin
Diubah oleh chhayo
sayang belom mampu beli motornya ane emoticon-Mewek
itu photo tadao baba merokok kayak rokok gudang garam
Seriously.. gw nyobain CBR 2009 sama yang 2014 (model 2012) emang asik banget sih. emoticon-Big Grin dan sekarang akhirnya beli yg 150cc dulu emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di