Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

angelinasophiaAvatar border
TS
angelinasophia
YANG MAU NGAJUIN KPR , MASUK GAN!!
emoticon-2 Jempol

kalau agan ingin memiliki rumah, tapi melihatdana yang dimiliki masih kurang mencukupi, mungkin agam bisa menggunakan cara alternatif yaitu menggunakan kredit kepemilikan rumah (KPR). Dengan begitu, agan bisa membeli rumah dengan cara mencicil.

kalau dilihat dari Lamanya waktu kredit juga tergantung kemampuakeuangan agan. Namun, sebelum agan memutuskan untuk memilik jalan KPR, ada baiknya agan simak beberapa keunggulan dan kekurangan KPR berikut ini biar lebih paham tentang kekurangan dan kelebihan KPR!


1. Tidak Perlu Uang Banyak

beli rumah dengan alternatif KPR tidak perlu mengumpulkan banyak uang pada saat itu juga lho gan, nah yang perlu agan pikirkan adalah mengumpulkan uang muka. setelahnya agan tinggal menyiapkan uang cicilan yang jumlahnya yang pasti lebih ringan. kalo kekurangannya, semakin lama agan melakukan waktu pembayaran KPR, maka semakin besar pula bunga yang akan dibayarkan. makanya, kalau agan memutuskan untuk KPR, jika kondisi memungkinkan, sebaiknya agan TIDAK memilih jangka waktu yang terlalu panjang

2. Terasa Lebih Ringan

awal-awal pembayaran cicilan rumah pasti akan terasa berat. jika kamu menggunakan sistem flat, bunga yang diberikan juga akan meningkat sesuai dengan perkembangan pasar. hal ini perlu banget difikirin gan. namun seiring dengan inflasi, maka jumlah yang dibayarkan pun akan lebih terasa ringan kok gan, atau bahkan tidak terasa.

3. Rumah Langsung Bisa Ditempati

kadang kala pengajuan kredit belum tentu disetujui oleh pihak bank. sekalipun agan merasa sudah memenuhi syarat, dan memberikan uang muka, tapi terkadang tidak menjamin KPR disetujui. nah tapi Keunggulan besar dari membeli rumah dengan cara KPR tentu saja karena rumah bisa langsung agan tempati atau bahkan di sewakan lho. Ya, itung-iitung ngebelokin uang sewa rumah untuk ngekredit rumah yang nantinya akan kita miliki.

4. Untung di Masa Depan

memang sih tidak bisa diramalkan apa yang akan terjadi dengan pekerjaan agan. adanya PHK atau usaha yang tidak berkembang juga mengancam agan sebelum melunasi kredit rumah. tapi inget lho gan yang dimaksud untung di masa depan ini adalah, belum tentu di masa depan ada rumah dengan harga murah dengan kondisi yang sama dengan yang agan udah tempati. Tahu sendiri kan gan, makin hari harga rumah makin menjulang tinggi. gak ada dalam sejarah harga rumah makin merosot. jadi, mencicil rumah memang sangat menguntungkan untuk sekarang dan nanti.

5. Selalu Ada Bantuan/Subsidi

walaupun kecil namun tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan dari pihak developer. misalnya, saat cicilan rumah kamu lunas, pihak mereka tidak memberikan surat-surat yang harusnya sudah jadi milikmu. ( tapi ini jarang sih gan) dan kebetulan di tempat ane gapernah ada kejadian kaya gini. namun saat membeli rumah melalui jalur KPR, agan sudah pasti memperoleh keuntungan berupa subsidi uang muka atau jamsostek, bapertarum dan sebagainya gan yang lebih banyak untungnya.

nah, dari lima kekurangan dan kelebihan KPR tersebut, semoga dapat membantu agan yang sedang mempertimbangkan ingin membeli rumah dengan cara mencicil.nih gan kalo mau tau info salah satu bank kpr bank C*MB niaga https://www.cimbniaga.com/in/persona.../mortgage.htmlYang jelas, apapun keputusan yang agan ambil pasti memiliki risiko tersendiri. karena setiap keputusan pasti ada kekurangan dan kelebihannya gan hehehe
emoticon-Toast
0
1.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan