moezaAvatar border
TS
moeza
(ASK) Manajemen Keuangan Keluarga Muda
Permisi, selamat pagi agan-agan semua..

Ane baru aja nikah 4 bulan yang lalu, karena sama-sama belum berpengalaman dalam menjalani bahtera rumah tangga dan karena sama-sama masih muda ane sama istri masih suka kebingungan dalam mengatur keuangan.

Nah makanya sekarang ane butuh masukan gimana caranya mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar menurut agan-agan semua.. FYI ane kerja dan bini ane kerja, THP kita berdua kalo di gabungin sekitar 10 juta perbulan.

Sejauh ini dari 10 jt itu kita ngebaginya gini :
2 juta untuk orang tua
1,5 juta untuk bayar kost
3 juta untuk makan
1 juta untuk ongkos kerja
1 juta untuk kebutuhan kaya sabun dll.
1,5 juta untuk nabung

Nah dari rincian di atas ane ngerasa kita masih terlalu boros, karena cuma bisa nabung 1,5 per bulan. tapi ane sendiri juga bingung kalo di suruh motong pengeluaran, bagian mana yang harus ane kurangin?

Dan sebagai keluarga baru juga ane tentunya kepengin punya rumah/kendaraan (kalo bisa sih cash belinya) tapi dengan cara nabung kita yang sebulan cuma 1,5 juta mungkin butuh waktu lamaaa bangetttt buat bisa kebeli rumah/mobil dengan cara cash. cara satu-satunya mungkin kredit. nah disini ane bingung lagi, kira-kira ane harus kredit rumah dulu atau kredit mobil dlu? emoticon-Bingung (S)

kalo rumah, pilihannya pasti gak jauh-jauh dr depok/tangerang/bekasi. sementara bini ane kerjanya di jakarta utara dan sekarang lagi hamil. kasian kalo misalnya ane beli rumah di daerah2 yang ane sebutin di atas nanti dia kejauhan kerjanya.

kalo beli mobil selain tempatnya nggak ada karena ane sekarang masih ngekost, ane juga ngerasa kayaknya belum butuh2 banget. cuma kalo nggak di paksa beli dr sekarang kayaknya ga kebeli2.

Nah menurut agan2 yang jago2 financial planing disini ane harus gimanaa??

Terimakasih sebelumnya..emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S)
tata604
tata604 memberi reputasi
1
4.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan