Quote:
Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya..
Cie yang habis malmingan, yang ngejones malam ini drpada kek mimin yang nyoli liat beha mending ngebaca thread ini..
Kali ini ane mau bahas sesuatu yang tentu ga jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari agan, terutama saat berkendara.
Semua yang pernah naek kendaraan, apalagi motor, pasti sering nyelap-nyelip motor maupun mobil lain layaknya laga MotoGP aLa Sinetron.. Tapi tau ga sih gan? Ada beberapa jenis pengguna yang nyalip dengan keunikan dan ketegangan yang berbeda pula..
Nah, daripada ane banyak bacod disini, yuk langsung simak aja.. Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana?.. Cekisdoot
1. Tipe Nekat
Quote:
Sering kita liat ya gan atau mungkin agan ada yang pernah? Kadang ada salah satu pengguna motor yang nyelip tanpa melihat dulu.. Mau ada motor atau mobil dari lawan arah pokoknya dia juga ga tau..
Honda BalikpapanYang penting salip.. Kenapa kok nekat? ya jelas karena itu gan, tanpa mengawasi dulu yang ada dilawan arah, orang ini tanpa babibu langsung gas poooll dengan mulut yang terburai-burai layaknya iklan komeng..
2. Tipe Maju Mundur
Quote:
Kalau ini kadang bikin ngeri juga gan.. Saat dia nyelip.. pasti ada aja halangan didepannya, entah itu motor, mobil, lobang, atau malah gangguan dari pengguna dibelakang yang kepengen nyalip juga.. Jadi bisa dibilang tipe yg ini nih tipe yang takut-takut tapi ngejang.. Udah maju, mundur lagi,, Maju lagi,, Mundur lagi,,,
3. Tipe Nyawa 9
Quote:
Kalau ini ane akui orang yang udah sakti dalam dunia persilatan dijalan raya. Gimana gak gan, kadang dia udah liat ada mobil atau motor dari lawan arah, tapi masih aja maksa buat nyelip.. Dan yang pasti banyak banget kasus tabrakan karena ulah orang yang satu ini.. Mungkin maksudnya mau nguji nyali gitu ya gan.. Tapi kebablasan..
4. Tipe Penyabar
Quote:
Yang termasuk ditipe ini, orangnya asli top abis, sayang nyawa, sayang motor, dan sayang pengguna jalan raya lainnya. Jadi orang seperti ini biasanya ga akan nyelip jika didepan bener-bener kosong ataupun sudah ada tanda dari mobil didepannya bahwa dia sudah diperbolehkan nyalip.. Ini termasuk ane jg nih.. Pantang Nyalip Kalau di Tikungan.. Apalagi jarak pandang ditikungan terhalang pohon-pohon.. Haram hukumnya bagi ane...
5. Tipe Gak Punya Otak
Quote:
Ane ga paham ama orang yang seperti ini. Entah emang g tau etika nyalip yang bener apa gimana, misal ada bus didepan.. Orang ini nyalip dengan entengnya dari kiri. Sama aja ga punya otak, karena kalau punya otak.. Dia pasti sayang ama nyawanya.. Gimana coba kalau busnya mepet ke kiri terus orang ini saat nyalip masih ditengah-tengah. Bisa berabe kan jadinya..
6. Tipe Apes
Quote:
Kadang sering kita temui saat nyelip, tapi apes.. Apesnya macam-macam, apes jatoh kaget karena tau-tau ada pengguna jalan dari lawan arah, apes karena bersenggolan dengan yang dari lawan arah, ataupun pas nyelip malah kenak lobang..
Lalu, bagaimana sih cara nyalip yang bener?
Quote:
Nah, dari semua jenis-jenis penyalip yang ada diatas
Honda Samarinda, tentu ane kasihtau lagi gimana caranya nyalip yang benar. Yang ane tau sendiri sih biasanya kalau indikator lampu sein mobil didepan nyala, itu artinya pengendara didepan kita melarang kita untuk nyalip karena bahaya..
Tapi berikut ane kasihtau 10 point penting yang ane comot dari
www.astraworld.comyaitu :
1. Pastikan lajur kanan untuk mendahului dalam keadaan lengang dan aman.
2. Perhatikan lampu sign kanan mobil yang hendak kita dahului. Bila lampu sign-nya juga berkedap-kedip, tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sign itu tanda bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan, atau mobil di depan hendak membelok ke kanan atau bahkan menyalip kendaraan di depannya.
3. Lirik spion untuk memonitor kondisi lalu lintas di belakang kita.
4. Kami sarankan untuk menggunakan gigi rendah saat menyalip (menurunkan transmisi satu level lebih rendah). Tujuannya agar torsi maksimum kendaraan lebih cepat tercapai sehingga akselerasi kendaraan lebih cepat. Untuk mobil dengan transmisi matik, cukup dengan menginjak pedal gas secara cepat dan penuh secara otomatis gigi percepatan akan berpindah satu level lebih rendah)
5. Pilih medan untuk menyalip. Jangan menyalip di tikungan, jembatan atau ketika melintas di jalan dengan larangan tidak boleh mendahului seperti pada jalan dengan garis jalan yang tidak terputus.
6. Berhati-hatilah jika ada kendaraan lain di belakang yang mengikuti langkah Anda mendahului mobil. Atur jarak dan jangan buru-buru menurunkan kecepatan karena kendaraan yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri.
7. Hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri kadang terdapat pejalan kaki, pedagang, atau kendaraan lain yang berhenti.
8. Jangan membunyikan klakson secara berlebihan atau menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita.
9. Waspada terhadap kendaraan lain terutama kendaraan roda dua.
10. Yang tidak boleh kita lupakan, kita juga harus mempunyai toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan buat mendahului. Berilah mereka kesempatan terutama bila kendaraan tersebut adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang sedang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan kepala negara atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara, maupun iring-iringan pengantar jenazah.
Quote:
Pemikiran Ane Sendiri serta Pengalaman
Image :
Google
Bagaimana gan? Menurut agan, dari beberapa tipe penyalip dijalan raya yang ada diatas, agan termasuk yang mana?? Kasitau dong gan..
Inget, etika dijalan raya itu banyak yang harus agan-agan ketahui demi kenyamanan maupun keselamatan orang lain dan agan sendiri. Walaupun potensi kecelakaan memamg selalu ada saat kita dijalan raya, tetap perhatikan dan waspada.. Bisa saja agan udah hati-hati tapi orang lain yang apes.. Begitu jg sebaliknya.. Yang penting selalu perhatikan etika dijalan raya terutama tentang menyalip kendaraan lain.
Sebentar lagi akan ada tradisi mudik, semoga informasi ane yang kasih ini bermanfaat bagi agan semua.
Sekian thread ane,, terima kasih
