Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azzahrakeysaAvatar border
TS
azzahrakeysa
(Ask) Pembeli tidak jadi membeli
Selamat sore all kaskuser..
Ada yang mau ditanyain ke melek hukum nya kaskus, soal pembeli yang tidak jadi membeli.

Ini kejadian saya.
Saya punya instagram. Dan di instagram itu banyak sekali yang jualan online. Kebetulan saya nawarin suami untuk beli case hp dari kayu dan diukir gt. Saya pun buat format fix order dan saya dikasih total biaya dan nomor rekening. Namun setelah selang beberapa jam suami saya bilang gak usah beli karena hp nya dijual. Saya pun mengabari dan minta maaf ke penjual bahwa saya gak jadi beli mungkin dilain waktu karena mau ganti hp.
Lalu si penjual bilang hit n run atau cancel sama dengan blacklist. Dan bilang jangan main2. Lah siapa yg mau main2. Begitu keadaannya. Bukannya gak mau beli, toh hpnya dijual. Kan sayang udah dibeli gak dipake. Dan si penjual juga gak ada yg dirugiin.


Yang saya mau tanyakan, kenapa harus di blacklist? Ya itu memang hak penjual. Tapi coba, apa yang dirugikan dari penjual? Dia rugi juga enggak. Kerja juga enggak. Toh penjual akan ngerjain setelah kita transfer. Yang namanyanya jualan terus ada orang gak jadi beli itu juga sah2 aja kan? Coba di lihat spg2 di luar sana, kita sebagai pembeli muter2 lihat baju sampai si spgnya mengikuti kita dari belakang terus kita gak jadi beli. Apa kita di blacklist? Gak boleh dateng lagi ke toko itu?
Gimana ketika dalam proses transaksi online dan gak ada itikad jahat tiba2 pembeli kecelakaan atau ada musibah dan gak bisa transfer, lalu kita di block dan di publish kalau kita penipu? Penipu darimana? Nah Itu gimana penyelesaiannya?
Kalau di bilang penjual rugi waktu? Itu juga resiko, namanya juga jualan. Saya juga punya dagangan. Kalau gak jadi beli ya udah. Berarti belum rejeki. Mau gimana lagi.
Kalau gitu ada unsur pemaksaan dong dari penjual? Dengan mengancam "blacklist"?
Sama sebagai pembeli terus di blacklist ya itu resiko. Tapi kalau sampai di publish apa itu bukan pencemaran nama baik?

Yang saya mau tanyakan ini proses hukum bagaimana? Blacklist dan melakukan pencemaran nama baik misalnya di instagram oleh pihak penjual?

Saya juga baca artikel ini :
http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt4f7448c8394d1/langkah-hukum-jika-pembeli-i-online-shop-i-tak-mau-bayar.

Sebelumnya terima kasih.
Diubah oleh azzahrakeysa 31-05-2016 10:11
0
1.6K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan