watiebaeAvatar border
TS
watiebae
Modus Penipuan di Ebay dan Solusinya (Paypal)
Bismillah,

Modus Penipuan di Ebay dan Solusinya (paypai)

Hallo Agan semuanya. Saya ingin berbagi pengalaman selama saya belanja di Ebay terutama mengenai penipuan oleh seller di ebay dan semoga bermanfaat untuk agan sekalian yang ingin membeli barang dari luar negeri terutama melalui pembayaran paypai. Saya mengalaminya sendiri sewaktu saya ingin belanja Ipad Air 2 64 gb yang hanya seharga $256 USD. Berharap mendapat keuntungan yang didapat malah kerugian dan uangnya tidak pernah kembali. Kesalahan dari saya pribadi karena melihat harga yang murah dan sistem paypai yang menolak meng-Claim ulang Dispute yang sudah di-Closed.

Ini barang yang saya beli:
Karena adanya modus penipuan, ebay menutup transaksi tersebut.


Ini barang yang saya beli:


Agan agar berhati-hati dalam membeli barang yang terlalu murah. Itu pasti ada yang ganjil. Keinginan yang kuat untuk memilikinya dan harga yang murah membuat saya melakukan transaksi tersebut dan sampai sekarang barangnya tak pernah terkirim. Seperti yang diketahui, transaksi pembayaran di Ebay hanya melalui satu pintu yaitu melalui paypai (anak perusahaannya). Selang beberapa menit atau kira-kira setengah jam baru saya menyadari bahwa dia penipu salah satu cirinya adalah tidak pernah membalas email sebanyak apapun kita kirim email.

Walhasil, saya melakukan Dispute di paypai agar dananya sesegera mungkin kembali. Maksud saya agar dana ditahan oleh paypai sebelum dibawa kabur penjualnya.


Saya memilih options ke - 3 gan "Don't Recognized Payment:. Ini respon dari paypai


Hasil keputusannya, paypai MENOLAK CLAIM saya karena itu bukan masuk kategori 3 Don't recognize a payment?. Sebenarnya saya sudah menjelaskan ke mereka akan kesalahan saya memilih opsi ini karena saya ingin membatalkan transaksi itu dmn transaksi itu hanya selang setengah jam atau paling lama satu dari pembayaran.


Saya melakukan Claim Ulang karena sampai saat ini barang tidak pernah terkirim. Re-Claim Ulang tidak pernah diterima paypai. TRAGIS nya di sini gan.


Atas kejadian di atas, solusinya seperti ini:
1. Jika ada indikasi penipuan, biarkan tetap terjadi sampai waktunya barang belum terkirim karena ada batas waktunya. Jangan pernah memilih opsion ke 3 "Don't recognize a payment?"
2. Jika memang tidak pernah terkirim barulah polih opsi ke satu gan di Resolution Center paypai [B]Didn't receive your item?
3. Si Seller memanfaatkan emosi kita sehingga terjebak perangkapnya. Seller mungkin tahu bahwa tidak ada claim ulang di paypai sehingga saat itu kita panik, opsi 3 yg dipilih, opsi 1 tdk mungkin krn barang blm diterima. Itulah celahnya. Harap berhati-hati.
4. Sebisa mungkin melihat feedback. Di Ebay, feedback ada 2 yaitu sebagai seller dan buyer. Kadang kita tidak jeli melihat feedback yg bagus, ternyata yg bagus hanya sebagai buyer. Ia membeli banyak barang sampah yg murah agar banyak feedback yg berdatangan. Di sistem ebay, akan selalu ada notif feedback apabila kita belum membalas feedbak. Jika sebagai penjual lihatlah feedback sellernya. Setelah saya cek, ada petunjuk dr satu buyer yg menyatakan ia penipu ia tdk mengirimkan barangya. Kadang disitu saya merasa sedih baru cek setelah kejadian emoticon-Sorry.

GOOD LUCK.

Semoga Membantu dan bermanfaat untuk Agan sekalian.
Diubah oleh watiebae 12-03-2015 14:21
1
28.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan