mocha.micAvatar border
TS
mocha.mic
Pengalaman dengan New Ninja 150 RR
Sekedar share aja buat para kaskuser yang pake motor ninja 150 rr.

Ane yang awam dan newbie ini cuma berbagi pengalaman dengan motor ninja rr dengan mesin 2tak ini emoticon-Big Grin

Dan mohon untuk para suhu maklum, tp harap untuk menambahkan buat ilmu para rider agar bisa merawat motor nya dengan baik emoticon-Smilie

Langsung aja nih ane mulai kisahnya :

Pas waktu pertama megang motor ninja rr seperti biasa lah setiap hari ane cuci, di lap sampe kinclong, beberapa minggu kemudian gatel banget sampe galau tiap malam pengen dandanin nih motor, dari ganti kenalpot racing, ganti ban, pasang striping dan tambah aksesoris lainya, biar tambah keren emoticon-Big Grin

Tapi disini keluhannya, udah 1 tahun pake baru lah ane ngerasa kalo ninin ane kok banyak problem. emoticon-Frown

- Pagi-pagi susah di engkol, bau bensin eh ternyata banjir di busi nya.
- kenalpot cepet kotor karna oli samping yang mengendap.
- knalpot ngebull bull bull, malu ama tetangga emoticon-Frown
- Agak susuah buat ngoper gigi ke netral atau saat dijalan bermacet-macet ria.
- Tuas kopling keras banget sampe-sampe tangan ane kapalan emoticon-Big Grin
- Shock depan bunyi nguk-nguk kalo kotor,
- Accu cepet berkurang air nya, dan loww
- Brebet pada tarikan bawah
- Gas nyangkut waktu ujan / abis steam

Intinya kalo ente punya motor 2 tak mesti sering dirawat dan di service, dari pengalaman ane di atas ane ada solusinya emoticon-Smilie :

- Buat kalian yang udah pake knalpot racing, mesti dan wajib di ganti PJ + MJ nya dan setting sampe stelan nya dapet dan pas, dan stelan kabel olinya juga di borosin dikit.
( buat yang gak bisa setting kayak ane ke bengkel aja, di jamin klo bener ukuran Pj/mj dan settinganya gak bakal banjir dan pasti ngelansam )

- Kenalpot cepet kotor karna oli samping, suara lama-lama jadi gak enak, bukan karna glasswol juga tapi karna oli yang menempel di knalpot
( Cara bersihkannya bisa ke dealler kawasaki, dan disarankan pakai oli 2T yg berkualitas, agar kerak di head juga gampang dibersihkan )

- Pembuangan asap knalpot ngebul saat mesin dingin.
( Ganti oli 2t yang bagus, cek stelan kabel olsam nya, kadang suka nyangkut dan pasti nya gak bakal stabil )

- Susah oper Gigi ke netral atau saat bermacet-macetan dijalan.
( Segera ganti oli mesin 4T yang bagus, penggantian oli mesin kalo ane paling lama 5bln sekali )

- Tuas kopling keras meskipun sudah di stell juga.
( Ganti kabel koplingnya yang orisinil dijamin empuk lagi, hindari pencucian keras, kayak steam atau nyuci dirumah pake sabun colek sampo motor dll, kalo masuk tali kopling bisa bikin keras lama-lama )

- Shock depan bunyi nguk nguk kalo kotor.
( Makanya stiap abis make dengan kondisi jalanan berdebu dan pasir, pulang langsung di lap dibersihkan, ini juga memperpanjang umur shock, di jamin bunyinya hilang )

- Accu low, air aki juga berkurang.
( Mesti sering-sering di kontrol, maksimal di cek 2bln sekali, kalo kurang tambah, kalo kosong ya di cas dan penuhin air aki nya )

- Berebet pada tarikan bawah.
( Buka karburatornya dan bersihkan, pasti ada kotoran yang nyampur sama bensin di dalam karbu, jadi emang bener kalo ninin harus pertamax bbm nya biar gak kotor brebet )

Kalo yang gak bisa setting, di buka aja mangkuk karbunya, jangan dipreteli, cukup dibuka dan bersihkan sampe bersih, pasang lagi deh emoticon-Big Grin

- Gas nyangkut waktu ujan.
( Jangan panik, jalan pelan-pelan aja kalo gas kabur cukup tarik tuas kopling nya sampe habis dan gas pool sekali tar juga normal lagi, pelan - pelan aja bawa nya )

Di usahakan jangan disiram kalo nyuci steam, jangan di hujanin motor, kalo sering nyangkut, bersihkan karbunya.

Itu lah masalah dan solusi ane selama satu tahun lebih pake new ninja rr, sekarang motor ninja rr ane nyaman-nyaman aja dipake tiap hari mau ngebutt, pelan, gak ada kendala, dan ane gak ngerasa pegel, capek, nyaman lah pake ninja rr, tinggal isi bensin aja.

Saran dari ane selalu service rutin ke dealler resmi kawasaki biaya nya juga murah gan jangan takut mahal, montir juga hebat-hebat dateng motor sakit, pulang sehat.

Untuk biaya service ane cuma kena 90 rb, service ringan, kayak filter udara, karbu, kopling, rante, tambah minyak rem.

Kalo untuk yang lainnya kayak stell stang sher, bersihkan knalpot, pokoknya yg berat-berat juga murah, ane dah foto tuh daftar harga service nya emoticon-Big Grin

punya motor yang penting mesin sehat, nyaman dipake, kalo aksesoris jangan terlalu deh, malah ngrusak material yang ada di motor emoticon-Smilie

Oya dan jangan lupa pake pertamax ya, Biar mesin awet, tarikan juga enak.

Satu lagi, jangan lupa menabung emoticon-Big Grin

Silahkan di share bagi pengguna ninja rr.
Trims
Diubah oleh mocha.mic 31-12-2013 14:19
0
126.6K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan