carolpowerAvatar border
TS
carolpower
Ternyata KPR Ada 8 Jenisnya! Agan udah tau yang mana aja?
Haii gan..
emoticon-Hai

Udah pada tau kan KPR itu apa? kalo udah tau, tau gak kalo KPR itu terbagi kedalam 8 jenis.
Kalo agan/sista pengen beli rumah dengan skema KPR, agan/sista perlu tau nih tiga jenis KPR yang berlaku di Indonesia. Apa aja tuh 8 jenis KPR nya? Ini dia gan.

Cekibrooot emoticon-Ngacir

1. KPR Subsidi



√ Diatur oleh pemerintah (Kementerian √ Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dalam skema FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan).
√ Ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang

√ belum memiliki rumah.
√ Rumah yang dibiayai maksimal tipe 36
√ Rumah subsidi tidak boleh dijual setidaknya dalam lima tahun pertama.
√ Suku bunga flat 7,25% sudah termasuk premi asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan asuransi kredit.
√ Tenor (masa cicilan) maksimal 20 tahun.
√ Bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

KPR jenis ini merupakan fasilitas dari pemerintah yang disalurkan lewat bank. KPR ini memiliki harga, uang muka dan bunga yang lebih rendah dari KPR konvensional. Namun, KPR ini ditujukan masyarakat dengan penghasilan rendah dan belum punya rumah. Tipe rumah yang dibiayai pun maksimal tipe 36. Lokasi rumah biasanya terpencil dengan akses yang cukup sulit.

2. KPR Non-Subsidi (Komersial)



√ Diperuntukkan untuk seluruh masyarakat
√ Syarat dan ketentuan ditetapkan bank pemberi kredit
√ Suku bunga disesuaikan dengan naik-turunnya BI Rate atau kebijakan bank
√ Mengenal value of money, sehingga jika konsumen terlambat atau √ menunggak pembayaran akan dikenakan sanksi berupa denda
√ Tenor berkisar 5 – 25 tahun
√ Jenis properti yang bisa diajukan adalah rumah, ruko, rukan, dan apartemen

KPR ini paling banyak diketahui orang. Hampir seluruh bank menyediakan KPR non-subsidi ini. Syarat dan bunga tiap bank pun berbeda-beda. Suku bunga yang dikenakan akan berdasarkan BI Rate. Jika menunggak atau terlambat, bank akan mengenakan denda yang besar. Untuk tenor cicilan, mulai dari 5-25 tahun.

3. KPR Syariah



√ Menggunakan prinsip akad Murabahah (jual-beli)
√ Tidak mengenal sistem bunga
√ Cicilan flat selama masa tenor
√ Tidak mengenal value of money, sehingga jika konsumen terlambat atau menunggak pembayaran, tidak akan didenda
√ Tenor berkisar 5 – 15 tahun
√ Properti yang bisa diajukan adalah rumah, ruko, rukan, dan apartemen

4. KPR pembelian.



KPR ini memungkinkan bank meminjamkan uang untuk membeli rumah. Kemudian, rumah tersebut atau properti lain juga bisa dijadikan agunan.

5. KPR refinancing



KPR jenis ini sebenarnya bukan jenis pembiayaan untuk membeli rumah. KPR refinancing lebih termasuk dalam pinjaman pribadi. Sebagai jaminannya, Anda bisa menggunakan surat tanah.

6. KPR Take Over



Meski tak banyak yang menawarkannya, terdapat beberapa bank yang menawarkan fasilitas untuk memindahkan KPR ke bank lain dengan keuntungan tambahan batas pinjaman. KPR jenis ini sebenarnya merupakan persaingan antar bank guna mendapat konsumen baru.

7. KPR Angsuran Berjenjang



KPR ini menawarkan pinjaman untuk pembelian rumah dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok hingga tahun ke tiga masa pinjaman.

8. KPR Duo



Meski sangat jarang bank menawarkannya, KPR jenis ini memberi fasilitas untuk membeli rumah, apartemen atau ruko sekaligus kendaraan.

----

Share pengalaman dari adik ipar ane, Setelah Setelah baca tentang KPR, adik ipar ane jadi tertarik untuk mencari tau produk KPR dari bank di Indonesia. Semua bank pastinya saat ini sedang bersaing untuk menyediakan produk KPR dengan bunga rendah, approval mudah, proses cepat dan bunga fix.

Dia pun membandingkan KPR yang disediakan Mand*ri dan CIM* Niaga sesuai yang ditulis di website mereka.
Keuntungan yang diberikan oleh Mand*ri yaitu suku bunga kompetitif dan jangka waktu fleksibel hingga 15 tahun, sedangkan CIM* Niaga menyediakan pembiayaan mulai 100 juta hingga 50 miliar dan waktu pinjaman sampai 20 tahun.

Dua-duanya emang menarik. Tapi akhirnya adik ipar ane milih KPR CIM* Niaga, karena dia menyediakan pembiayaan besar dengan jangka waktu yang lebih lama. Gak tau karena dia tau ane pake KPR CIM* Niaga apa gimana. Tapi emang ane akuin sih, mereka bagus di produk KPR nya.

Buat yang pengen mengajukan kredit pemilikan rumah (berdasarkan pengalaman pribadi) adalah harus siapkan dana tunai untuk biaya KPR dan Uang Muka KPR itu. Nah kalau pengen biaya KPR, tungguin itu promo-promo dari developer, banyak diskon yang ditawarkan untuk KPR oleh mereka, seperti biaya KPR gratis. emoticon-Ngakak (S)Cuma biasanya kalau ada gratisan gitu, ada ikatan tertentu, so jangan lupa ya… baca syarat dan ketentuan berlaku. Ini penting!!!!

Ada komentar lain?? Share ya gan! emoticon-Big Grin
0
6.5K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan