momodjahat69Avatar border
TS
momodjahat69
※[PENYAKIT OCD]※ ANTARA BERBAHAYA DAN BIKIN GILA + PENGOBATANYA.DARI MANTAN PENDERITA
Gara gara ada seorang kaskuser yg curhat dengan penyakit OCD nya alias SEMPAK ORDERNYA eh maksud ane gangguan komplusif .

Dicopas/dikutip dari sumber terpercaya
http://www.alodokter.com/ocd

Mari kita lihat apa itu OCD sebenarnya emoticon-Big Grin


Pengertian OCD (Obsessive Compulsive Disorder)


Gangguan obsesif kompulsif atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan OCD adalah kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif. Kelainan ini ditandai dengan pikiran dan ketakutan tidak masuk akal (obsesi) yang dapat menyebabkan perilaku repetitif (kompulsi). Misalnya, orang yang merasa harus memeriksa pintu dan jendela lebih dari tiga kali sebelum meninggalkan rumahnya.(noh dah tau kan, kalo ente merasa kaya gini dan cemasa dan bahkan telah melakukan hal sama secara cemas maka ente terkena OCD dan ane pernah parah min 5x ane cek sambil was was. Edan kan. Emang edan sih emoticon-Leh Uga, dan sekarang ane rada berkurang lah emoticon-Big Grin)



Jumlah pasti penderita OCD sulit diketahui karena para penderita umumnya enggan ke dokter. Tetapi Anda tidak perlu malu dan menutupinya jika mengalami OCD. Gangguan ini merupakan penyakit jangka panjang seperti halnya tekanan darah tinggi dan diabetes.emoticon-Takut (S) (fix gan/sis. Ane oranya darah tinggian emoticon-Takut (S))

Gejala OCD yang muncul pada tiap penderita berbeda-beda. Ada yang ringan di mana penderita menghabiskan sekitar satu jam bergelut dengan pikiran obsesif dan perilaku kompulsifnya, tapi ada juga yang parah mengalami gangguan ini hingga mengendalikan hidupnya.(nah kalo ini kaya yg ane sebutin di judul emoticon-Betty (S) berbahaya dan bisa bikin GILA emoticon-Takut (S))

Penderita OCD juga umumnya terpuruk dalam pola pikiran dan perilaku tertentu. Ada empat tahap utama dalam kondisi OCD, yaitu obsesi, kecemasan, kompulsi, dan kemudian kelegaan sementara.

Obsesi muncul saat pikiran penderita terus dikuasai oleh rasa ketakutan atau kecemasan. Kemudian obsesi dan rasa kecemasan akan memancing aksi kompulsi di mana penderita akan melakukan sesuatu agar rasa cemas dan tertekan dikurangi. Perilaku kompulsif tersebut akan membuat penderita merasa lega untuk sementara, tapi obsesi serta kecemasan akan kembali dan membuat penderita mengulangi pola tersebut.

Sifat perfeksionis berbeda dengan gejala OCD. Menjaga kebersihan serta kerapian yang berlebihan bukan berarti Anda menderita OCD.(kalo perfecksionis itu ingin selalu merasa sempurna. Kalo OCD ente bakalan merasa cemas dan was was sih. Pikiran kemana mana , kaya kena HAP HAP gituh emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)) Pikiran OCD bukan hanya sekadar rasa cemas yang ekstrem tentang masalah dalam kehidupan. Jika obsesi dan kompulsi sudah menghambat rutinitas, periksakan diri ke dokter atau psikolog.

[size="5"Faktor Risiko Dalam OCD[/size]

Penyebab OCD belum berhasil diketahui secara pasti, tapi banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menganalisis adanya sejumlah faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko OCD. Di antaranya:

Quote:


Langkah Pengobatan dan Komplikasi OCD

Tingkat pengobatan OCD bergantung kepada sejauh apa dampak OCD yang Anda alami dalam kehidupan Anda. Ada beberapa langkah dalam penanganan OCD, yaitu:

●Terapi perilaku kognitif (CBT). Terapi ini dapat membantu Anda untuk mengurangi kecemasan dengan mengubah cara pikir dan perilaku Anda.

●Penggunaan obat-obatan untuk mengendalikan gejala yang Anda alami.
Mencari bantuan medis adalah hal terpenting bagi penderita OCD karena mereka memiliki kemungkinan untuk sembuh atau setidaknya untuk menikmati hidup dengan mengurangi gejalanya.

Jika tidak ditangani, perasaan tertekan dapat bertambah parah dan membuat penderita makin sulit untuk menghadapi OCD sehingga mengalami depresi. Tingkat depresi yang parah bahkan dapat memicu dorongan untuk bunuh diri.(noh ane bilang juga apa emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)bisa bikin BUNUH DIRI , berbahaya banget emoticon-Takut (S), untung ane kagak modar kena ginian. Ya meskipun rasa pengen bunuh diri selalu terbesit emoticon-Ngakak (S))

LANJUT KE PENYEBABNYA GAN/SIS



peyebabnya apaan sih gan sis emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S)emoticon-Betty (S), kita simak dibawah ini emoticon-kisssing

Penyebab pasti dari gangguan ini belum berhasil ditemukanemoticon-Betty (S), tapi faktor keturunan dan pengaruh kehidupan yang berat diduga berperan besar sebagai pemicu OCD.

Jika memiliki orang tua atau saudara yang mengidap OCD, risiko Anda untuk menderita gangguan yang sama juga dipercaya akan meningkat lebih dari tiga kali lipat. Penelitian menunjukkan bahwa OCD mungkin muncul akibat gen keturunan tertentu yang memengaruhi perkembangan otak.

Kejadian signifikan atau menyedihkan dan yang menyebabkan trauma, seperti kehilangan anggota keluarga atau keretakan hubungan keluarga, dapat memicu OCD pada mereka yang lebih berisiko terkena OCD misalnya akibat keturunan. Walau tidak menyebabkan OCD, stres dapat memperparah gejala-gejala OCD pada penderitanya.

Di luar kedua faktor tersebut, ada beberapa hal lain yang juga diperkirakan dapat memicu OCD. Di antaranya:

Quote:


(kalo ane kayanya OCD karena masalah otak, kebanyakan ya gitu. rasa cemas yg berlebihan emoticon-Ngakak (S))

LALU BAGAIMANA CARA PENGOBATANYA???[/size
Spoiler for cara pengobatan OCD:



kalo ada waktu ane beresin nih thread, sekarang JUM'ATAN DULU GAN/SIS

rate 5 dulu lah emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Bila berkenan cendolnya emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Sumber:http://www.alodokter.com/ocd

Bagi yang merasa mengalami hal ts silahkan bertanya pada dokter yg akan menjawab di sumber, ane lihat banyak yg nanya kok. Jadi gak usah malu emoticon-Ngakak. Ane aja mantan OCD emoticon-Leh Uga.

Kalo gak mau, coba tanya ke FORUM HEALTH and MEDICAL, disana ada momod heane yg bisa jawab emoticon-Kiss

So, lo jangan tanya ke anak DP kalo masalah ginian emoticon-Ngakak

Next diupdate emoticon-Big Grin
nona212
nona212 memberi reputasi
1
11.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan