Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budygloryAvatar border
TS
budyglory
Rumah Garuda
Rumah Garuda


Rumah Garuda

Rumah Garuda

RUMAH GARUDA


(Antara)-Sebuah museum sederhana didirikan seorang dosen untuk mengingatkan masyarakat akan dasar negara Republik Indonesia. Museum sederhana yang terletak di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta ini, dikenal dengan Nama Rumah Garuda. Seperti apa isinya,mari kita simak liputan berikut ini.

Sepintas tidak ada yang istimewa dari rumah sederhana di dusun krantil Desa Pendowoharjo Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan baru terlihat setelah kita memasuki bangunan berukuran 6x6 meter ini.

Berbagai bentuk burung garuda mulai dari foto, miniatur, lukisan, hingga berbagai macam akeseoris dipamerkan disini, termasuk cerita sejarah asal muasal lambang garuda pancasila.

Rumah Garuda


Pemilik rumah garuda Nanang Rahmat Hidayat, mendirikan rumah garuda pada tahun 2003, untuk melestarikan lambang negara Indonesia. Baginya, ini adalah cara menunjukkan kepada masyarakat, tentang asal usul sejarah perancangan garuda sebagai lambang negara.

Nanang yang berprofesi sebagai dosen di fakultas seni media rekam institut seni Indonesia Yogyakarta, merasa tergerak untuk mengulas sejarah Indonesia. Koleksi-koleksinya sendiri ada yang dia dapat dari berburu di pasar barang loak, dan dari hibah. Bahkan ada satu koleksi burung garuda yang ia temukan di pasar loak yang dipercaya merupakan peninggalan era majapahit, yang berbentuk burung berwujud tokoh pewayangan semar dan berbahan terakota.

Pancasila menurut Nanang mengajarkan rakyat Indonesia untuk bagaimana bersosial, bertoleransi, dan merupakan sebuah ideologi, yang mampu menetralisir perbedaan-perbedaan, dalam cengkaraman bhineka tunggal ika.

Nanang menambahkan, di era saat ini, pendidikan moral berasaskan pancasila sudah waktunya kembali digemakan terlebih kepada generasi muda, sebagai modal penerus bangsa.


0
3.5K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan