- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Yuk Kita Mengenal Galangan Kapal


TS
farkhanali
Yuk Kita Mengenal Galangan Kapal

Quote:
Quote:


Quote:

Quote:
Assalamualaikum wr.wb. Hallo agan-agan semua, ane harap agan semua dalam kondisi sehat dan tetap semangat dalam menjalani hari-hari agan semua. Terima kasih sebelumnya buat agan-agan kaskuser atas supportnya sehingga thread ini menjadi Hot Threadpada hari Senin 14/3/2016. Pada kesempatan ini, ane mau membahas tentang galangan kapal mulai dari pengertian, fungsi, fasilitas, jenis-jenis galangan dan dok, serta perusahaan galangan terbesar di dunia dan di Indonesia. Yuk langsung aja...


~Mari Kita Mengenal Galangan Kapal~

Quote:
Quote:
Pengertian dan Fungsi Galangan Kapal
Quote:

Quote:
Galangan kapal adalah sebuah tempat yang dirancang untuk memperbaiki dan membuat kapal. Kapal-kapal ini dapat berupa kapal pesiar/yacht, armada militer, cruise line, pesawat barang atau penumpang.
Negara-negara dengan kemampuan membangun industri pembuatan kapal besar termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Republik Rakyat Tiongkok. Industri pembuatan kapal di Eropa lebih terpecah dibanding dengan di Asia. Dalam negara-negara Eropa ada lebih banyak perusahaan kecil, dibanding dengan pembuat kapal di Asia yang lebih sedikit namun besar.
Kebanyakan pembuat kapal di Amerika Serikat dimiliki pribadi, dengan yang terbesar adalah Northrop Grumman sebuah kontraktor pertahanan multi-miliar dolar.
Sebuah lokasi galangan kapal besar akan berisi banyak crane, dok kering, slipway, gudang bebas-debu, fasilitas pengecatan dan tempat yang sangat luas untuk fabrikasi kapal-kapal tersebut.
Galangan Kapal Juga Dapat Di gunakan Sebagai Proses pembangunan Kapal meliputi desain, pemasangan gading awal, pemasangan plat lambung, instalasi peralatan, pengecekan, test kelayakan, hingga klasifikasai oleh Class yang telah ditunjuk.
Sedangkan untuk proses perbaikan / pemeliharaan bisanya meliputi perbaikan konstruksi lambung, perbaikan propeller sterntube, perawatan main engine dan peralatan lainnya.
Setelah tidak layak digunakan, kapal tersebut akan melakukan perjalanan terakhir ke galangan penghancuran kapal, seringkali di sebuah pantai di Asia Selatan. Dahulu pemecahan kapal dilaksanakan di dok kering di negara maju, tetapi gaji tinggi dan peraturan lingkungan telah mengakibatkan pergerakan industri ini ke wilayah yang sedang berkembang.
Negara-negara dengan kemampuan membangun industri pembuatan kapal besar termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Republik Rakyat Tiongkok. Industri pembuatan kapal di Eropa lebih terpecah dibanding dengan di Asia. Dalam negara-negara Eropa ada lebih banyak perusahaan kecil, dibanding dengan pembuat kapal di Asia yang lebih sedikit namun besar.
Kebanyakan pembuat kapal di Amerika Serikat dimiliki pribadi, dengan yang terbesar adalah Northrop Grumman sebuah kontraktor pertahanan multi-miliar dolar.
Sebuah lokasi galangan kapal besar akan berisi banyak crane, dok kering, slipway, gudang bebas-debu, fasilitas pengecatan dan tempat yang sangat luas untuk fabrikasi kapal-kapal tersebut.
Galangan Kapal Juga Dapat Di gunakan Sebagai Proses pembangunan Kapal meliputi desain, pemasangan gading awal, pemasangan plat lambung, instalasi peralatan, pengecekan, test kelayakan, hingga klasifikasai oleh Class yang telah ditunjuk.
Sedangkan untuk proses perbaikan / pemeliharaan bisanya meliputi perbaikan konstruksi lambung, perbaikan propeller sterntube, perawatan main engine dan peralatan lainnya.
Setelah tidak layak digunakan, kapal tersebut akan melakukan perjalanan terakhir ke galangan penghancuran kapal, seringkali di sebuah pantai di Asia Selatan. Dahulu pemecahan kapal dilaksanakan di dok kering di negara maju, tetapi gaji tinggi dan peraturan lingkungan telah mengakibatkan pergerakan industri ini ke wilayah yang sedang berkembang.

Quote:
Quote:
Jenis-Jenis Galangan Kapal
Quote:

Quote:
Jenis-jenis galangan kapal meliputi:
1. Building dock shipyard.
2. Repair dock shipyard.
3. Building and repair shipyard.
1. Building dock shipyard.
Building dock shipyard adalah tempat yang digunakan hanya dalam ruang lingkup pembangunan kapal baru (New Building)
2. Repair dock shipyard
Repair dock shipyard adalah tempat yang digunakan hanya ruang lingkup perbaikan kapal (Repair) dan Pemeliharaan kapal (Maintenance).
3. Building and repair shipyard
Tempat yang dapat digunakan dalam ruang lingkup baik pembangunan kapal baru dan repair atau maintenance. Contohnya pada galangan PT. SAMUDRA MARINE INDONESIA - CILEGON
1. Building dock shipyard.
2. Repair dock shipyard.
3. Building and repair shipyard.
1. Building dock shipyard.
Building dock shipyard adalah tempat yang digunakan hanya dalam ruang lingkup pembangunan kapal baru (New Building)
2. Repair dock shipyard
Repair dock shipyard adalah tempat yang digunakan hanya ruang lingkup perbaikan kapal (Repair) dan Pemeliharaan kapal (Maintenance).
3. Building and repair shipyard
Tempat yang dapat digunakan dalam ruang lingkup baik pembangunan kapal baru dan repair atau maintenance. Contohnya pada galangan PT. SAMUDRA MARINE INDONESIA - CILEGON

Quote:
Quote:
Docking Kapal
Quote:

Quote:
Docking Kapal adalah suatu peristiwa pemindahan kapal dari air/laut ke atas dock dengan bantuan fasilitas docking/pengedockan. Untuk melakukan pengedokan kapal ini, harus dilakukan persiapan yang matang dan berhati-hati mengingat spesifikasi kapal yang berbeda-beda.

Quote:
Quote:
JENIS-JENIS PEKERJAAN REPARASI KAPAL DI ATAS DOCK/GALANGAN :
Quote:

Quote:
1. Penerimaan kapal didermaga
2. Persiapan pengedokan/dudukan kapal
3. Pengedokan kapal (Docking)
4. Pembersihan badan kapal
5. Pemeriksaan kerusakan lambung/konstruksi lainnya
6. Pelaksanaan pekerjaan (konstruksi badan, mesin, listrik dan lainnya)
7. Pemeriksaan hasil pekerjaan
8. Pengecatan lambung kapal
9. Penurunan kapal dari dalam dock (Undocking)
10. Penyelesaian pekerjaan diatas air/sandar di jetty
11. Percobaan/Trial
12. Penyerahan kapal kepada pemilik kapal
2. Persiapan pengedokan/dudukan kapal
3. Pengedokan kapal (Docking)
4. Pembersihan badan kapal
5. Pemeriksaan kerusakan lambung/konstruksi lainnya
6. Pelaksanaan pekerjaan (konstruksi badan, mesin, listrik dan lainnya)
7. Pemeriksaan hasil pekerjaan
8. Pengecatan lambung kapal
9. Penurunan kapal dari dalam dock (Undocking)
10. Penyelesaian pekerjaan diatas air/sandar di jetty
11. Percobaan/Trial
12. Penyerahan kapal kepada pemilik kapal

Quote:
Quote:
Fasilitas Galangan Kapal
Quote:

Quote:
Suatu Galangan Kapal, minimal mempunyai fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
1. Kantor
2. Fasilitas perancangan.
3. Gudang material.
4. Bengkel pelat dan pipa.
5. Bengkel mesin dan Listrik.
6. Tempat untuk pembangunan kapal.
7. Tempat untuk mereparasi kapal.
Perletakan kantor, bengkel dan fasilitas-fasilitas yang lain sangat tergantung kepada bentuk tanah dimana galangan kapal tersebut berada. Yang harus diperhatikan dalam penyusunan letak bengkel ialah berusaha memudahkan urutan rangkaian pekerjaan dan aliran material. Untuk jelasnya perhatikanlah bagan aliran kegiatan berikut ini.
a. Kantor.
Bagian kantor biasanya mengurusi atministrasi kebutuhan galangan, mengatur keuangan dan segala kegiatan yang berhubungan dengan sistem perjalanan perusahaan.
b. Perancangan
Bagian perancangan bertugas untuk melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan order yang diterima, maksudnya segala perhitungan dan gambar dilakukan di bagian ini, termasuk perhitungan harga, kebutuhan material, sampai dengan gambar kerja untuk dilaksanakan di bengkel.
c. Gudang material.
Tempat yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan bahan baku pembuatan kapal atau peralatan yang digunakan untuk penggunaan pembangunan kapal
d. Bengkel Pelat dan Pipa
Bagian pelat bertugas untuk mengerjakan penggambaran dengan skala 1 : 1 sebagai dasar membuat rambu untuk pemotongan dan pembentukan pelat, pemotongan dan pembentukan profil untuk gadinggading dan segala pekerjaan pelat yang lain. Di bengkel pelat juga merupakan tempat untuk merangkai pelat dan profil yang sudah terpotong berdasarkan gambar kerja, menjadi seksi-seksi konstruksi badak kapal ( untuk bangunan baru ), serta menyiapkan potongan pelat yang sudah terbentuk sesuai kebutuhan reparasi. Bagian pipa bertugas untuk memotong dan membentuk pipa sesuai gambar kerja, baik untuk kebutuhan bangunan baru maupun untuk kebutuhan reparasi. Mengingat tugas yang dikerjakannya, bengkel pipa sangat erat hubungannya dengan bengkel mesin, maka biasanya di galangan kapal yang besar bagian pipa ini di pisah dari bengkel pelat. Sesuai dengan pekerjaan pelat dan pipa, maka didalam pekerjaansi bengkel pelat dan pipa selalu disertai pekerjaan memotong (dengan brander) serta mengelas untuk merangkai bagian-bagian konstruksi/pipa.
e. Bengkel Mesin dan Listrik
Bagian mesin bertugas untuk penyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan mesin perkakas, seperti: membubut, frais, skrap, bor, koter dan sebagainya, serta pekerjaan permesinan kapal. Bagian listrik bertugas untuk memasang instalasi listrik dan membuat serta memasang panel-panel listrik di kapal. Bagian ini juga bertugas untuk pebaikan dan atau pemasangan motor-motor listrik generator. Seperti halnya pada bengkel pipa, biasanya di galangan kapal yang besar bagian listrik ini di pisahkan dari bengkel mesin.
f. Tempat pembangunan kapal
Di tempat pembangunan kapal, selalu dilengkapi dengan alat angkat berat ( kran ), untuk mengangkat seksi-seksi konstruksi yang telah di selesaikan di bengkel pelat. Tempat pembangunan kapal, mempunyai paling tidak 1 (satu) lajur balok konstruksi beton, yang merupakan sebagai tempat untuk meletakkan lunas kapal pada saat pembangunan kapal (baru).
g. Tempat untuk mereparasi kapal.
Tempat yang digunakan untuk melakukan perbaikan kapal, seperti perbaikan rudder ( kemudi ), propeller ( baling-baling ), sterntube, main engine, dll.
1. Kantor
2. Fasilitas perancangan.
3. Gudang material.
4. Bengkel pelat dan pipa.
5. Bengkel mesin dan Listrik.
6. Tempat untuk pembangunan kapal.
7. Tempat untuk mereparasi kapal.
Perletakan kantor, bengkel dan fasilitas-fasilitas yang lain sangat tergantung kepada bentuk tanah dimana galangan kapal tersebut berada. Yang harus diperhatikan dalam penyusunan letak bengkel ialah berusaha memudahkan urutan rangkaian pekerjaan dan aliran material. Untuk jelasnya perhatikanlah bagan aliran kegiatan berikut ini.
a. Kantor.
Bagian kantor biasanya mengurusi atministrasi kebutuhan galangan, mengatur keuangan dan segala kegiatan yang berhubungan dengan sistem perjalanan perusahaan.
b. Perancangan
Bagian perancangan bertugas untuk melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan order yang diterima, maksudnya segala perhitungan dan gambar dilakukan di bagian ini, termasuk perhitungan harga, kebutuhan material, sampai dengan gambar kerja untuk dilaksanakan di bengkel.
c. Gudang material.
Tempat yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan bahan baku pembuatan kapal atau peralatan yang digunakan untuk penggunaan pembangunan kapal
d. Bengkel Pelat dan Pipa
Bagian pelat bertugas untuk mengerjakan penggambaran dengan skala 1 : 1 sebagai dasar membuat rambu untuk pemotongan dan pembentukan pelat, pemotongan dan pembentukan profil untuk gadinggading dan segala pekerjaan pelat yang lain. Di bengkel pelat juga merupakan tempat untuk merangkai pelat dan profil yang sudah terpotong berdasarkan gambar kerja, menjadi seksi-seksi konstruksi badak kapal ( untuk bangunan baru ), serta menyiapkan potongan pelat yang sudah terbentuk sesuai kebutuhan reparasi. Bagian pipa bertugas untuk memotong dan membentuk pipa sesuai gambar kerja, baik untuk kebutuhan bangunan baru maupun untuk kebutuhan reparasi. Mengingat tugas yang dikerjakannya, bengkel pipa sangat erat hubungannya dengan bengkel mesin, maka biasanya di galangan kapal yang besar bagian pipa ini di pisah dari bengkel pelat. Sesuai dengan pekerjaan pelat dan pipa, maka didalam pekerjaansi bengkel pelat dan pipa selalu disertai pekerjaan memotong (dengan brander) serta mengelas untuk merangkai bagian-bagian konstruksi/pipa.
e. Bengkel Mesin dan Listrik
Bagian mesin bertugas untuk penyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan mesin perkakas, seperti: membubut, frais, skrap, bor, koter dan sebagainya, serta pekerjaan permesinan kapal. Bagian listrik bertugas untuk memasang instalasi listrik dan membuat serta memasang panel-panel listrik di kapal. Bagian ini juga bertugas untuk pebaikan dan atau pemasangan motor-motor listrik generator. Seperti halnya pada bengkel pipa, biasanya di galangan kapal yang besar bagian listrik ini di pisahkan dari bengkel mesin.
f. Tempat pembangunan kapal
Di tempat pembangunan kapal, selalu dilengkapi dengan alat angkat berat ( kran ), untuk mengangkat seksi-seksi konstruksi yang telah di selesaikan di bengkel pelat. Tempat pembangunan kapal, mempunyai paling tidak 1 (satu) lajur balok konstruksi beton, yang merupakan sebagai tempat untuk meletakkan lunas kapal pada saat pembangunan kapal (baru).
g. Tempat untuk mereparasi kapal.
Tempat yang digunakan untuk melakukan perbaikan kapal, seperti perbaikan rudder ( kemudi ), propeller ( baling-baling ), sterntube, main engine, dll.

Quote:
Quote:
Jenis-Jenis Dok yang Umum di Gunakan di Galangan Kapal
Quote:
1. Dock Kolam (Graving Dock/Dry Dock)
2. Dock Apung (Floating Dock)
3. Dock Tarik (Slipway)
4. Dock Angkat (Syncrholift)
1. DOCK KOLAM (GRAVING DOCK/DRY DOCK).
Graving Dock yaitu suatu fasilitas docking kapal berupa kolam besar di pinggir laut, dimana konstruksi sipilnya terdiri dari dinding beton dan lantai beton dengan menumpu kepada tiang pancang dibawah lantai. Dan pintu/gate pada umumnya terbuat dari elemen baja dan kontak langsung dengan laut/samudera.
2. DOCK APUNG (FLOATING DOCK)
Floating Dock adalah suatu bangunan konstruksi dilaut yang digunakan untuk pengedokan kapal dengan cara menenggelamkan dan mengapungkan dalam arah vertikal. Konstruksi floating dock ini umumnya terbuat dari baja dan plat.
3. DOCK TARIK (SLIPWAY)
Slipway adalah suatu fasilitas pengedokan kapal dengan cara menarik kapal dari permukaan air laut, kemudian mendudukkan kapal pada (gerobak/craddle). Dengan bantuan mesin derek/tarik, wire rope/tali baja dan sebagai jalan dari kereta dengan sudut kemiringan tertentu yaitu 1:12 s/d 1:16.
4. DOCK ANGKAT (SYNCRHOLIFT).
Dock angkat adalah salah satu jenis pengedokan yang jarang dijumpai, pada galangan harus ada dan memenuhi daya angkat yang telah ditentukan pada kapal
2. Dock Apung (Floating Dock)
3. Dock Tarik (Slipway)
4. Dock Angkat (Syncrholift)
1. DOCK KOLAM (GRAVING DOCK/DRY DOCK).
Spoiler for Graving Dock:

Graving Dock yaitu suatu fasilitas docking kapal berupa kolam besar di pinggir laut, dimana konstruksi sipilnya terdiri dari dinding beton dan lantai beton dengan menumpu kepada tiang pancang dibawah lantai. Dan pintu/gate pada umumnya terbuat dari elemen baja dan kontak langsung dengan laut/samudera.
2. DOCK APUNG (FLOATING DOCK)
Spoiler for Floating Dock:

Floating Dock adalah suatu bangunan konstruksi dilaut yang digunakan untuk pengedokan kapal dengan cara menenggelamkan dan mengapungkan dalam arah vertikal. Konstruksi floating dock ini umumnya terbuat dari baja dan plat.
3. DOCK TARIK (SLIPWAY)
Spoiler for Slipway:

Slipway adalah suatu fasilitas pengedokan kapal dengan cara menarik kapal dari permukaan air laut, kemudian mendudukkan kapal pada (gerobak/craddle). Dengan bantuan mesin derek/tarik, wire rope/tali baja dan sebagai jalan dari kereta dengan sudut kemiringan tertentu yaitu 1:12 s/d 1:16.
4. DOCK ANGKAT (SYNCRHOLIFT).
Spoiler for Syncrholift:

Dock angkat adalah salah satu jenis pengedokan yang jarang dijumpai, pada galangan harus ada dan memenuhi daya angkat yang telah ditentukan pada kapal

Quote:
Quote:
Daftar Galangan Kapal Terkenal
Quote:

Quote:
Berikut Daftar Galangan Kapal Terkenal di Dunia
1. Devonport Dockyard – Plymouth, Inggris
2. Sasebo Heavy Industries Co., Ltd - Sasebo, Jepang
3. Northrop Grumman Newport News - Amerika Serikat
4. Uwajima Shipyard - Uwajima, Jepang
5. Mitsui Engineering & amp; Shipbuilding Co., Ltd. - Tamano, Jepang
6. Hyundai Heavy Industries Co., Ltd. - Korea Selatan
7. Niigata Shipbuilding & amp; Repair, Inc. - Niigata, Jepang
8. PT Surya Prima Bahtera Heavy Industries – Batam, Indonesia
9. PT Galangan Mercusuar – Batam, Indonesia
10. PT Usda Seroja Jaya - Batam, Indonesia
Berikut Daftar Galangan Terkenal di Indonesia
1. PT PAL Indonesia - Surabaya
2. PT IKI - Makassar
3. PT Dok dan Perkapalan Subabaya - Surabaya
4. PT Janata Marina Indah - Jakarta
5. PT Inggom Shipyard – Jakarta
6. PT Daya Radar Utama – Jakarta
7. PT Dok Kodja Bahari – Jakarta
8. PT SARANA BAHTERA SHIPYARD – Tegal
9. PT BATIMENT DWI JAYA - Batam
10. PT Waruna Nusa Sentana ( Waruna Shipyard ) - Belawan
11. PT Surya Prima Bahtera Heavy Industries – Batam
12. PT. Jaya Asiatic Shipyard
13. PT. Batanece shipyard
14. PT. Surya Prima Bahtera
15. PT. Karimun Sembawang Shipyard
16. PT. Pan United Shipyard Industri
17. PT. Nanindah Mutiara Shipyard
18. PT. Dumas Surabaya
1. Devonport Dockyard – Plymouth, Inggris
2. Sasebo Heavy Industries Co., Ltd - Sasebo, Jepang
3. Northrop Grumman Newport News - Amerika Serikat
4. Uwajima Shipyard - Uwajima, Jepang
5. Mitsui Engineering & amp; Shipbuilding Co., Ltd. - Tamano, Jepang
6. Hyundai Heavy Industries Co., Ltd. - Korea Selatan
7. Niigata Shipbuilding & amp; Repair, Inc. - Niigata, Jepang
8. PT Surya Prima Bahtera Heavy Industries – Batam, Indonesia
9. PT Galangan Mercusuar – Batam, Indonesia
10. PT Usda Seroja Jaya - Batam, Indonesia
Berikut Daftar Galangan Terkenal di Indonesia
1. PT PAL Indonesia - Surabaya
2. PT IKI - Makassar
3. PT Dok dan Perkapalan Subabaya - Surabaya
4. PT Janata Marina Indah - Jakarta
5. PT Inggom Shipyard – Jakarta
6. PT Daya Radar Utama – Jakarta
7. PT Dok Kodja Bahari – Jakarta
8. PT SARANA BAHTERA SHIPYARD – Tegal
9. PT BATIMENT DWI JAYA - Batam
10. PT Waruna Nusa Sentana ( Waruna Shipyard ) - Belawan
11. PT Surya Prima Bahtera Heavy Industries – Batam
12. PT. Jaya Asiatic Shipyard
13. PT. Batanece shipyard
14. PT. Surya Prima Bahtera
15. PT. Karimun Sembawang Shipyard
16. PT. Pan United Shipyard Industri
17. PT. Nanindah Mutiara Shipyard
18. PT. Dumas Surabaya


Quote:



Proses Docking

Proses Pembuatan Kapal Terbesar di Dunia
Quote:
Quote:


Quote:
Original Posted By putora.habibu►Satu lg gan Pengecatan.. Yang wajib dilakukan setiap docking , dimana meliputi 1coat anti corrosive, 2nd anti corrosive dan finish (dimana bawah garis air menggunakan antifouling, bottop menggunakan antifouling atau finish bottop tergantung kondisi kapal,dan finish topside)
Ini kapal kapal yang saya inspec
pengecatannya..ehhehehe
Sedikit berbagi


Ini kapal kapal yang saya inspec
pengecatannya..ehhehehe
Sedikit berbagi


Quote:
Original Posted By putora.habibu►Ane Paint Inspector gan, kerja di International Paint gan, basis inspec ane di dock kawasan nilam(tanjung perak surabaya), dok perkapalan surabaya, di dok marina gresik jawa timur, jadi ga menetap di dok mana tergantung kapal customer ane docking heheehhe
Quote:
Original Posted By dhobaelll►
harus siap kerja keras gan gak perduli ujan/ panas kalo belom waktu istirahat gak boleh stop

itu foto 1 coating CMIIW prosea pertama untuk membersihkan karang dari lambung kapal
harus siap kerja keras gan gak perduli ujan/ panas kalo belom waktu istirahat gak boleh stop


itu foto 1 coating CMIIW prosea pertama untuk membersihkan karang dari lambung kapal
Quote:
Original Posted By putora.habibu►
untuk surface preparation (penghilangan karang) agan atas ane(sory ngetik d hp soalnya) heheehh lupa nama idnya, itu ada full blasting dan sweep spot, klo di foto dihasilkan full blasting(fullblast : periapan permukaan pengecatan hingga metal), klo sweep spot penghilangan lapisan cat terluar (barnacle,slime,existing paint)
Klo 1 coating setelah dihasilkan surface preparation dilakukan cat pertama (1st coat) anticorrosive.
Jadi tahapan coating/painting setelah dry dock
1.scrapping (menghilangkan barnacle atau tiram)
2. Surface preparation(full blast atau sweep spot)tergantung spec yang telah disetujui oleh owner, surface preparation atas saran kami(paint inspector)
3. Jika dilakukan sweep spot(sweep bertujuan menghilangkan lapisan cat terluar,akar tiram, slime, dan spot adalah penghilangan karat yg tempatnya locallised atau setempat)
4.jika dilakukan fullblas disebabkan karena existing paint(cat yg menempel) sdh tidak kuat atau kondisi karat lebih dari 50%.
5. Dilakukan pengecatan AC1,AC2, AF(coating scheme BGA)
6. coating Scheme AGA AC1,AC2 Finish Coating(type cat Alkyd, Polyurathane, Epoxy, acrilic) sesuai spec
Remaks
AC :Anticorrosive
AF : Antifouling(anti barnacle/Tiram)
BGA :Batas garis air(tercelup air)
AGA : Atas garis air
untuk surface preparation (penghilangan karang) agan atas ane(sory ngetik d hp soalnya) heheehh lupa nama idnya, itu ada full blasting dan sweep spot, klo di foto dihasilkan full blasting(fullblast : periapan permukaan pengecatan hingga metal), klo sweep spot penghilangan lapisan cat terluar (barnacle,slime,existing paint)
Klo 1 coating setelah dihasilkan surface preparation dilakukan cat pertama (1st coat) anticorrosive.
Jadi tahapan coating/painting setelah dry dock
1.scrapping (menghilangkan barnacle atau tiram)
2. Surface preparation(full blast atau sweep spot)tergantung spec yang telah disetujui oleh owner, surface preparation atas saran kami(paint inspector)
3. Jika dilakukan sweep spot(sweep bertujuan menghilangkan lapisan cat terluar,akar tiram, slime, dan spot adalah penghilangan karat yg tempatnya locallised atau setempat)
4.jika dilakukan fullblas disebabkan karena existing paint(cat yg menempel) sdh tidak kuat atau kondisi karat lebih dari 50%.
5. Dilakukan pengecatan AC1,AC2, AF(coating scheme BGA)
6. coating Scheme AGA AC1,AC2 Finish Coating(type cat Alkyd, Polyurathane, Epoxy, acrilic) sesuai spec
Remaks
AC :Anticorrosive
AF : Antifouling(anti barnacle/Tiram)
BGA :Batas garis air(tercelup air)
AGA : Atas garis air
Quote:
Quote:
Penutup
Quote:
Sekian dari ane. Jika ada yang mau menambahkan ane terima dengan senang hati. Wassalamualaikum wr.wb
Quote:

Diubah oleh farkhanali 14-05-2016 02:21




4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
104.7K
Kutip
372
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan