Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Musim Hujan Bertambah Panjang


Metrotvnews.com, Jakarta: Curah hujan diperkirakan masih tinggi di sebagian wilayah Indonesia. Musim kemarau diprediksi akan datang lebih lama.


Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo menuturkan, fenomena La Nina mempengaruhi anomali cuaca tersebut. Sementara, musim kemarau pada 2016 diprediksi akan berlangsung singkat.


"Pada umumnya wilayah Jawa bagian Tengah ke arah Timur pada bulan Mei-Juni ini sudah masuk pada musim kemarau. Akan tetapi memang wilayah Jawa bagian Barat saat ini potensi hujan masih lumayan banyak. Nah di tahun 2016 ini ada potensi terjadi kondisi La Nina, artinya secara sederhana ada kecenderungan bertambahnya musim penghujan," tutur Mulyono saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Senin (30/5/2016).


Mulyono memaparkan, dalam kondisi normal, secara umum wilayah Indonesia mengalami musim kemarau mulai Maret hingga Oktober. Selain fenomena La Nina, wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan ini turut pula mempengaruhi perkembangan musim kemarau tersebut.


Musim kemarau, jelas dia, tidak akan rata terjadi dalam waktu bersamaan di seluruh wilayah Indonesia. "Wilayah Indonesia beragam dan bukan suatu daratan yang menyatu sehingga kondisi topografi dan geografis ini berpengaruh terhadap perkembangan musim kemarau," papar dia.


Mulyono mengungkap, pada wilayah Indonesia bagian barat, potensi curah hujan diprediksi masih dalam kondisi tinggi. BMKG telah memantau suhu laut di wilayah tersebut yang hasilnya dalam kondisi hangat.


Menurut Mulyono, kondisi suhu tersebut berpotensi membawa uap air di atmosfer dan berpotensi membuat curah hujan. "Ketersedian air ini potensial juga terjadinya pertumbuhan awan kemudian memunculkan curah hujan. Beberapa daerah yang kita monitor curah hujannya saat ini relatif masih tinggi," jelas dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...tambah-panjang

---

Kumpulan Berita Terkait MUSIM HUJAN :

- Musim Hujan Bertambah Panjang

- Tiga Hari ke Depan, Indonesia Berada di Puncak Musim Hujan

- Dampak Tingginya Intensitas Hujan di Indonesia

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
11.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan