Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

locked.awayAvatar border
TS
locked.away
Arti Dibalik Tiga Warna Lampu Indikator pada Mobil


emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Salam Kenal emoticon-Ultah emoticon-Salam Kenal emoticon-Repost emoticon-Repost


Banyak pengemudi mungkin sudah tahu bahwa Lampu indikator berfungsi untuk memberi informasi penting tentang kondisi mobil saat itu. Namun tidak semua orang tau makna dari lampu tersebut.

Lampu Indikator telah didesain dengan tampilan yang mudah untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang warna lampu indikator yang sebagiknya diketahui oleh para pengemudi.


Indikator adalah lambang atau lampu yang terletak pada panel instrument dasbor mobil memberi petunjuk ketika terjadi gangguan dalam mobil. Tujuannya agar segera ditangani dan diantisipasi.

Dikutip dari kompas.com, dalam buku berjudul Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, bagian chapter Bab IV membahas tentang konstruksi dalam kendaraan, dan lampu indikator.

Dalam buku ini juga diberitahu pentinggnya memperhatikan lambu indikator, dan segera mengambil langkah tindakan, karena dapat berakibat fatal jika diabaikan.

Karena sebelumnya telah banyak laman yang membahas tentang lambang atau gambar lampu indikator, disini akan dibahas tentang makna dibalik warna lampu indikator. Biasanya lampu indikator memiliki tiga jenis warna yaitu, hijau, kuning dan merah seperti lampu lalu lintas.
Warna yang berbeda memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat tentang skala prioritas lampu indikator berdasarkan warnanya. Seperti halnya lampu lalu lintas, lampu indikator berwarna hijau menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.


Yang berikutnya adalah warna kuning. Lampu indikator berwarna kuning menandakan bahwa ada beberapa hal atau kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi.Sama halnya dengan lampu lalu lintas berwarna kuning, pengecekan ataupun sekedar peringatan untuk berhati-hati menandakan lampu indikator dengan warna ini.

Petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.
Yang terakhir adalah lampu indikator berwarna merah. Lampu merah menandakan kondisi yang cukup genting. Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal bagi mobil Anda.

Jika warna merah terlihat pada indikator mobil Anda, maka lebih baik untuk segera berhenti dan secepatnya mengecek serta menyelesaikan masalah pada kendaraan Anda.



emoticon-Requestemoticon-Request emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal
0
7.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan