Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masdhekiAvatar border
TS
masdheki
Riset: Warga Indonesia Lanjut Usia Paling Hepi di Asia
Riset: Warga Indonesia Lanjut Usia Paling Hepi di Asia





Ekonom Bank Dunia Phillip O'Keeffe mengatakan tingkat deperesi warga usia lanjut (lansia) di Indonesia cenderung lebih kecil dibanding negara di Asia lainnya. Padahal menurut data dari Bank Dunia, lansia di Indonesia cenderung bekerja lebih banyak di kesehariaannya.

"Kami melihat angka depresi di dunia, dan Indonesia walaupun lansianya banyak yang masih bekerja keras, tapi angka depresinya rendah. Bahkan di usia lanjut. Ini luar biasa. Ini berbeda dengan di Cina yang justru tingkat depresi lansianya meningkat terus. Pun halnya, di Korea yang angka bunuh dirinya tinggi," kata O'Keeffe dalam diskusi bertajuk panjang umur dan sejahtera, di Kantor Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Senin, 23 Mei 2016.



Dari data Bank Dunia, di sejumlah negara Asia Timur dan Pasifik (ATP) termasuk Indonesia, laki-laki yang berada di atas usia 65 tahun, rata-rata bekerja 40 jam atau lebih per minggunya. Sedangkan perempuannya bekerja 30-45 jam per minggu. Hal tersebut terjadi di wilayah perkotaan.

"Di perkotaan, kenaikan persentase wiraswasta sekitar umur 60 tahun mencerminkan fakta bahwa pekerja wiraswasta perkotaan masih tetap bekerja setelah pensiun dari sektor formal," kata O'Keefe. Di pedesaan, angkanya lebih kecil, dengan jam kerja mencapai 30-40 jam per minggu bagi lelaki, dan 20-35 jam per minggu bagi perempuannya.



Karena itu, O'Keefe merasa heran dengan rendahnya tingkat depresi orang Indonesia. Padahal dari segi banyaknya jam kerja, lansia Indonesia memiliki jam kerja terpanjang bersama Cina dan Korea.

O'Keeffe menyebut hal ini kemungkinan terjadi karena sudah terbiasanya mereka terhadap tak terpenuhinya fasilitas kesehatan yang mereka dapat. Karena buruknya pelayanan pemerintah selama ini, kata dia, warga lanjut usia tidak berharap pemerintah akan membantu mereka. Ini justru yang membuat mereka tidak stress.



https://nasional.tempo.co/read/news/...g-hepi-di-asia

Kakek nenek di sini banyak momong cucu......emoticon-Malu
Tetap bekerja keras supaya bisa beliin jajan cucunya.................emoticon-Malu
Dan hepi menjalaninya............emoticon-rose



Yang ngaskus kayak mbahmomon sama simbah oralucu bikin hepi.................emoticon-Big Grin
0
8.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan