Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokolelono101Avatar border
TS
jokolelono101
Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan
Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan

Profesi supir adalah pekerjaan yang diperkirakan akan hilang lebih cepat dari antara pekerjaan2 lainnya dalam Revolusi Industri ke-4 atau Industy 4.0. Cirinya adalah otomatisasi banyak pekerjaan dan internet of things, ini adalah gejala awal. Negara2 maju sedang ramai mendiskusikan Industry 4.0 itu, demikian juga dalam World Economic Forum .Di negara2 berkembang seperti Indonesia ditingkat elite sebagian sudah menyadari, tapi kita masih berkutat dengan Revolusi Industri ke-3 dimana pemerintah berusaha menarik industri labour-intensive seperti assembling handphones ke Indonesia. Sementara infrastruktur kita seperti highway, pelabuhan samudera, kereta rel belum siap. Untunglah pemerintah Jokowi sudah memulai akselerasi hal itu. emoticon-No Hope emoticon-Sorry emoticon-Mewek

Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan

VIDEO MOBIL TANPA SUPIR

Spoiler for DRIVERLESS GOOGLE CAR:


KOMPAS.com - Selain Google, Uber rupanya juga getol menguji teknologi mobil tanpa sopir (driverless) yang bisa menyetir sendiri tanpa butuh bantuan manusia.

Penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi itu baru saja merilis foto resmi dari driverless car miliknya yang sedang diujicoba mondar-mandir di jalanan kota Pittsburgh, AS.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/5/2016), mobil tersebut adalah model Ford Fusion hybrid yang menurut Uber dilengkapi dengan radar, pemindai laser, dan kamera resolusi tinggi untuk memetakan lingkungan.

“Uber baru melakukan langkah awal dalam teknologi mobil tanpa sopir, tapi setiap hari kami melihat peningkatan,” tulis Uber dalam posting blog berisikan pengumuman.

“Untuk saat ini, kami fokus menciptakan teknologi yang benar dan menjamin keselamatan para pengguna jalan lain, baik pejalan kaki, pesepeda, maupun pengemudi lain,” tambah perusahaan yang berbasis di San Francisco itu.

Dalam uji cobanya, mobil driverless Uber selalu ditemani seorang pengemudi manusia yang siap mengambil alih kemudi, berjaga-jaga kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Uber sebenarnya sudah kepergok tengah menyiapkan uji coba mobil tanpa sopir sejak tahun lalu dengan mendirikan Advanced Technologies Center di Pittsburgh, AS.

Kota itu segaja dipilih karena memiliki kondisi lalu lintas menantang dengan jalan-jalan sempit, infrastruktur yang mulai menua, serta cuaca yang sering hujan dan bersalju.

Meskipun Google adalah perusahaan yang paling transparan soal teknologi driverless car, kebanyakan pakar lebih mencermati perkembangan Uber dalam sektor ini. Kedua perusahaan diketahui tengah mendesak legalisasi mobil tanpa sopir di AS dengan dukungan sejumlah vendor otomotif.

Google dan Uber Desak Legalisasi Mobil Tanpa Sopir

Seperti yang sudah-sudah, inovasi kerap bertentangan dengan aturan yang berlaku di tiap negara. Untuk itu, perlu ada payung hukum baru yang mengakomodir inovasi tersebut.

Atas dasar ini, lima perusahaan berkoalisi mendorong pemerintah Amerika Serikat agar segera mengeluarkan izin jalan bagi self-driving car, agar menjadi legal. Kelimanya adalah perusahaan induk Google, Alphabet, layanan ride-sharing Uber dan Lyft, serta vendor otomotif Ford dan Volvo.

"Kami akan bekerja dengan lembaga hukum, regulator, dan masyarakat, untuk mengaji keamanan dan manfaat sosial dari self-driving car," begitu pernyataan resmi koalisi, sebagaimana dilaporkan Reuters dan dihimpun KompasTekno, Kamis (28/4/2016).

Koalisi menunjuk mantan pejabat National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika Serikat, David Strickland, sebagai juru bicara. Menurut Strickland, koalisi hanya minta kejelasan pemerintah.

"Orang-orang ingin aturan yang jelas. Apa syarat yang dibutuhkan agar self-driving car bisa ada di jalanan," kata dia.

Koalisi pun membeberkan data 2014 yang menunjukkan ada lebih dari 32.000 kecelakaan fatal di jalanan AS selama setahun. Selain itu, ada 6,1 juta tabrakan mobil yang menyebabkan 2,3 juta korban luka-luka.

Menurut data, 94 persen dari total kecelakaan tersebut disebabkan kelalaian manusia. Dalam hal ini, self-driving car digadang-gadang sebagai solusi tepat mereduksi kelalaian tersebut.



KOMPAS.COMemoticon-Sorryemoticon-Mewek emoticon-Mewek

Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan



Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan




Diubah oleh jokolelono101 23-05-2016 01:32
0
28.7K
71
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan