- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Harga Aslinya Motor MOTOGP Serta komponennya Pecinta motor wajib masuk!!!


TS
tarezz
Harga Aslinya Motor MOTOGP Serta komponennya Pecinta motor wajib masuk!!!

Quote:

Agan pasti tau olah raga balap motor terbaik sejagat raya, tak lain yaitu MotoGP. Tentunya olah raga terbaik juga didukung oleh faktor pembalap dan juga komponen motor dengan harga yang tentunya selangit .
Beberapa rider yang turun di balapan MotoGP menggunakan motor yang dikembangkan secara eksklusif oleh timnya. Baik tim pabrikan maupun tim satelit pasti menggunakan motor yang tidak sedikit menelan biaya pengembangan Harganya bisa puluhan miliar rupiah.
Quote:
Maka tak heran motor yang digunakan di ajang MotoGP itu bisa menghabiskan dana hingga US$ 2 juta atau Rp 27,1 miliar. Angka itu di luar biaya yang dikeluarkan pabrikan untuk riset dan pengembangan. Jika proses R&D itu dihitung, nilainya bakal kian wah lagi.Waaaawww Gak kebayang kalo hancur berantakan !!!! 

Quote:
Tapi, dana sebesar Rp 27,1 miliar itu belum termasuk biaya penelitian dan pengembangan. Bisa dibayangkan seberapa mahal jika motor yang digunakan pebalap MotoGP dijual untuk umum.Lalu, mengapa motor di MotoGP bisa menghabiskan banyak biaya? Yuk kita bahas satu per satu

Spoiler for Cekidot:

Mesin RC213v
1. Mesin Dibuat Secara Individual
Tentunya mesin menjadi bagian penting, Oleh karena itu mesin menelan biaya yang sangat besar bagi pabrikan seperti Honda Yamaha , Suzuki dan Ducati.
Menurut Julian Thomas dari Ducati, motor yang digunakan di balap MotoGP adalah salah satu prototipe yang menggunakan teknologi terbaru.
Mesin adalah bagian paling mahal pada motor MotoGP. Mesin pada motor MotoGP milik Honda menelan biaya hingga US$ 220.000 (Rp 2,9 miliar).
Teknologi itu memang sudah tersedia di industri sepeda motor. Namun, Bob Starr dari Yamaha menyebut, setiap mesin dibuat secara individual. Selain itu, mesin selalu disegel dan dikunci selama seluruh musim balapan. Dengan begitu, tim tidak diizinkan untuk melakukan perubahan pada mesin.
"Di sinilah letak banyak biaya. Mesin harus dirancang untuk memberikan kinerja puncak dan dapat diandalkan," kata Starr.
Oh ya Mengapa biaaya riset mesin sangat mahal karena dalam satu musim setiap tim cuman bisa mengganti 6x untuk kelas Factory
Menurut Julian Thomas dari Ducati, motor yang digunakan di balap MotoGP adalah salah satu prototipe yang menggunakan teknologi terbaru.
Mesin adalah bagian paling mahal pada motor MotoGP. Mesin pada motor MotoGP milik Honda menelan biaya hingga US$ 220.000 (Rp 2,9 miliar).
Teknologi itu memang sudah tersedia di industri sepeda motor. Namun, Bob Starr dari Yamaha menyebut, setiap mesin dibuat secara individual. Selain itu, mesin selalu disegel dan dikunci selama seluruh musim balapan. Dengan begitu, tim tidak diizinkan untuk melakukan perubahan pada mesin.
"Di sinilah letak banyak biaya. Mesin harus dirancang untuk memberikan kinerja puncak dan dapat diandalkan," kata Starr.
Oh ya Mengapa biaaya riset mesin sangat mahal karena dalam satu musim setiap tim cuman bisa mengganti 6x untuk kelas Factory
Spoiler for Cekidot:

Suspensi Ohlins dan rem Brembo dipesan secara khusus
2. Pakai Komponen yang Langka
Komponen pada motor MotoGP dibuat dengan jumlah produksi yang sangat terbatas. Hal itu membuat biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Peredam kejut, rem dan beberapa komponen lainnya khusus motor MotoGP tidak diproduksi massal oleh industri sepeda motor.Meski biasanya pabrikan sepeda motor menggunakan komponen dari perusahaan pihak ketiga seperti Ohlins untuk suspensinya, motor MotoGP tetap membutuhkan komponen yang berbeda. Komponen yang digunakan biasanya dikembangkan khusus dan disetel sesuai keinginan pebalapnya.
Konsumen selain pebalap biasanya menghabiskan dana sekitar US$ 3.000 sampai US$ 5.000 (Rp 40 jutaan sampai Rp 60 jutaan) untuk meng-upgrade suspensi depan seperti Ohlins atau merek lainnya. Tapi, motor MotoGP Yamaha, misalnya, bakal menghabiskan dana hingga US$ 100.000 (Rp 1,3 miliar), menurut Starr.
Busyeed kagak sampe kepikiran untuk sebuah suspensi bisa sampai miliaran . itu aja udah seharga mobil sport Car Lambo dan ferarri
Konsumen selain pebalap biasanya menghabiskan dana sekitar US$ 3.000 sampai US$ 5.000 (Rp 40 jutaan sampai Rp 60 jutaan) untuk meng-upgrade suspensi depan seperti Ohlins atau merek lainnya. Tapi, motor MotoGP Yamaha, misalnya, bakal menghabiskan dana hingga US$ 100.000 (Rp 1,3 miliar), menurut Starr.
Busyeed kagak sampe kepikiran untuk sebuah suspensi bisa sampai miliaran . itu aja udah seharga mobil sport Car Lambo dan ferarri

Spoiler for Cekidot:

Sasis MotoGp yang terbuat dari Titanium yang sangat ringan
3. Menggunakan Material yang Mahal
Motor yang digunakan untuk balapan MotoGP harus memiliki bodi yang ringan, tapi kuat. Karenanya, motor tersebut pasti menggunakan material yang mahal seperti titanium, magnesium hingga serat karbon untuk mesin, sasis sampai fairingnya.
Di Amerika, serat karbon harus dibeli dengan harga US$ 10 (Rp 135 ribuan) per 0,54 kg. Sebagai perbandingan, bahan baja harganya kurang dari US$ 1 (Rp 13.500) per 0,54 kg dan bahan plastik tentu lebih murah.
"Motor fairing produksi massal menggunakan plastik," kata Livio. Sedangkan motor MotoGP menggunakan serat karbon.
Motor balap juga menggunakan fiber karbon komposit pada bagian rotor rem. Sementara motor versi jalanan umum menggunakan bahan cast iron yang lebih berat
Spoiler for Cekidot:

Punya RC213V Perpindahan Gear tanpa jeda kurang ngerti juga ane
4. Teknologi
Menurut Livio, mesin motor balap MotoGP menggunakan katup pneumatik sementara motor produksi massal hanya menggunakan katup spring. Selain itu, motor balap itu juga menggunakan transmisi mulus yang memungkinkan pergantian transmisi super mulus tanpa harus menarik tuas kopling.
Motor di MotoGP juga memiliki 30 sampai 40 sensor yang mengumpulkan data seperti kinerja suspensi, rem, suhu gas buang dan sudut kemudi. Saat motor masuk ke paddock setelah melakukan sesi latihan, informasi yang didapat sensor itu diunduh dan dianalisa oleh tim sehingga bisa lebih maksimal pada saat sesi balapan.
Ya menurut kababar teknologi seamless Gearbox Honda sendiri lebih mahal dari pada rumah Bos HRC Shuhei Nakamoto

Yah ini menang Para profesornya yang ngerti.

Spoiler for Cekidot:

Bridgestone motogp 2015 , Ban Yang super lengket
5. Penggunaan Komponen yang Tidak Tahan Lama
Motor MotoGP biasanya menggunakan komponen spesifik untuk balapan di kondisi ekstrem. Banyak dari komponen itu umurnya pendek dan hanya bisa digunakan dalam beberapa jam.
Misalnya, ban normal pada motor produksi massal menggunakan senyawa berbeda yang bisa bertahan hingga ribuan kilometer. Tapi, ban pada motor MotoGP dibuat lebih lengket dengan memanfaatkan senyawa lebih lembut untuk mendapatkan grip yang baik saat cornering.

Quote:
Terimakasih akah kunjungannya ke Threads Special dari ane semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Agan agan tentang Dunia MOTOGP
See You Next Time di trit ane selanjut nya

keep ngaskus gansis
See You Next Time di trit ane selanjut nya



keep ngaskus gansis
Quote:
Yang lempar cendol semoga rejeki nya di mudahkan

yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan segala urusannya
yang komen semoga ilmu nya bermanfaat

amin allahumma amin


yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan segala urusannya


yang komen semoga ilmu nya bermanfaat



amin allahumma amin
Sumber
Spoiler for Cekidot:
Detikoto.com
Wikipedia
Mbah google
Diubah oleh tarezz 19-08-2015 10:31




78Kg dan nona212 memberi reputasi
2
59.8K
Kutip
57
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan