zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!
Happy International Museum Day!

Real museums are places where time is transformed into space. ~ Orhan Pamuk

Museum biasanya dibangun dan didirikan demi melestarikan memori, objek, ataupun sebagai pengingat peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di berbagai belahan bumi. Bisa dibilang memang di setiap tempat di mana manusia tinggal, sejarah selalu saja menyertai. Dan semuanya memang butuh untuk selalu diingat.

Jika agan ada rezeki untuk berkeliling dunia *katakan 'Amin',!*, jangan lupa untuk selalu mengunjungi museum di setiap kota atau tempat yang Agan singgahi. Karena di sanalah, agan akan tahu lebih banyak dan memahami lebih jauh mengenai sejarah dan peradaban manusia. Meski museum yang agan kunjungi adalah sebuah museum seni kontemporer, tapi tetep ya, dia menyimpan sejarah tak terlupakan yang pernah dibuat oleh manusia.

Mau tahu museum mana saja yang termasuk museum wajib kunjung dan merupakan museum paling menakjubkan yang ada di dunia?

Ini dia 11 museum pilihan Rocking Mama!

1. Museum Louvre (Musee du Louvre) - Prancis


Image via Famous Wonders

Sudah membaca atau menonton film Da Vinci Code kan, Gan? Museum ini merupakan setting terpenting di mana Langdon memecahkan teka-teki terbesar abad 20. Tsah.

Berada di kota yang paling romantis di dunia, yaitu Paris, museum ini merupakan museum terbesar dan paling terkenal yang pernah ada di dunia. Setiap tahun ada 8 juta orang mengunjungi museum yang dibangun pada abad ke-12 di masa pemerintahan Raja Phillip ini. Bangunannya sendiri merupakan bangunan bekas tempat tinggal raja Prancis, Louis XIV.

Museum ini berlokasi di antara dua sungai besar, yaitu sungai Seine (di mana ada tembok cinta yang legendaris itu) dan sungai Rue de Rivoli. Trademark bangunan ini, tentunya Agan sudah hafal sekali ya, berbentuk piramida kaca yang ditambahkan pada tahun 1989 dan berfungsi sebagai pintu masuk utama menuju ke dalam museum yang sebenarnya yang diresmikan pada tahun 1793.

Koleksi paling legendaris yang disimpan di sini adalah lukisan Monalisa oleh Leonardo Da Vinci.


2. Museum Vatikan - Italia


Image via Three Millenia

Tak jauh dari Prancis *ealah, tak jauh katanya. Ya, maksudnya sama-sama di Eropa gitu, Gan. Hahaha.*, di Italia, ada Museum Vatikan yang didirkan oleh Paus Julius II pada abad ke-16.

Museum Vatikan ini adalah salah satu museum terbaik di dunia, Gan, dan sangat identik dengan anak tangganya yang berbentuk spiral. Keindahan lukisan-lukisan karya maestro-maestro seni ternama pada abad pertengahan semacam Michelangelo, Raphael, dan Fra Angelico bisa Gan nikmati secara lengkap di sini.

Michelangelo turut menghias bagian langit-langit museum dengan lukisannya yang luar biasa, gan. Selain itu juga ada galeri berkubah di mana terdapat beberapa patung, sarkofagus, dan frieze (ukiran atau lukisan di bagian dinding sebelah atas pintu atau jendela) yang luar biasa.

Museum ini setiap tahunnya dikunjungi tak kurang dari 4.6 juta wisatawan.


3. Rijkmuseum - Belanda


Image via damsterdamer

Belanda juga mempunyai salah satu museum paling menakjubkan, terbesar dan bergengsi, bernama Rijkmuseum, yang kalau dialihbahasakan dalam bahasa Indonesia berarti museum nasional.

Museum ini sudah berdiri selama lebih dari 200 tahun, gan. Koleksinya meliputi objek-objek paling bersejarah dari seluruh penjuru dunia. Masterworks milik Rembrandt, kemudian beberapa lukisan milik Van Dyck, Vermeer, dan Jan Steen juga menjadi salah satu koleksi hebat di sini.

Selain benda seni, museum ini kiha memiliki koleksi luar biasa, mulai dari benda-benda antik dari sejarah Belanda sendiri, koleksi gambar, fotografi klasik dan cetakan.


4. Galeri Nasional London - Inggris


Image via muinlondon

Masih di Eropa nih, gan. Galeri Nasional London merupakan museum seni yang terletak di Trafalgar Square, London, Inggris. Museum yang didirikan tahun 1824 ini menyimpan koleksi lebih dari 2.300 lukisan lho, gan! Hampir semua lukisan itu berasal dari pertengahan abad ke-13 hingga yang dibuat pada tahun 1.900-an.

Berbeda dari Museum Louvre, koleksi Galeri Nasional London tidak berasal dari koleksi milik kerajaan. Museum ini didirikan setelah pemerintah membeli tak kurang dari 36 lukisan dari bankir bernama John Julius Angerstein pada tahun 1824. Yep, sekitar dua pertiga koleksi di sini memang merupakan sumbangan pribadi. Meski tak sebesar dan tak selengkap Museum Louvre, namun museum ini tetap dapat menyedot kunjungan wisatawan hingga 4,9 juta per tahun!


5. Museum Hermitage - Rusia


Image via the Hermitage Hotel

Terletak di kota Saint Petersburgh, Rusia, Museum Hermitage merupakan museum seni dan budaya terbesar di Rusia. Koleksinya meliputi benda-benda sejarah dari seluruh dunia yang berjumlah lebih dari 3 juta koleksi!

Museum ini didirikan oleh Catharine Agung, dan merupakan tempat untuk menyimpan karya-karya luar biasa dari Rembrandt, Da Vinci, Michelangelo, Reubens, dan masih banyak lagi yang meliputi berbagai patug dan seni terapan dari abad ke-13 hingga abad ke-20.

Museum Hermitage ini sangatlah luas, merupakan kompleks yang terdiri atas enam bangunan bersejarah Rusia, termasuk di dalamnya adalah Istana Musim Dingin (Winter Palace), bekas kediaman kaisar Rusia.


6. New York Museum of Modern Art - USA


Image via Get Your Guide

Museum of Modern Art di New York ini merupakan museum seni, yang sering disebut-sebut sebagai salah satu museum paling modern dan berpengaruh di dunia.

Seluruh koleksi yang tersimpan dalam museum ini adalah barang-barang seni yang hebat dan tak ternilai. Ada sekitar 150.000 karya seni, 22.000 film, dan 4 juta film foto disimpan di museum yang berlokasi di Midtown Manhattan, New York City ini. Sebut saja masterpiece milik Van Gogh dan Picasso menjadi koleksi terbaik dalam museum ini. Belum lagi ditambah dengan perpustakaan yang mempunyai 300.000 buku dan majalah mengenai sejarah seni modern dan kontemporer.

Dengan koleksi yang sebegitu dahsyat, ya nggak heran ya, museum ini dikunjungi oleh tak kurang dari 3.1 juta orang setiap tahunnya.


7. The Museo Nacional de Antropologia (National Museum of Anthropology) - Meksiko



The Museo Nacional de Antroplogia ini terletak di Mexico City. Koleksinya terdiri atas benda-benda artefak warisan masa pra-Colombus Meksiko.

Museum ini sendiri dibuka pada tahun 1964, gan, dan menyimpan beberapa koleksi luar biasa. Di antaranya adlaah kepala batu raksasa peradaban Olmec, dan Sacred Cenote dari Chichen Itza. Artefaknya yang paling terkenal adalah Batu Matahari peninggalan suku Aztec, yang digunakan sebagai kalender.

Koleksi patung-patung dewa suku Aztec juga menjadi koleksi luar biasa museum ini. Selain itu, juga ada sejarah benua Amerika sebelum Christopher Colombus datang dan menemukannya, di mana kita bisa menelusuri kehidupan pertengahan di Meksiko Tengah pada sekitar tahun 650 - 1250 Masehi.


8. Royal Mummy Room - Mesir


Image via Winner Egypt

Seperti yang sudah Agan ketahui, sejarah Mesir merupakan salah satu sejarah tertua di dunia. Dengan segala piramid, sphinx, mumi dan semua mitos-mitosnya, Mesir memang merupakan negara dan bangsa yang luar biasa.

Jejak-jejak sejarah Mesir, salah satunya, bisa dinikmati di Royal Mummy Room ini yang berisi mumi dari 27 kerajaan Firaun. Museum ini sempat ditutup di tahun 1981, dan kemudian dibuka kembali tahun 1985 hingga kini.

Agan tentu tahu ya, cerita mengenai Nabi Musa? Di museum ini kita bisa menemukan salah satu mumi yang diduga merupakan mumi Firaun yang tenggelam di Laut Merah itu, gan. Wow!

Selain koleksi muminya, museum ini juga menyimpan berbagai artefak yang berasal dari periode tahun 1550 - 1069 SM, termasuk patung, meja, dan sarkofagus. Ada pula koleksi dari kuburan Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, Hatshepsut, dan masih banyak lagi.


9. Museum Nasional Korea - Korea Selatan


Image via Wikipedia

Nah, ini bukti bahwa Korea nggak cuma luar biasa dengan KPop-nya nih, gan, karena mereka juga punya museum yang menjadi salah satu museum terbesar di dunia lho.

Museum Nasional Korea ini terletak di Seoul, yang dibangun pada tahun 1945, dan termasuk dalam enam museum terbaik di dunia. Museum ini dikunjungi oleh 3 juta wisatawan lebih setiap tahunnya.

Museum Nasional Korea menyimpan koleksi benda-benda bersejarah menakjubkan, seperti benda-benda prasejarah dari zaman Paleolithikum, tiga kerajaan di Korea (Silla, Goguryeo, dan Baekje) dan Balhae.

Di bagian luar museum terdapat dua buah pagoda, yaitu pagoda Yeomgeo hwasang dan Pagoda Jingnyeongdaesa Bowol Neunggong dari Kuil Bongni.


10. Tokyo National Museum - Jepang


Image via boomsbeat

Didirikan pada tahun 1872, museum ini merupakan museum tertua dan terbesar di Jepang, gan. Letaknya ada di seberang Taman Ueno. Saking luasnya, kalau Agan pengin menjelajahi, Agan harus meluangkan waktu satu hari penuh!

Koleksi museum ini hampir semuanya merupakan hasil karya seni Jepang kuno, juga karya seni Asia pada umumnya yang ada sepanjang masa perdagangan melalui jalur Sutra, atau Silk Road.

Ada juga koleksi besar seni Buddha - Yunani, dan berbagai peninggalan artefak dan kesenian khas Jepang di sini, gan.


11. Museum Fatahillah Jakarta - Indonesia


Image via destindonesia

Nah, jangan lupakan negeri sendiri ya, gan. Kita juga punya lho, museum yang punya koleksi luar biasa. Yaitu Museum Fatahillah, yang juga disebut sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia.

Museum ini terletak di Jalan Fatahillah no. 2 Jakarta Barat, berlokasi di atas area seluas 1.300 meter persegi. Bangunan museum ini merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda, yang saat itu dipergunakan sebagai gedung balai kota Batavia.

Museum ini menyimpan berbagai jejak sejarah bangsa Indonesia, mulai dari perjalanan sejarah Jakarta, hasil penggalian arkeologi, mebel antik, keramik, gerabah hingga prasasti.


Nah, gimana, gan? Pastinya Agan nggak akan melewatkan mengunjungi museum-museum yang sangat menakjubkan di atas bilamana Agan sedang berkunjung ke negara-negara tersebut kan? Yah, paling nggak, seharusnya Agan sudah pernah mengunjungi Museum Fatahillah dulu deh ya. Kalau belum, ayo, segera jadwalkan, Agan sekeluarga dan ajak anak-anak juga ya!

Sekali lagi, happy international museum day ya!

Sumber Thread :
Rockingmama.id

Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya


Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi
Diubah oleh zidniii 18-05-2016 10:09
0
46.4K
227
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan