Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n4z1Avatar border
TS
n4z1
Obor Rakyat Menyasar Pondok Pesantren, Ini Alasannya
Episode 2 Trit P21 emoticon-Big Grin

Obor Rakyat Menyasar Pondok Pesantren, Ini Alasannya

TEMPO.CO, Jakarta - Pemimpin Redaksi Obor Rakyat Setyardi Budiono mengatakan, dalam pendistribusian surat kabarnya, ia sengaja menyasar pesantren. "Target pasar kami memang pesantren. Setiap media pasti punya target pasar. Saya menganggap, pesantren itu yang kurang atau perlu diberikan informasi," ucap Setyardi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, 17 Mei 2016.

Dalam dakwaannya, jaksa penuntut umum Zulkifli mengatakan, untuk edisi pertama, Obor Rakyat mencetak 281.250 eksemplar. Tabloid tersebut kemudian dikirim melalui kantor pos ke beberapa pondok pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura. Untuk biaya cetak dan pengemasan, Obor Rakyat mengeluarkan biaya Rp 253.125.000.

Obor Rakyat edisi pertama yang diterbitkan pada 5-11 Mei 2014 telah diterima beberapa pesantren, di antaranya Pondok Pesantren Al Mizan Majalengka, Jawa Barat; Pondok Pesantren Al Amien, Banyumas, Jawa Tengah; Pondok Pesantren Yayasan Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum (Yatabu), Surabaya, Jawa Timur; dan Pondok Pesantren Darul Rahman, Bangkalan, Madura.

Sasaran pesantren tersebut diakui Setyardi dipilih secara acak melalui penelusuran mesin pencari atau search engine Google.com. "Di Kementerian Agama, data semua pesantren di seluruh Indonesia itu ada. Anda Google-ing saja daftar pesantren. Sekarang ini, apa sih yang enggak ada di 'Mbah Google'?" ujar Setyardi.

Setelah surat kabar dikirim, saksi, K.H. Maman Imanul Haq dari Pondok Pesantren Al Mizan Majalengka, Jawa Barat, menerima dan membaca Obor Rakyat.

Pada 4 Juni 2014 sekitar pukul 11.00 WIB, Maman Imanul Haq menyerahkan Obor Rakyat kepada Tim Hukum Joko Widodo-Jusuf Kalla di kantor Media Center Jokowi-JK di Jalan Cemara Nomor 19 Menteng, Jakarta Pusat.

Ketika membaca pemberitaan tersebut, Jokowi terusik karena sebagian besar isi tulisan itu tidak benar serta tanpa didukung dengan data yang akurat secara hukum. Selain itu, Obor Rakyat edisi 01, 5-11 Mei 2014, yang didirikan terdakwa, tidak terdaftar dan tidak memiliki badan hukum serta susunan redaksi, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Joko Widodo mengadukan perbuatan terdakwa secara tertulis ke Penyidik Bareskrim Polri,15 Juni 2014. Atas perbuatannya, mereka, sebagaimana diatur, diancam dikenakan Pasal 310 ayat (2) KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 311 ayat (1) KUHP juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
LARISSA HUDA

https://nasional.tempo.co/read/news/...-ini-alasannya

Berita terkait :
Biaya Penerbitan Tabloid Obor Rakyat Rp 250 Juta

TEMPO.CO, Jakarta - Pemimpin Redaksi Obor Rakyat mengatakan seluruh pembiayaan percetakan, pengemasan, hingga pengiriman menggunakan uang dari kantong pribadinya. Seluruh pembiayaan jika ditotal jumlahnya lebih dari Rp250 juta.

"Semua pakai uang saya pribadi, ditambah dari beberapa pihak. Memangnya saya tidak punya uang segitu (sejumlah tersebut)," kata Setyardi dalam sidang kasus pencemaran nama baik terhadap Jokowi di Pengadilan Jakarta Pusat, Selasa, 17 Mei 2016.

Pembiayaan dalam penerbitan surat kabar Obor Rakyat diungkapkan oleh jaksa penuntut umum yang dipimpim oleh Zulkifli dalam sidang pembacaan dakwaan yang digelar sore tadi. Pada edisi pertama, Obor Rakyat mengeluarkan biaya setidaknya sebesar Rp253.125.000.

Dari uang tersebut, Obor Rakyat mencetak sebanyak 281.250 eksemplar. Tabloid tersebut kemudian dikirim melalui kantor pos ke beberapa Pondok Pesantren antara lain, Pondok Pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura.

Kemudian, kata jaksa, Tabloid Obor Rakyat menggunakan jasa percetakan PT. Mulia Kencana Semesta lewat Manager Factory Kurniaditomo. Perjanjian percetakan pertama kali dilakukan di Hotel Century Jakarta Pusat pada 2014 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, diduga kedua terdakwa berencana akan menerbitakan beberapa tulisan di antaranya Capres Boneka, Jokowi Anak Tionghoa, Putra Cina Asal Solo, Ayah Jokowi adalah Oey Hong Liong, dan sebagainya.

Isi tulisan diserahkan Setyardi kepada Kurniaditomo untuk edisi pada 5-11 Mei 2014 dalam bentuk format PDF di keping CD untuk dicetak atau diperbanyak dengan tujuan untuk diedarkan kepada khalayak ramai. "Adapun sarsarannya adalah beberapa Pondok Pesantren," kata Zulkifli.

Ketika membaca tabloid tersebut, Joko Widodo terusik karena sebagian besar isi tulisan tersebut tidak benar serta tanpa didukung dengan data-data yang akurat secara hukum. Selain itu, Obor Rakyat Edisi 01 tanggal 5-11 Mei 2014 yang didirikan Setyardi diduga tidak terdaftar dan tidak memiliki badan hukum serta susunan redaksi sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Joko Widodo mengadukan perbuatan terdakwa secara tertulis ke Penyidik Bareskrim Polri 15 Juni 2014 lalu. Atas perbuatannya, mereka sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 310 ayat (2) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 311 ayat (1) KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
LARISSA HUDA

https://nasional.tempo.co/read/news/...at-rp-250-juta
Jokowi Tak Akan Cabut Laporan Soal Obor Rakyat

Minggu, 12 Oktober 2014 | 13:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan presiden terpilih Joko Widodo tak berniat mencabut laporan tentang dugaan fitnah dan pencemaran nama baik yang dilakukan Obor Rakyat. "Saya pikir Jokowi tak akan mencabutnya," ujar Hasto saat dihubungi, Ahad, 12 Oktober 2014. (Baca: Kasus Obor Rakyat, Jokowi Belum Terima Panggilan)

Laporan mengenai dugaan fitnah dan pencemaran nama baik itu sudah disampaikan Jokowi kepada Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri pertengahan Juni lalu. Namun hingga kini belum ada kejelasan status penyelidikan atas laporan tersebut. Bahkan tersiar kabar bahwa penyelidikan kasus ini akan dihentikan. (Baca: Jabatan Setiyardi Tak Pengaruhi Pemeriksaan Polisi)

Hasto meminta Mabes Polri segera menindaklanjuti kasus ini dan melimpahkan berkas dua tersangka yang sudah ditetapkan ke kejaksaan. Penuntasan kasus, kata Hasto, sangat diperlukan untuk pembelajaran demokrasi. "Jangan sampai kasus sama terjadi di kemudian hari karena tak ada proses hukum terhadap pelakunya."

Jokowi melaporkan selebaran Obor Rakyat atas tulisan pada salah satu edisinya yang menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta ini sebagai nonmuslim. Jokowi juga disebut sebagai antek Zionis. (Baca juga: Kasus Obor Rakyat Tinggal Tunggu Keterangan Jokowi)

Dalam kasus ini, kepolisian menjerat Setiyardi Budiono dan Darmawan Sepriyossa dengan Pasal 18 ayat 1 juncto Pasal 9 ayat 2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Setiyardi dan Darmawan dianggap menyalahi undang-undang tersebut karena Obor Rakyat tidak memiliki badan hukum. Namun hingga kini berkas penyelidikan terhadap keduanya belum juga diserahkan kepada kejaksaan.
IRA GUSLINA SUFA | KHAIRUL ANAM

https://nasional.tempo.co/read/news/...al-obor-rakyat

=================================

Ini trit gw yang jadi bahan coli panasbung :

http://www.kaskus.co.id/thread/5453b...akan-terseret/

Berikut ini daftar panasbung dongo yang udah dibanned yang idnya ada di trit itu :

victimofgip21
victimofgip22
panastak.tobat
silitneonhuek
mol.
cabutsekolah...
redrip
macfac
krunixx
fenz2
lrfd
novi77
sichilhomok
dbrur2506
PernahWaras
kulasravine
kalang.kang
gembalakodoc13
komodo.m4ho
munenori
kolonel.ojan
lieutenanlutrel
deckersteamer
hera.
caprux
bhendjol
christiko
ratwija
houndkitty
bangke.lo
babijogging
saepetro
koptu.joko
mbah.rewel
cokcakcuk
ching.chong
cora77
elu..thingol
n4z15


Dan ini daftar panasbung dari yang dongo sampai yang terdongo (daftar paling bawah) yang ikutan hore-hore di trit ane itu (edit kedua, perbaikan peringkat, belum semua, terlalu banyak dan akan dirilis) :

Bukan_Rongsokan
hantupuskom
reyvan3
TheKamseupay
kartu.kodok
damarhurip3
bang.oma
vmoon
wassath
teboeidjo
Im0nk
ojo.kuwi
momonto
ahroz
coblosanmaut
lontongpecell
anwar.congo01
janemooncake
sonic150
widodog
meteoridzharul
nastak.gendheng
xencot
profile picture
modol.lu
payungman
centaur87
cacados.latos
ba4425vt
cacados.latos
kodokistana1
intel.kaskusan
sevensixkiller
koko.wi
gedhi80
jemesbono
Ikyu San
presiden.rhoma
def0ret
Terazana
m.ramdhani1981
kaskus.hunter
mordecai.hunter
kalimaya.susu
lieutenanlutrel
BokerBerdiri
zenree
ronz80s
netloader
ba4425vt
bocahpemarah
kijor
deempege
mariaomaria
opick_bukan
promega1998
prada.solikin
redgarong
xencot
ZoldiG
ata2aja
drainthea
kucing.keriting
takurji
joelpanjoel
sammick
Razex
bau.selokan
lieutenanlutrel
guitarista
awas kloningan
talasetha
jiwamysoul
pioneerz
O.J.
baik.negro
jakatawang
032700
cimaul
shitrahell
ChaosBringer
Bumaye
paittt
gege2008
kreator.
danubi
evelynnesbit
om.bloh
kenjtos
pioneerz
takurji
junsykes5
FriendlyFires
ismaku
aruloki
jokokembar
Crics
smokepole
0k3
Terazana
paittt
bluey
loyeloyee
eyang.tokomadju
abu.najwa
sniper.wolf
junsykes5
cividale
simatua
homo.buster
kijor
cash.path
vision.gadget
kaskus.corner
orang.ndeso
rumahkanaka3
stenis
mantanjablay
o_dhee
Ngascus
titisan.sukarno
polyurethanepol
z.a.f.t
alhambra.books
gundulman
sersan.jonet
wiseman14
drainthea
R4itouYagami
kabei
mylann
ninloro
inside_uus
sintenremen
Newbie2010
logan.lerman
mylann
fauzans89
opposition
reinaldirei
pop.pop.duar
callme.rei
accretia7
jokoplo378
aliev.reborn


Tolong masuk lagi dan liat-liat komen-komen ente disana.
Yang maki-maki gw, nyatanya itu lebih tepat buat lu kan? emoticon-Big Grin
Sadar diri aja, hukum kadang butuh waktu. Yang duluan ketawa ngakak biasanya bakalan nangis duluan. Yang ngebusungin dada biasanya bakalan malu menciut.

Ayo-ayo, ramein lagi trit gw ini (kalau masih gak punya malu), soalnya gak ada panasbung yang gak bodoh.
Gw mau tau, gimana sih komen2 ente setelah kasus ini beneran disidang setelah sekian lama terkesan dibiarkan.

Silakan.....


emoticon-Cool

Ane kasih tempat kehormatan di trit ini buat jokerboy3 :


Quote:


Diubah oleh n4z1 21-05-2016 19:24
0
6.9K
87
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan