Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chua84Avatar border
TS
chua84
Inilah 7 Kode Plastik Yang Harus Diketahui Agar Terhindar Bahaya


SELAMAT SIANG/MALAM GAN SIST
SEMOGA SEMUANYA DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT DAN SELALU DILIPUTI KEBAHAGIAAN




Inilah 7 Kode Plastik Yang Harus Diketahui Agar Terhindar Bahaya

Spoiler for Cek Repost:





Plastik sangat mudah ditemui saat ini, ada yang memiliki kode plastik dan ada yang tidak. Mulai dari keresek yang berfungsi untuk membawa barang, hingga sendok garpu yang dijadikan alternatif alat makan karena harganya yang murah dan bobotnya yang ringan. Meskipun resikonya rendah dan mencapai bahaya hanya ketika sudah terlalu banyak menumpuk di tubuh, tidak dapat dipungkiri bahwa makanan dapat terkontaminasi bahan kimia berbahaya dari beberapa tipe plastik. Inilah mengapa kita harus jeli dalam memperhatikan kode plastik yang tertera.

Quote:


Bahan-bahan kimia tersebut dikenal sebagai “endocrine-disrupting compounds” (EDCs) atau senyawa pengganggu endokrin yang dapat mengakibatkan gangguan hormon seperti aktifitas merangsang serupa estrogen, gangguan hormon tiroid homeostasis, anti androgen, dan sebagainya. Dan juga, beberapa bahan kimia dibuat dari monomer yang seperti telah diketahui dapat merangsang mutasi sel dan dapat menyebabkan kanker, serta beberapa bahan yang mengandung racun metal.

Bahan-bahan kimia tersebut dapat memasuki tubuh manusia lewat berbagai cara dengan jumlah yang berbeda-beda. Yang membuat frustasi adalah kebanyakan dari interaksi antara tubuh dan bahan kimia tersebut berada di luar kendali kita. Untunglah, sejak beberapa tahun yang lalu, ada sistem klasifikasi yang disebut Resin Identification Code (RIC) atau kode identifikasi resin yang mendeskripsikan jenis-jenis plastik resin yang dipakai untuk membuat sebuah wadah atau botol. Kini, wadah dan botol yang terbuat dari plastik resin wajib mencantumkan nomor-nomor yang terdiri dari nomor 1 hingga 7.

Berikut adalah 7 kode plastik beserta bentuk penggunaannya dan isu kesehatan yang menyertainya...Yuk kita simak Gansis


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Sebenarnya, agak sulit untuk menentukan resiko penyakit dari kategori yang tidak spesifik. Namun, plastik pada tipe ini dapat termasuk polycarbonate yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA). BPA dapat mengkontaminasi makanan ketika dicuci untuk digunakan kembali. BPA dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti jumlah sperma yang rendah, perubahan hormonal, memperbesar kelanjar prostat, asma, jumlah kromosom dalam telur yang tidak normal, dan perubahan pra-kanker di dalam buah dada dan prostat (pada tikus). BPA juga terkait dengan obesitas dan resistansi insulin. Dan, BPA ternyata terkait dengan kerusakan system saraf yang dapat menyebabkan autisme.

Berdasarkan pemaparan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa plastik nomor 7, 3, dan 6 sebaiknya dihindari. Adapun nomor 1, 2, 4, dan 5 merupakan plastik yang relatif aman, tentunya dengan perlakuan yang tepat. Meskipun begitu, plastik tetaplah plastik, bahan yang relatif lama dan susah untuk diuraikan secara alami dan tetap meninggalkan racun pada tanah. Untuk itu, kita sebaiknya menghindari penggunaan plastik berlebihan demi kelangsungan kesehatan diri dan bumi.


Kalo Trit Ini Menarik, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT




emoticon-flowerMOGA BERMANFAAT emoticon-flower

Quote:


Quote:

0
5.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan