Icchi.Avatar border
TS
Icchi.
Berita Kriminal Ternyata Berperan Sebagai Pemicu Maraknya Kejahatan
HASIL RISET AKADEMIK:
PENGARUH BERITA KRIMINAL DI MEDIA DENGAN TIMBULNYA MODUS KEJAHATAN BARU ATAU SAMA (COPYCAT)




Wilkommen, Welcome, Selamat Datang, Irrashaimase!


Spoiler for HT NIH ^^:


Quote:


Dalam pencarian ane, ane menemukan sebuah penelitian yang menyebutkan kalau ternyata: Program Siaran Berita Kriminal, baik di media televisi, radio, cetak maupun maya justru malah berperan sebagai pemicu maraknya tindak kejahatan sama (meniru) atau malah bahkan modus baru.

Bahayanya, justru sekarang informasi itu sangat mudah didapat, siapa diantara kita yang tidak punya smartphone sekarang? Akses internet segampang membalik tangan sendiri (bukan tangan orang).

Lihat acara kriminal di televisi dikemas sedemikian apik dan menarik, antara lain : “Fakta” di ANTV, “Sidik Kasus” di TPI, “Di Balik Tragedi” di TV One, dan “Metro Realitas” di Metro TV. Ada pula yang disajikan dalam bentuk berita langsung atau harian (daily news). Tayangan tersebut diantaranya adalah “Buser” di SCTV, “Sidik” di TPI, “TKP” di Trans7, “Sergap” di RCTI, “Patroli” di Indosiar, dan “Reportase Investigasi” di Trans TV.

Ini jadi seperti siklus lingkaran setan tanpa ujung, kejahatan baru merupakan sasaran empuk media, masyarakat melihat media, sebagian kecil terinspirasi lalu melakukan tindak kriminal baru yang lebih advance dan begitu seterusnya.



I. Penelitian


Menurut Psikolog ternama, Elizabeth Hurlock, pada fase anak-anak hingga remaja memiliki pola perilaku akan hasrat penerimaan sosial yang tinggi. Masa-masa labil kalau kata banyak orang, Alay kalau kata ane. Disini adalah fase pencarian identitas diri, yang dibentuk oleh lingkungan sekitar: Orang tua, teman, sekolah, tontonan dan lain sebagainya.

Contoh nyatanya: seseorang di fase ini jika berasal dari keluarga broken home, maka kondisi psikologinya cenderung pemberontak (rebellious ), labil (unstable) bahkan memiliki keinginan bunuh diri (suicidal). Dia akan mencari kondisi lain yang membuatnya merasa diterima, jika dia jatuh pada kondisi pertemanan yang tidak sehat, akan sangat mungkin dia akan meniru dan juga terjerumus.

Fase inilah yang sangat rentan menerima informasi di media massa pada aspek kognitif, yang meliputi pengetahuan akan kejahatan, dan aspek behavioral meliputi tindakan untuk meniru adegan kejahatan tersebut.

Joseph Klapper, seorang peneliti dari Columbia University menelaah Efek dari Komunikasi Massa, dia mengemukakan lima prinsip:
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi Komunikasi Massa adalah : predisposisi personal, proses selektif dan keanggotaan kelompok.

Komunikasi akan sangat efektif jika itu terjadi dalam lingkup 'familiar', contoh dekatnya media sosial. sebut saja kaskus emoticon-Wink
semua kaskuser pasti akan merasakan hubungan spesial dengan trit-trit yang ada di kaskus, karena merasa sesama member. (agan merasa spesial gak dengan trit ane ini?). Ada juga agan-agan yang getol share artikel di facebook, asal like dan komen beres dah, apalagi kalo ada foto anak-anak korban perang.

2. komunikasi massa biasanya berfungsi untuk memperkokoh sikap dan pendapat yang ada, walaupun kadang-kadang media massa juga berfungsi sebagai media pengubah (agent of change)

Ga usah jauh-jauh, coba agan tengok ke Forum BP, tuh disana ada dua kubu "Tak" vs "Bung", baca aja komen-komennya kayak apa.

3. Perubahan kecil pada intensitas sikap lebih umum terjadi daripada “konversi” (perubahan seluruh sikap) dari satu sisi masalah ke sisi yang lain.

Dalam pengertian ane, ane merujuk ke MEME/TREND. lihat dimana sebuah MEME/TREND berevolusi perlahan-lahan hingga menjadi MEME/TREND baru. contohnya berita teroris sudriman, dimana tadinya menyorot ke berita teroris, lama-lama berevolusi jadi ngomongin polisi ganteng. emoticon-Najis (S)

4. Komunikasi massa cukup efektif dalam mengubah sikap pada bidang-bidang di mana pendapat orang lemah, misalnya pada berita kriminal.
5. Komunikasi massa cukup afektif dalam menciptakan pendapat tentang masalah-masalah baru bila tidak ada predisposisi yang harus diperteguh.


No. 4 dan 5 yang harus diperhatikan. Berita Kriminal adalah bentuk Komunikasi Massa juga, dan ini sangat efektif/afektif dalam membentuk opini. Lihat si A yang jadi Korban, Lihat si B yang jadi pelaku. A patut dikasihani, B patut dibenci dan dihukum. Semua dikemas dalan kajian hitam dan putih, tidak ada abu-abu.

Kaitannya dengan topik ini adalah :

Quote:


sebenarnya agan dengan baca quote diatas aja udah mewakili seisi thread ane, ga usah baca panjang-panjang huehuehuhe emoticon-Ngakak

II. Kesimpulan

1. Tayangan kejahatan di televisi berpotensi memunculkan efek terhadap perilaku khalayak remaja, khususnya siaran berita kriminal.
2. Siaran berita kriminal menjadi tak ubahnya pedang dua sisi, di satu sisi pemberitaan perlu dalam memberikan rasa cemas sehingga kewaspadaan masyarakat meningkat, di sisi lain ada sebagian kecil pihak yang terpengaruh oleh isi pemberitaan sehingga memungkinan yang bersangkutan untuk meniru atau membuat modus baru.

Q: Apakah kasus Kopi sianida Jessica, terpengaruh siaran berita kriminal?
Q: Apakah kasus pemerkosaan dan pembunuhan Yuyun/Eno terpengaruh siaran berita kriminal?
Q: Apakah kasus-kasus kriminal lainnya terpengaruh siaran berita kriminal?

Menurut ane sedikit banyak iya, menurut agan gimana?

Referensi:
1. Habin et al. 2010. Program Siaran Berita Kriminal Televisi Sebagai pemicu Timbulnya Modus Kejahatan Baru. FISIP Unswagati. Cirebon.
2. Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta : Erlangga
3. Klapper, Joseph. 1960. The effects of mass communication. Glencoe III.

*Update:
Quote:


Akhirul Kalam:
Maaf kalo trit ini kurang seru dan kebanyakan tulisan, jadi agan males baca. ane coba edit-edit dikit deh biar lebih menarik. tuh dah ane kasih bonus:
Spoiler for bonus:


UPDATE !!!



Sumur


Kasus CopyCat diatas semakin mengukuhkan hipotesis ane dunk emoticon-Cool
Diubah oleh Icchi. 07-10-2016 08:12
0
28.8K
271
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan