lampoeTemplokAvatar border
TS
lampoeTemplok
SURAT TERBUKA untuk RSAU dr ESNAWAN ANTARIKSA Halim Jakarta
Assalamualaikum...
Semoga pihak yang terkait bisa membaca atau paling tidak ada "pesan" yg terdapat pd cerita sy ini.
Ini baru saja terjadi, Jakarta, senin 09 November 2015.
Jam 02:12 dini hari, pacar saya menelpon saya memberikan kabar kondisinya yg sedang mengalami gatal - gatal disekujur tubuhnya.. awalnya respon saya hanya tidak terlalu khawatir, menganggap itu cm masalah alergi biasa (salah makan / bakteri / yg ringan2), saya pun menyarankan untuk pakai salep gatal - gatal yg pernah kami beli dlu. Beberapa menit kemudian pacar sy menelpon kembali mengabarkan gatal - gatalnya sdh menampakan bentol2 merah dibeberapa bagian tubuhnya, dy juga bilang rasanya panas seperti terbakar, Panik! Ya.. saya Panik khawatir kondisinya Semakin memburuk, dy putuskan untuk pergi ke rmh sakit, tp dengan alasan keamanan sy antar dy ke RS terdekat,
(FYI : pacar saya Kos di daerah Halim sy tinggal di bekasi).
Jam 03:18 dini hari sy pacu motor saya menuju halim, singkat cerita +/- jam 04:15 sy tiba di RS terdekat daerah Halim. RSAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA.
Tiba disana ada 2org penjaga pria di pos satpam, sy cb masuk ruang UGD dan melihat kondisinya Saat itu kosong tidak ada Orang, lalu sy menanyakan kepada 2 org tsb dmn petugas/dokter berada, disinilah mulai kejadian yg membuat sy Kecewa dan Marah.
Pertanyaan pertama yg sy ajukan ke mereka,

A : saya
P1 : petugas 1
P2 : petugas 2

A : "Pak, dokternya dmna ya?"
P2 : "Ada didalam, cb aja ketok2"
Kembali sy menuju UGD utk memastikan keberadaan org didalam, Nihil! Sy kembali menuju 2org tsb,
A : "Pak, ga ada org didalam"
P1 : "ada kok didalam, Emang knp ya?"
Disini sy masih santai
A : "mau periksa, mau check up"
P1 : "check up? Check up ko mlm2"
Sambil ngerokok dan dengan muka yg tidak Ramah sama sekali!
Whatever, apa namanya itu, sy cm pengen pacar sy segera ditangani, saat itu pacar sy sdh sangat pucat n lemas sekali
A : "iya pak, pacar sy gatal2 trus pusing, mungkin alergi jd mau di cek"
P1 : "tunggu aja"
Damn! Dengan santainya dy blg gtu.
Sy kembali ke tempat pacar sy menunggu di bangku ruang tunggu dpn UGD, Sambil melontarkan ocehan emosi sy dan memberitahukan pacar sy utk pindah RS lain yg lebih tau caranya BERKOMUNIKASI! Dan ternyata.. pacar sy PINGSAN! Sy panik lagi kemudian jelas emosi sy makin meluap dan bicara sedikit emosi kepada Petugas yg didpn td,
A : "Pak, ini pacar sy PINGSAN, gmn sih, kemana dokternya?"
P1 :"entah alasan apa petugas tsb langsng melakukan tindakan yg SEHARUSNYA!"
A : dengan emosi "gimana sih, Udah PINGSAN aja baru di urusin! Sy masukin Media nanti! Nama Bapak siapa!?"
P1 : "iya Udah mas ini lg di cek. Bla Bla bla"
A : "msh mengulang kata2 yg sama, (gmn sih bla bla) apapun kondisinya, mau gatal2 kek, pusing kek, harusnya dilayani, sy bayar kok ga minta gratis!"
Seketika itu baru muncul 3-4 org petugas lainnya (perempuan smua)

Ternyata Petugas (P1) adalah petugas UGD! Fuck!
Setelah ditangani sy diarahkan menuju ruang pendaftaran, disana dilayani oleh petugas yg sepertinya petugas keamanan (baju PDH putih, Celana hitam/seperti pakaian dinas sekuriti pd umumnya), terlihat dy bukan petugas yg seharusnya berada disana, krn jelas penanganan utk pendaftarannya pun jg terlihat blm lancar, selesai proses pendaftaran yg kebetulan sy menggunakan kartu BPJS (catat, BPJS bukan gratis, tp bayar per Bulan ya! dan ane menggunakan kartu BPJS krn ditanyain "ada kartu BPJS atau gak?" penting dibaca : pacar ane disini sebagai pasien yang datang utk berobat, bukan sebagai pasien BPJS jadi ane intinya ane baru tau klo di RS itu bs pake BPJS! disini reader byk yg salah tangkep ane minta perhatian sbg pasien BPJS tp mau dilayanin RS sekelas luar negeri!!). Sy kembali menuju ruang UGD, alhamdulillah pacar sy sdh sadar dr pingsannya, kaget tnyata dy malah lgsng minta pulang dengan alasan petugasnya ga Ramah dn memberikan penjelasan seperlunya aja,
P1 :"alergi pana*ol doang ini"
Shit!

Memang sebelum gatal2/alergi, pacar sy mengkonsumsi obat sakit kepala pana*ol, selang beberapa saat kemudian dokter akhirnya tiba, dan lngnsg melakukan pemeriksaan dgn attitude yg lbh baik dr petugas yg td, beliau merekomendasikan untuk dilakukan injeksi, setelah itu petugas menyiapkan resep obat yg direkomendasikan oleh dokter, dan surat ijin sakit yg sy minta kpd petugas tsb. Resep obat sdh sy pegang dan sy diarahkan menuju apotek. Yap "APOTEK"
A : "dmna mba apoteknya?"
P3 : "dr sini lurus aja mas"
A : "ok"

Logika sy mengarahkan sy utk mencari tempat yg bertuliskan "Apotek" yap sekali lg sy tulis "Apotek" atau paling gak sy cari tempat yg terdapat obat2 an di etalase/lemari. Sm seperti sebelumnya Apotek yg sy datangi dlm keadaan sepi hanya ada 2org yg sdg tidur dibangku tunggu didpn Apotek tsb, sy cb panggil, ketuk2 jg ga ada jawaban, shit! "Kemana sih Ni org!". Sy memutuskan kembali ke ruang UGD menanyakan kepada Petugas dmn apotekernya berada
A : "dmna ya mba apotekernya, ga ada orgnya"
P3 : "ada kok mas cb aja panggil2"
Makin kusut, kacau! Sy mengoceh kecewa menuju tmpt Apotek kembali, sy cb lbh kencang manggil2 apoteker tsb, akhirnya ada jg apoteker yg keluar dr dlm dengan kondisi yg sangat jelas baru bangun tidur (jam 04:47 pagi).
A : "mas mau Ambil obat, nih resepnya"
AP (apoteker) : "oh klo dr UGD ambil obatnya di DEPO FARMASI IGD"

Apa tertulis "Apotek" dlm tulisan "DEPO FARMASI IGD"? Azzzzzzzz!!!
Dijalan menuju depo sy ketemu dgn petugas1, dy menunjukkan lokasi depo tsb, "ambilnya di depo mas, sebelah sana".. dengan tanpa melihat muka petugas1 sy menggerutu "ga ada omongan!". Akhirnya proses selesai, obat sudah sy dpt dan sy bisa segera membawa pulang pacar sy kembali kekosannya.

Pointnya :
1. Apa salah dtg ke rmh sakit yg bertuliskan 24 jam? Dan dtg pada pukul 04 pagi yg jelas merupakan bagian dr putaran Waktu 24jam!?
2. Apa 2 org pemuda/i dtg ke UGD hal yg ga penting?
3. Apa harus berlumuran darah/pingsan/sekarat baru dpt pelayanan segera?
4. Kalau Kalian pekerja/petugas Lelah bekerja shift mlm. Carilah pekerjaan yg tdk menuntut Anda utk kerja smpai pagi hari!
5. Kalau diantara kami blm memahami alur/nama/lokasi, beritahu kami, krn disitulah peranan Anda "kerja"!

Disini sy bercerita bukan utk menjatuhkan karakter/nama baik perorangan/instansi, disini sy mengharapkan ada EVALUASI ttg SOP (standard operational procedure) yg mestinya dijalankan dengan baik dan tepat.. bagaimanapun kondisi pasien, tidak hanya dokter, tp tim yang ada paling tidak memiliki edukasi yg cukup tentang PELAYANAN.

Semoga RS yg sebutkan bs lebih baik.

Terima kasih

Aditya

Bukti ane no hoax,






Penampakan kondisi pacar ane
Diubah oleh lampoeTemplok 05-12-2015 10:00
0
54.6K
109
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan